DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 20 Jam : 50 Menit : 2 Detik

Kenali Profesi Business Intelligence pada Berbagai Macam Industri Masa Kini

Belajar Data Science di Rumah 09-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/05ddd9c95de6f3f03d1e3c2aa94a53ba_x_Thumbnail800.jpg

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, persaingan bisnis semakin ketat, dan perkembangan teknologi informasi yang membuat data semakin melimpah. Informasi yang dihasilkan dari data dan teknologi merupakan faktor penting dalam perkembangan perusahaan. Dengan bantuan informasi tersebut, maka perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya dalam pengambilan keputusan yang akurat dengan resiko yang minimal, sehingga tercapai keuntungan yang maksimal dan kemajuan perusahaan.

Lalu, bagaimana membuat informasi tersebut menjadi tepat dan efektif agar mudah dipahami dan membuat suatu perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat? Disinilah Business Intelligence dibutuhkan. Business Intelligence dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi berbagai jenis pelanggan dan menghasilkan produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menentukan strategi penetapan harga untuk menghasilkan manajemen pendapatan yang lebih baik. Pada artikel ini, DQLab akan mencoba membandingkan penerapan BI pada berbagai jenis industri, penasaran industri apa saja? Yuk simak penjelasannya!

 1. Online Transaction Processing (OLTP)

Dalam sistem pemrosesan transaksi online (OLTP), informasi yang dapat dimasukkan ke dalam database product seperti penambahan lini produk dan perubahan harga produk. Sejalan dengan itu, dalam sistem query Business Intelligence yang akan dieksekusi untuk area subjek produk dapat dilakukan penambahan lini produk baru atau perubahan pendapatan kenaikan harga produk. Dalam database periklanan, sistem query yang bisa dijalankan seperti perubahan dalam opsi iklan dan meningkatkan anggaran siaran/iklan. Sejalan dengan sistem tersebut, Business Intelligence akan menganalisa berapa banyak klien baru yang akan ditambahkan karena adanya perubahan anggaran pada siaran/iklan.

 Baca juga: Pentingnya Business Intelligence (BI) dalam Dunia Bisnis

2. Industri Perhotelan

Pemilik hotel juga menerapkan Business Intelligence untuk mengumpulkan informasi statistik mengenai rata-rata hunian dan tarif per kamar. BI membantu untuk menemukan total pendapatan yang dihasilkan per kamar. Selain itu BI juga membantu dalam mengumpulkan data statistik tentang market share dan data survei pelanggan dari hotel-hotel lainnya untuk menentukan posisi kompetitif hotel tersebut. Dengan menganalisis tren ini, dapat membantu manajemen hotel untuk memberikan penawaran-penawaran kepada customer.

3. Industri Perbankan

Penerapan Business Intelligence dalam industri perbankan merupakan kunci sukses dalam efektivitas dan efisiensi perusahaan. Terutama dalam kemampuan mendapatkan, mengelola, dan menganalisa data nasabah, produk, jasa, dan kolega dalam jumlah yang besar. Contoh penerapan Business Intelligence dalam industri perbankan antara lain seperti manajemen customer relationship, analisis customer credit, manajemen risiko, dan segmentasi pasar. Peran Business Intelligence dalam aktivitas ini dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada nasabah dan secara fundamental dapat meningkatkan kualitas pelayanan bank.

Baca juga: 3 Rekomendasi Tools Terbaik dalam Business Intelligence

4. Akses DQLab Project dan Aplikasikan Tipsnya Sekarang!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung bersama di DQLab! Bangun portofolio datamu dengan belajar data science dan mengakses modul serta project yang tersedia di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.   Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.    Akses module Introduction to Data Science

3.    Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQL


Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!