3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 25 Menit 5 Detik

Kenali Profesi Manager Data Analyst, Catat Ya!

Belajar Data Science di Rumah 24-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-03-2023-11-25-094657_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst adalah posisi yang cukup dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk mengatasi berbagai permasalahan data. Tugas utama dari profesi ini adalah mengubah data mentah menjadi insight yang bermanfaat sehingga bisa dijadikan sebagai dasar dari pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para stakeholder.


Profesi Data Analyst termasuk salah satu profesi yang memiliki banyak peminat, karena profesi ini lebih fleksibel untuk ditempati oleh berbagai background pendidikan. Tentu saja dengan catatan bahwa orang tersebut memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dalam pekerjaan Data Analyst.


Data Analyst juga memiliki jenjang karir yang pasti, sehingga hal ini juga cukup menarik minat banyak orang untuk menempati posisi ini. Umumnya, posisi Data Analyst akan dimulai dari Junior Data Analyst, kemudian Data Analyst, Senior Data Analyst, dan selanjutnya bisa masuk ke bagian manajerial, yaitu Manager Data Analyst. Namun jenjang karir ini tidak bisa disamaratakan untuk semua perusahaan.


Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai posisi Manager Data Analyst, khususnya tugas-tugas yang harus dijalankan. Yuk, simak pembahasannya!


1. Peran Kunci dalam Pengelolaan Tim Data Analyst

Data Analyst


Perbedaan yang paling signifikan dari tugas seorang Manager Data Analyst adalah mereka juga harus bertanggung jawab untuk memimpin, mengarahkan, dan mengelola tim Data Analyst.


Para Manager Data Analyst ini memegang peranan kunci dalam membimbing Data Analyst agar bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan, termasuk memberikan arahan strategis, mengelola project data, serta memastikan bahwa tim memiliki sumber daya yang diperlukan untuk bisa mencapai goals yang ada.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pemahaman Mendalam tentang Data dan Bisnis

Data Analyst


Sebagai orang yang ada di posisi manajerial, Manajer Data Analyst tidak hanya membutuhkan keterampilan teknis dalam analisis data, namun juga pemahaman yang mendalam tentang konteks bisnis. Mereka perlu memahami bagaimana data dapat digunakan untuk mendukung tujuan organisasi dan memberikan insight berharga dalam pengambilan keputusan.


Manager Data Analyst akan berperan sebagai jembatan yang menghubungkan tim Data Analyst dengan para stakeholder, sehingga untuk menempati posisi ini mereka harus menguasai kombinasi keterampilan teknis dan pengetahuan bisnis. 


3. Mengelola Proyek dan Sumber Daya dengan Efektif

Data Analyst


Manager Data Analyst juga bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola project analisis data. Project ini akan melibatkan penentuan tujuan project, alokasi sumber daya, pemantauan kemajuan, dan memastikan bahwa project-project tersebut sejalan dengan strategi keseluruhan perusahaan. Kemampuan untuk mengelola waktu dan sumber daya dengan efektif sangat penting dalam peran ini.


4. Komunikasi yang Efektif dan Keterlibatan dengan Pemangku Kepentingan

Data Analyst

Manager Data Analyst akan sering berinteraksi dengan para stakeholder, termasuk eksekutif, tim teknis, dan departemen lainnya. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang efektif adalah aspek penting dari posisi ini.


Manager Data Analyst perlu untuk menyampaikan hasil analisis secara jelas dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang yang tidak memiliki background data sehingga bisa merangkul pemahaman lintas fungsional untuk memastikan informasi yang disampaikan memiliki dampak maksimal.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Kamu bisa mulai perjalanan belajar sebagai Data Analyst dengan belajar Excel dasar dengan menggunakan modul Excel yang disediakan olehi DQLab. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan bootcamp Data Analyst with Excel akan dimulai dari tanggal 28 November 2023 hingga 2 Februari 2024.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :