3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 46 Menit 53 Detik

Kenali Probabilitas Statistik untuk Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-03-2023-11-30-170143_x_Thumbnail800.jpg

Ketika kita berbicara tentang Data Analyst, statistik memainkan peran kunci dalam membantu kita memahami pola, tren, dan membuat keputusan yang informatif. Statistika adalah cabang ilmu yang membuat berbagai alat dan teknik analisis untuk menangani sejumlah besar data, dalam mengklasifikasikan, menganalisis dan menafsirkan & mewujudkan bentuk numerik data.


Salah satu konsep penting dalam statistik yang sering digunakan oleh Data Analyst adalah probabilitas. Probabilitas adalah bidang matematika yang mengukur ketidakpastian. Tak dapat dipungkiri, jika probabilitas merupakan pilar penting dalam analisis data dan banyak yang merekomendasikannya sebagai subjek prasyarat untuk dipelajari.


Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan konsep probabilitas secara sederhana dan bagaimana hal itu memiliki dampak besar dalam pengambilan keputusan analisis data. Mari kita lihat bagaimana probabilitas menjadi fondasi yang kuat untuk pemodelan dan prediksi.


Selamat membaca!


1. Apa Itu Probabilitas?

Data Analyst

Probabilitas adalah ukuran sejauh mana suatu kejadian mungkin terjadi. Dinyatakan sebagai angka antara 0 (kejadian tidak mungkin) hingga 1 (kejadian pasti terjadi), probabilitas memberikan kita dasar untuk mengukur ketidakpastian.


Manfaat mempelajari probabilitas adalah membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat, karena kehidupan di dunia tidak ada kepastian, dan informasi yang tidak sempurna.


Dalam konteks data analysis, probabilitas membantu kita menghitung kemungkinan hasil tertentu dan memahami seberapa handal hasil analisis kita.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Penggunaan Probabilitas dalam Pemodelan

Data Analyst

Dalam pemodelan statistik, kita sering menggunakan probabilitas untuk menggambarkan distribusi data. Misalnya, distribusi normal adalah distribusi probabilitas yang umum digunakan untuk mewakili data di banyak bidang. Pemahaman probabilitas membantu data analyst memilih model yang sesuai untuk menganalisis data dengan akurat.


3. Prediksi Berbasis Probabilitas

Data Analyst

Probabilitas juga menjadi kunci dalam pembuatan prediksi. Ketika kita membuat prediksi atau estimasi, kita sering menyertakan elemen probabilitas. Sebagai contoh, dalam prediksi cuaca, kita mungkin mendengar bahwa ada 70% kemungkinan hujan. Ini adalah representasi probabilitas dan memberikan kita pemahaman tentang tingkat ketidakpastian dalam prediksi tersebut.


4. Interval Kepercayaan dan Probabilitas

Data Analyst

Data analyst sering menggunakan interval kepercayaan untuk mengukur sejauh mana kita yakin bahwa suatu estimasi adalah benar. Interval kepercayaan ini juga terkait dengan probabilitas. Sebagai contoh, interval kepercayaan 95% berarti bahwa ada 95% probabilitas bahwa nilai sebenarnya berada dalam interval tersebut.


5. Analisis Keputusan Berbasis Probabilitas

Data Analyst

Probabilitas juga memainkan peran penting dalam analisis keputusan. Ketika data analyst dihadapkan pada pilihan yang berisiko, konsep probabilitas membantu mereka mengukur risiko dan membuat keputusan yang lebih informatif. Ini sangat relevan dalam berbagai industri, dari keuangan hingga kesehatan.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Jika kamu tertarik untuk memahami lebih dalam tentang konsep probabilitas dalam statistik untuk data analyst, kami mengundangmu untuk bergabung dengan kursus-kursus data science di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :