PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 6 Jam 56 Menit 53 Detik

Kenali Perbedaan R, Python dan SQL, Syarat Wajib Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 25-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0cd63bfb339568426c98f0053b21d0fc_x_Thumbnail800.png

Python vs R vs SQL merupakan million dollar question yang selalu muncul di benak para pemula yang ingin memulai karir sebagai praktisi data. Seperti kebanyakan pemula yang ingin memulai belajar data, banyak sekali pertanyaan yang muncul "harus memulai dari mana ?" hal ini sangat wajar dan manusiawi dilakukan tetapi baik R dan Python sangat bermanfaat bagi banyak pengguna karena secara profesional kedua platform ini sama sama menggunakan teknologi yang sangat mumpuni. 

 

Untuk memulainya, sahabat data harus terlebih dahulu mencari tahu dengan tepat hubungan antara bahasa pemrograman dengan yang lainnya. Contohnya seorang data scientist yang sebagian besar bekerja pada penelitian genetika mungkin lebih suka menggunakan bahasa R, hal ini sangat populer pada penelitian genetika dan bioinformatika. Selain itu, ilmuwan yang banyak menggunakan Python ditujukan untuk analisis data gambar dan menemukan model karena python dapat melakukan manipulasi gambar luar biasa. 

 

Yuk bersama DQLab ketahui lebih jauh perbedaan keduanya. 

 

1.Mengapa R ?

Kemunculan R pertama kali adalah digunakan untuk komputasi statistik. R dapat menghosting semua pengujian mulai dari yang bersifat klasik, time-series, clustering dan banyak lainnya. Hal ini membuat R memiliki komunitas data yang sangat besar. Sehingga banyak sekali package yang dapat diakses dari pengembang dan pengguna R. Misalnya banyak sekali plot yang dapat digunakan untuk melakukan analisis grafik dan melakukan plot dinamis seperti contohnya ggplot. 

 

Selain itu, R sangat populer di dunia Artificial Intelligence seperti untuk menyediakan tools untuk jaringan syaraf tiruan, machine learning, dan teknik inferensi dengan menyediakan bucket package yang sangat banyak. Sehingga, R tidak hanya populer dikalangan ahli statistik tetapi juga sangat populer di bidang data untuk manipulasi data misalnya kedokteran, keuangan, dan ilmu sosial. 


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Mengapa Python? 

Python merupakan tools yang sangat baik untuk melakukan pemrograman dan mengembangkan banyak hal. Contohnya banyak sekali pengembang yang menggunakan python untuk mengembangkan desain user interface. Selain itu, python sangat berguna untuk mengembangkan banyak model algoritma. Bahasa pemrograman yang dikeluarkan pada 1989 ini banyak diasumsikan sebagai bahasa pemrograman yang sangat penting.  

 

Python semakin populer dengan para pengembang termasuk para ilmuwan data, sehingga python memiliki komunitas yang juga sangat besar. Python juga merupakan bahasa yang sangat populer dikalangan banyak praktisi kecerdasan buatan. Seperti machine learning, jaringan neural, dan tensorflow. Sehingga python dinilai sangat lengkap untuk para praktisi data. 

3. Mengapa SQL

Keseluruhan data yang tersimpan kebanyakan masih menggunakan RDBMS, sehingga sql masih sangat dibutuhkan untuk melakukan penarikan data, selain itu, SQL sebagai salah satu tools analisis data dinilai sangat cepat dan powerfull dibanding dengan R dan SQL, karena kita dapat langsung mengetahui hasil yang kita inginkan dengan SQL. Namun, saat ini kamu dapat melakukan penarikan data dengan bantuan kombinasi R dan SQL, juga Python dan SQL sehingga kombinasi ini akan lebih memudahkan kalian dalam penarikan data.


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login