Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Peran Penting Role SQL dalam Data Science, Yuk Intip Pembahasannya

Belajar Data Science di Rumah 26-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8e921250bc0f693d61f6bb41a01cd032_x_Thumbnail800.png

Kehidupan saat ini sudah bergeser secara digitalisasi, data menjadi sumber kekuatan dan keberadaannya seperti air mengalir. Hal ini, setiap harinya hampir kegiatan yang kita jalani berdekatan dengan data dan volume data kian menambah. Manajemen dan analisis kini mulai menjadi skill yang dibutuhkan oleh organisasi atau data-driven company. Salah satu skillnya yaitu SQL, Structured Query Language adalah bahasa standar query yang dirancang untuk bisa mengelola database relasional. Pada penggunaannya memungkinkan untuk membuat, memelihara, memodifikasi, mengahapus, memodifikasi dan juga melakukan perintah sederhana lainnya. 


Bahasa SQL sendiri sangatlah populer dan hampir sama populernya dengan Bahasa Inggris karena penggunaan syntax dalam SQL mudah untuk dipahami dan dipelajari hingga digunakan pada project yang kamu jalani. Jika kamu baru memasuki bidang Data Science, SQL menjadi pilihan yang tepat untuk memulai perjalananmu untuk mengekstrak wawasan database. Untuk itu, pada artikel DQLab kali ini akan membahas role SQL lainnya dan perlu diketahui dalam Data Science. Ingin tahu penjelasannya? Langsung saja yuk simak artikel berikut ini!


1. SQL sebagai Data Analysis

SQL untuk melakukan analisis data mengacu pada kemampuan database yang satu dengan lainnya serta penggunaan database relasional. SQL merupakan bahasa yang paling umum digunakan dan populer karena penggunaannya yang fleksibel dan mudah untuk dipelajari. Tidak hanya itu, salah satu bahasa yang mudah untuk bisa diakses dan bisa digunakan oleh multiuser dengan kedalaman kompleks yang memungkinkan pengguna untuk melakukan analitik data. Data pada elemen Data Science membutuhkan tools untuk mengekstrak makna dari data, dengan menggunakan SQL kamu dapat melakukan visualisasi kumpulan data secara efisien untuk menghasilkan hasil yang akurat.


Baca juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. SQL Mengintegrasi Scripting Language

Untuk mendapatkan sebuah wawasan dengan cara meringkas data dan dapat melakukan visualisasi data untuk aplikasi kamu atau mengintegrasikan fungsi script ke dalam lingkungan kamu bisa menggunakan SQL. SQL script sendiri merupakan sekumpulan perintah SQL yang disimpan dengan bentuk file dalam SQL script. Menggunakan script kamu dapat membuat, melihat, menjalankan, mengedit, bahkan menghapus file skrip. Dalam mengerjakan project yang dilakukan Data Scientist menggunakan SQL akan lebih mudah mengintegrasikan bahasa skrip yang paling umum dengan menggunakan pemrograman seperti R dan Python.


3. Membantu Manajemen Volume Data

Pada dasarnya Data Science akan melibatkan pengumpulan dan juga pengelolaan sejumlah volume data yang besar dan membutuhkan spreadsheet agar pengerjaan data menjadi lebih tertata dan tidak membosankan. SQL memberikan kebutuhanmu yaitu membantu menangani data dalam jumlah yang besar dan membantu mendapatkan wawasan dari data tersebut. Pada proses analitik data, akan memeriksa data mentah hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa informasi yang nantinya akan dihasilkan memiliki kualitas data yang tinggi dan dapat diakses oleh pengguna serta dianalisis menggunakan aplikasi analitik yang canggih sekalipun. Dengan mempelajari SQL, dapat membantu kamu mempelajari database NoSQL.


4. Demand dalam Industri

Memasuki era digital, berbagai lini organisasi sudah menerapkan ilmu-ilmu Data Science dan salah satu syarat dalam pembukaan lowongan kerja yaitu memiliki skill SQL. SQL dalam Data Science menjadi skill utama karena penggunaannya sangat efisien dan mudah dalam proses pengerjaan pada data. Berkarir sebagai praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer juga membutuhkan skill SQL dan pemrograman yang sesuai dan dibutuhkan dalam bidangnya. Dengan memiliki skill SQL serta terampil dalam penggunaannya sangat membantu kamu untuk mengkomunikasi database yang dimiliki.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Yuk, Belajar Data Science bersama DQLab secara Fun dan Aplikatif di Real Case Industry!

Sudah siap untuk menghadapi data-driven di industri? Tidak memiliki latar belakang pendidikan formal seperti ilmu komputer atau statistik? Sedang mencari platform kursus online Data Science dan belajar secara otodidak? DQLab hadir sebagai solusinya! Dengan bergabung bersama DQLab kamu tidak perlu khawatir terkait pembelajarannya karena di DQLab  waktu belajar kamu lebih fleksibel dan kamu bisa memilih pembelajaran sesuai dengan keinginan sahabat Data DQLab!


Tersedia module lengkap dan fitur project yang tersedia, membantu kamu untuk mulai menerapkan pembelajarannya dan aplikasikan pada rela case industry! Tunggu apalagi? Yuk, bergabung sekarang dengan signup di DQLab.id dan langsung nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Selamat mencoba sahabat Data DQLab!



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!