MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 25 Menit : 2 Detik

Kenali Bagaimana Role Data Analyst dan Prospek Jenjang Karirnya

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/188540123e3c6345a1b7bfd0dc7c5552_x_Thumbnail800.jpg

Profesi Data Analyst pada tahun 2020 merupakan profesi favorit seluruh dunia. Data Analyst dapat bekerja di hampir semua instansi, baik itu e-commerce, manajemen transportasi, instansi perbankan, kesehatan, asuransi, dan lainnya. Profesi ini menuntut kita untuk memahami asal-usul data dan cara menganalisis data-data tersebut.

Semakin banyaknya perusahaan yang mencari orang-orang profesional untuk dipekerjakan sebagai Data Analyst. Jika kamu ingin bekerja sebagai seorang Data Analyst dan baru akan memulai, terdapat beberapa syarat dasar yang harus dipenuhi dalam pekerjaan ini. Pada artikel kali ini, DQLab akan membantu kamu mendapatkan gambaran besar tentang jenjang karir profesi ini dimulai dari Data Analyst entry-level (pemula), junior hingga senior. Berikut penjelasannya!

1.   Data Analyst Entry Level

Data Analyst entry-level merupakan jenjang karir bagi mereka yang baru saja lulus dari universitas dan sedang memulai karir di bidang ini. Persyaratan menjadi Data Analyst entry-level ini meliputi kemampuan dasar seperti kemampuan berpikir analitis dan kritis, mampu bekerja di dalam tim, dan kemampuan matematis yang baik. Banyak perusahaan yang menginginkan para data analyst muda ini bekerja untuk meningkatkan pengetahuan dan belajar mencari pengalaman seluk beluk mengenai teknik analisis data. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mengadakan program pelatihan spesial yang didesain untuk mereka yang ingin bekerja sebagai seorang Data Analyst.

Peran dan tanggung jawab seorang Data Analyst entry-level adalah membantu supervisor dan tim senior dengan pekerjaan utama mereka, berlatih dan belajar bagaimana cara menganalisis data menggunakan program untuk mengerjakan tugas-tugas. Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang Data Analyst, maka banyak sekali pilihan jalur karir yang dapat diambil. Apalagi jika kamu menginginkan gaji yang lebih besar dan naik tingkat menjadi seorang Data Analyst junior, maka kamu harus mempelajari topik data ini lebih lanjut.

Baca juga: Intip Prospek Pekerjaan Data Analyst di 2020, Yuk Ketahui Lebih Jauh 3 Posisi ini Bersama DQLab

 2.  Data Analyst Junior

Di jenjang karir ini, para Data Analyst Junior telah memiliki pengalaman cukup terkait teknik analisis data, dan cukup beradaptasi dengan berbagai tantangan pekerjaan. Seorang Data Analyst junior memiliki peran dan tanggung jawab yang agak berbeda dengan Data Analyst entry-level, mereka bertugas melakukan interpretasi dan translasi data dengan berbagai metode analisis, mengumpulkan data, membuat segmentasi, dan memvisualisasikan hasil analisisnya.

3. Data Analyst Senior

Para Data Analyst senior merupakan mereka yang sangat berpengalaman dalam bidang analisis data. Mereka adalah orang-orang yang mengerjakan tugas-tugas yang rumit dan juga yang mempersiapkan para pemula untuk belajar cara menganalisis data lebih dalam lagi. Syarat untuk naik ke jenjang karier ini adalah harus memiliki pengalaman, keahlian yang teruji, dan pengetahuan lengkap mengenai cara memanipulasi data dalam jumlah yang besar. Para Data Analyst ini juga harus bisa menggunakan semua tools terkait analisis data seperti visualisasi dan manajemen data.

Sebagai seorang Data Analyst senior, maka kamu akan memiliki beberapa tanggung jawab besar. Pertama, kamu harus dapat bekerja di bawah tekanan untuk memenuhi tugas yang sulit atau bekerja dalam tenggat waktu yang spesifik. Sebagai seorang ahli analisis data senior, kamu harus sangat bertanggung jawab dengan hasil analisis anda sendiri karena hasil tersebut akan sangat mempengaruhi keputusan yang diambil dalam suatu perusahaan di tempatmu bekerja.

Baca juga: 3 Tahap Pengolahan Data yang Dilakukan Jika Kamu Ingin Berkarir Menjadi Data Analyst

4. Yuk, Awali Karirmu Sebagai Praktisi Data dengan Akses Modul Pembelajaran di DQLab Sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.    Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.    Akses module Introduction to Data Science

3.    Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!