3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 55 Menit 2 Detik

Kenali Petualangan Ragam Task Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 18-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2023-12-15-185856_x_Thumbnail800.jpg

Tugas utama dari seorang Data Scientist adalah memproses data untuk bisa menjadi insight data, dimana nantinya insight tersebut akan dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Job description Data Scientist tidak hanya tentang analisis data, namun juga tentang menghadapi dunia digital yang terus berkembang, membuka pintu ke berbagai insight baru serta keputusan bisnis yang cerdas.


Jika diibaratkan, peran Data Scientist ini bisa dianggap sebagai petualangan dalam dunia yang dipenuhi oleh angka dan data. Data Scientist akan bertugas untuk mencari rahasia yang tersimpan dalam dataset. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca kode rahasia, menggunakan algoritma sebagai peta petualangan, menjalani ekspedisi pemrosesan data, serta menjadi navigator interface  manusia dan mesin.


Dalam artikel ini akan dibahas job description Data Scientist dalam proses analisis data yang dianggap sebagai petualangan. Yuk, simak pembahasannya!


1. Misi Membaca Data

Data Scientist

Data Scientist bisa memulai petualangan mengungkap rahasia dalam data dengan menjalankan misi khusus, yaitu membaca kode rahasia yang terdapat dalam data. Data Scientist sebagai ahli dalam proses analisis data, mereka akan memiliki tugas utama untuk mengurai dataset kompleks agar bisa menemukan pola tersembunyi, mengungkapkan narasi yang tersembunyi di balik angka-angka, serta mengubah sekumpulan data menjadi insight dan informasi yang bernilai harganya.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Algoritma sebagai Peta Petualangan

Data Scientist

Data Scientist menggunakan algoritma machine learning untuk menemukan jejak atau pola yang tidak terlihat oleh mata manusia biasa. Algoritma data akan disesuaikan dengan kebutuhan analisis data. Sehingga algoritma ini bisa diibaratkan sebagai peta petualangan dalam mengungkap rahasia data.


Layaknya seorang pemandu wisata, Data Scientist akan memilih algoritma yang sesuai untuk memandu mereka melalui hutan data kompleks, mengeksplorasi wilayah prediksi, serta menciptakan model-model prediktif yang dapat membimbing keputusan bisnis.


3. Ekspedisi Pemrosesan Data

Data Scientist

Bagi seorang Data Scientist, pemrosesan data bukanlah tugas rutin biasa, melainkan sebuah ekspedisi yang melibatkan pencarian dan penemuan. Dengan memanfaatkan ETL (Extract, Transform, Load) sebagai kendaraan utama, Data Scientist akan menjelajahi dan membersihkan data mentah yang berasal dari berbagai sumber sehingga informasi yang dihasilkan bisa dipastikan bersifat murni dan dapat diandalkan. Setiap tahapan dalam ekspedisi ini memberikan Data Scientist informasi lebih dalam tentang keadaan medan yang mereka jelajahi.


4. Interface Navigator Manusia dan Mesin

Data Scientist

Data Scientist memiliki tugas tak tertandingi dalam menyampaikan hasil petualangannya. Mereka bukan hanya terampil dalam bahasa pemrograman dan algoritma, tetapi juga ahli dalam menerjemahkan bahasa data ke dalam narasi yang dapat dimengerti oleh semua orang.


Dalam hal ini, tugas Data Scientist bisa diibaratkan sebagai interface navigator yang akan menerjemahkan bahasa dari mesin untuk disampaikan dalam bahasa manusia. Dalam rapat-rapat strategis, Data Scientist akan membawa hasil temuan mereka ke hadapan stakeholder dengan memanfaatkan kecerdasan dan ketajaman analitis mereka.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Dalam dunia yang semakin didorong oleh data, peran data scientist sangat penting. Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :