DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 43 Menit : 10 Detik

Yuk, Kenali Pengertian Serta Perbedaan Data Science dan Statistika

Belajar Data Science di Rumah 11-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/49d0374342a8e88b32e5c543a660345c_x_Thumbnail800.png

Matematika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang bilangan dan operasi-operasi pada bilangan tersebut. Sebuah pengertian yang sangat sederhana kan? Pengertian yang sederhana itu justru membuat ilmu matematika sangat kompleks. Ilmu matematika sendiri terdiri dari berbagai macam cabang ilmu seperti aritmatika, analisis, matematika terapan, aljabar, kalkulus, statistika, data science, dan lain-lain. 


Pada kali ini kita akan membahas mengenai statistika dan data science. Seringkali orang-orang menganggap sama atau bahkan bingung dengan dua cabang ilmu ini. Persepsi umum tentang statistika adalah salah satu ilmu cabang dari matematika, ilmu yang mempelajari tentang data, peluang atau probabilitas, bahkan statistika juga sering diartikan sebagai data science. Padahal sebenarnya walaupun statistika dan data science saling berhubungan namun memiliki perbedaan pula. Lalu apa saja ya perbedaan statistika dengan data science? Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian statistika, data science dan perbedaan dari keduanya. Yuk, simak artikel ini bersama-sama!


1. Pengertian Statistika 

Sebelum masuk ke pengertian statistika, terlebih dahulu kita akan mengenal apa itu statistik. Statistik merupakan kumpulan data yang merupakan gambaran dari sampel. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang statistik. Mulai dari cara mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data sampai dengan menyajikan data dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Secara garis besar statistika mempelajari pengalaman logika pengambilan keputusan. Contoh dari penerapan statistika adalah prakiraan cuaca.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pengertian Data Science

Pada pembahasan poin sebelumnya telah dijelaskan pengertian statistik dan statistika. Lalu apa hubungan statistika dengan data science? Sebelumnya kita akan membahas pengertian dari data science. Data science merupakan pembelajaran tingkat lanjut setelah statistik dan statistika. Terdapat tiga ilmu dasar dari data science yaitu statistika, pemrograman dan ilmu yang berkaitan dalam bidang tertentu (seperti ilmu tentang bisnis, keuangan, psikologi, kesehatan, dan lain-lain).


3. Perbedaan Statistika dan Data Science

Setelah kita mengetahui definisi dari statistika dan data science maka selanjutnya kita akan membahas perbedaan di antara keduanya. Perbedaan dari statistika dan data science yang pertama adalah pada kemampuan ‘mengotak-atik komputer’. Kemampuan tersebut salah satunya akan berguna dalam menggunakan query data langsung dari database yang sangat besar (big data). Yang kedua, dalam data science kita tidak hanya akan dihadapkan dengan data yang berbentuk tabel (yang dapat dibuka dengan aplikasi spreadsheet) saja, tetapi kita juga akan dihadapkan dengan data yang tidak beraturan dan tidak terstruktur. Yang ketiga, dalam data science tidak hanya mempelajari terkait mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data saja. Akan tetapi dalam belajar data science dituntut untuk mengetahui pengetahuan yang cukup tentang bisnis juga.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk, TEMUKAN SUMBER DATA UNTUK BANGUN PORTFOLIO GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!