DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 7 Menit : 29 Detik

Belajar Big Data : Yuk, Simak Pengertian dan Peranan dari Big Data Analytic!

Belajar Data Science di Rumah 15-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fa5bdba8e978a07cca877bfd62d7d7e5_x_Thumbnail800.jpg

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana caranya kamu mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dari media sosial? Dan apa yang terjadi dengan data yang kamu input ke dalam internet? Disinilah peran Big Data bekerja, setiap perusahaan memanfaatkan Big Data Analytic untuk menganalisa data seseorang yang dianggap potensial bagi industri tersebut.

Sebelumnya kenali lebih dulu, apa itu definisi dari Big Data? Big Data merupakan kumpulan data yang dihasilkan dengan skala yang besar dan waktu yang cepat. Selain itu, Big Data juga merupakan istilah yang digunakan untuk data yang melebihi kapasitas pemrosesan database konvensional. 

    1. Big Data Analytic: Proses Pengujian Data

    Big data Analytic merupakan keseluruhan proses dalam mengumpulkan, merapikan, serta menganalisis Big Data. Analisis ini termasuk ke dalam proses pengujian set data yang besar untuk menemukan pola tersembunyi, tren pasar, korelasi yang tidak diketahui, dan informasi bisnis lainnya yang berguna bagi perusahaan. 

    Dengan menerapkan Big Data Analytic, perusahaan dapat dipermudah dalam mengidentifikasi peluang baru dan bermanfaat bagi perkembangan perusahaan. Biasanya perusahaan menerapkan Big Data Analytic untuk melakukan gerakan bisnis ke arah yang lebih cerdas. Selain itu, memanfaatkannya untuk proses pengoperasian yang lebih efisien, menekan cost, mendapatkan laba yang tinggi dengan tetap mengedepankan kepuasan pelanggan.

    Baca juga: Belajar Big Data, Yuk Kenali 4 Hal tentang Big Data yang Perlu Kamu Ketahui!

      2. Mengapa Big Data Analytic Penting?

      Lalu, mengapa Big Data Analytic bagi perusahaan? Analisis Big Data ini dapat mengidentifikasi kesempatan serta memberikan peluang baru bagi perkembangan perusahaan dan kepuasan pelanggan. Sebagai contoh, ketika kamu melihat sponsored post yang biasanya lewat di story atau timeline Instagram yang sesuai dengan preferensi kamu, pasti kamu akan langsung mengkliknya. Kesempatan inilah yang kemudian dimanfaatkan perusahaan dengan menerapkan penggunaan Big Data dalam Big Data Analytic. 

      Selain mendapatkan keuntungan bagi perusahaan dan menguntungkan customer, Big Data juga mampu mempercepat proses pengambilan keputusan dan mempermudah pembuatan produk baru yang sesuai dengan keinginan target marketnya.

        3. Yuk, Simak Cara Kerja Big Data Analytic!

        Setelah paham apa itu Big Data Analytic dan manfaat apa saja yang di dapat dari penerapannya, tentu kamu perlu tahu bagaimana cara kerja Big Data Analytic? Pertama, untuk mengumpulkan data diperlukannya mesin berbasis AI (Artificial Intelligence) sebagai mesin pencarian. Selanjutnya, data yang telah dihasilkan akan dikaji ulang sebelum diberikan ke dalam perusahaan. Hal ini diperlukan guna meminimalisir data palsu dan hanya mengambil data yang memiliki kualitas tinggi saja. 

        Setelah itu terdapat tahapan data mining, dimana para Data Analyst akan memeriksa data berskala besar guna menemukan pola-pola pada sebuah kata. Hasil dari analisis ini nantinya akan digunakan perusahaan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang rumit, serta memberikan solusi untuk proses pengambilan keputusan. 

        Baca juga: Implementasi Teknologi Big Data untuk Membantu Ekspansi Industri Bisnis

          4. Mulai Terapkan Ilmunya Sekarang dan Sign Up di DQLab untuk Mulai Belajar Big Data Bersama!

          Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

          Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

          Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

          • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

          • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

          • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

          • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

          Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

          1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

          2. Akses module Introduction to Data Science

          3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

           

          Penulis : Frindy Johana

          Editor : Annissa Widya Davita


          Share

          Postingan Terkait

          Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!