GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 19 Menit 29 Detik 

Kenali Pengertian dan Fungsi dari Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7a7adc7aa8fa46e583fcf21bea747c94_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data menjadi makanan sehari-hari dari para praktisi data. Data yang tidak melalui proses analisis hanya akan menjadi data yang tidak bisa dimanfaatkan informasi yang ada di dalamnya. Data sama hal nya dengan minyak, untuk mendapatkan sesuatu yang berharga harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu. Hasil analisis ini kemudian akan dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis yang ada sehingga tetap bisa bersaing dengan kompetitornya.

Mungkin banyak diantara pembaca yang telah melakukan analisis data, baik itu untuk penelitian ataupun hanya memperbanyak portofolio. Namun tahukah kamu apa sebenarnya analisis data itu? Dan apa saja fungsi nya? Jika kamu penasaran, kamu bisa simak artikel berikut ini sampai habis karena disini akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian dari analisis data dan juga fungsi dari analisis data tersebut. Masa sih sudah sering melakukan analisis data tapi belum memahami konsep dasar dari analisis data tersebut?


1. Pengertian Analisis Data

Analisis data merupakan proses mengubah data mentah menjadi sumber informasi yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Proses analisis data tidak serta merta terjadi melainkan ada tahapan-tahapan nya. Mulai dari pengumpulan data, data cleansing, hingga menentukan metode analisis data. Penentuan metode analisis data sangatlah penting, karena sebagus apapun datanya jika tidak diolah dengan metode yang benar, maka hasilnya pun akan kurang optimal. Analisis data dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu analisis data kuantitatif yang berhubungan dengan angka dan analisis data kualitatif yang bersifat non angka. 


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Analisis Data Digunakan untuk Evaluasi

Salah satu manfaat dari analisis data adalah bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Evaluasi menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis untuk mengetahui apakah campaign yang dilakukan berhasil atau tidak. Evaluasi ini juga bisa melihat apakah keputusan yang diambil memberikan dampak besar bagi perkembangan bisnis atau malah membuat bisnis semakin menurun. Hasil dari analisis data ini akan menunjukkan bagaimana performa bisnis dalam rentang waktu tertentu sehingga para pelaku bisnis dapat mengetahui hal apa saja yang harus diperbaiki atau dipertahankan.


3. Analisis Data Sebagai Dasar Decision Making

Perkembangan big data membuat banyak orang mulai menyadari pentingnya data, salah satunya dalam proses pembuatan keputusan. Agar menjadi keputusan yang baik, tentu saja para stakeholder harus menyimpan dan mengesampingkan ego nya ketika membuat keputusan. Hal ini bertujuan agar keputusan yang dibuat benar-benar bersifat subjektif. Hasil analisis data ini dapat dijadikan sebagai landasan dalam membuat keputusan yang subjektif.


4. Analisis Data Membantu Perencanaan

Fungsi selanjutnya dari analisis data adalah untuk membantu proses perencanaan. Hal-hal yang telah terjadi di masa lalu jika tercatat dengan rapi di dalam database dapat dijadikan sebagai sumber data untuk dianalisis. Pembelajaran dari masa lampau tentu dapat membantu untuk mempermudah perencanaan yang akan dijalankan di masa sekarang maupun di masa depan. Karena sejatinya hal-hal tersebut pasti akan memiliki polanya tersendiri dan akan terus berulang.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Belajar Analisis Data bersama DQLab, Yuk!

Tertarik untuk belajar analisis data namun tidak berasal dari background STEM (Science Technology Engineer Math)? Tenang saja, DQLab menjadi tempat kursus yang sangat cocok karena di DQLab siapapun bisa belajar data science. Modul yang ada sangat friendly untuk para pemula karena ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Kapan lagi bisa mempelajari bahasa pemrograman R, Python, dan SQL secara menyenangkan? Buruan daftar jadi member DQLab dan mulai proses belajarmu!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :