FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 37 Menit 27 Detik 

Kenali Pengertian Machine Learning & Contohnya, Pemula Catat!

Belajar Data Science di Rumah 12-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a9a05bd68da8ffa7e41e7533660cad69_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini kita dapat dikatakan hidup berdampingan dengan kecanggihan internet. Salah satu diantaranya adalah machine learning. Machine learning ini sudah digunakan dan diterapkan hampir di berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, teknologi, kehidupan sosial dan lainnya.


Nah, pada artikel ini khususnya kita akan mengenali pengertian machine learning & contohnya yang sering kita gunakan.


Machine learning merupakan salah satu cabang dari Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Machine learning adalah mesin pembelajar yang dikembangankan agar dapat belajar secara otomatis tanpa arahan dari pengguna. Machine learning ini berdasarkan ilmu-ilmu matematika, statistika, data mining, dan lainnya. Teknik-teknik machine learning pun penggunaannya sesuai dengan kebutuhan dalam bidang masing-masing.


1. Penggunaan Sosial Media

Saat ini penggunaan sosial media sudah menjadi bagian dari lifestyle kebanyakan orang. Penggunanya pun bukan hanya dari kalangan usia dewasa saja, bahkan anak di bawah umur pun sudah banyak yang memilikinya. Tahukah kalian bahwa dibalik sosial media yang digunakan itu terdapat peran machine learning? Seperti mempermudah dalam mencari "orang yang mungkin anda kenal" , pengenalan wajah, verifikasi sidik jari, pengarsipan postingan terdahulu, postingan pada beranda, dan lainnya.

machine learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Rekomendasi Marketplace

Marketplace merupakan suatu platform yang berisi kumpulan penjual dan pembeli. Marketplace saat ini sudah tidak asing pula bagi banyak orang terutama yang memiliki hobi berbelanja online. Marketplace ini tidak menyediakan barang dan jasa, hanya saja ia menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin memasarkan barangnya dan bagi para pembeli yang ingin mencari produk.


Marketplace ini menggunakan penerapan machine learning seperti rekomendasi produk, iklan produk, chatbot, pengklasifikasian produk, dan lain-lain.

machine learning


3.  Pelayanan Kesehatan

Pernahkah kalian menjumpai aplikasi layanan kesehatan yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang? Hal ini merupakan salah satu contoh aplikasi machine learning dalam bidang kesehatan. Adanya aplikasi ini akan sangat membantu pengguna salah satunya dalam proses konsultasi yang tentunya ditangani oleh pihak medis yang berwenang. Namun jangan khawatir, penggunaan aplikasi ini sudah resmi dan diawasi oleh Kementerian Kesehatan. 

machine learning


4. Keamanan Pengguna

Saat ini, keamanan dalam ponsel atau smartphone tidak hanya berupa tombol kunci saja. Sejalan dengan penggunaan machine learning, keamanan dalam smartphone pun semakin berkembang. seperti pengenalan sidik jari, pengenalan wajah, pengaturan sandi menggunakan pola, dan sebagainya. Selain itu keamanan tersebut pun bisa dilakukan secara berganda, artinya menggunakan beberapa sistem keamanan dalam satu tujuan.

machine learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Machine learning saat ini merupakan hal yang biasa digunakan dalam keseharian kita, namun masih banyak orang yang belum menyadari apa itu machine learning dan kegunaannya. Nah, kalian semua jika ingin belajar machine learning bisa langsung ke halaman DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data analyst baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :