DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 37 Menit 49 Detik 

Kenali Role Pekerjaan Bidang Data Science dan Prospek Jenjang Karirnya

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a5603445c1f6237479b82692476d0a80_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan sebuah bidang yang bergerak dari berbagai ilmu didalamnya, yaitu Ilmu Matematika, Statistik, dan Ilmu Komputer. Ketiga komponen tersebut menjadi keterampilan wajib yang dimiliki jika kamu ingin memasuki bidang Data Science. Mengetahui semakin meningkatknya jumlah data, semakin banyak sumber tenaga dan praktisi yang ahli dalam bidangnya untuk membantu mengolah, memproses data sehingga menjadi data yang dapat digunakan baik instansi atau perusahaan. 


Jika kamu ingin mengetahui pekerjaan atau role seperti apa ketika masuk kedalam bidang Data Science, artikel DQLab kali ini sangatlah tepat dan cocok untuk kamu karena artikel ini akan membahas tentang role yang dilakukan ketika kamu bekerja di bidang Data Science dan mengetahui prospek karirnya. Tak perlu khawatir, tentunya kamu bisa menjadi salah satu profesi-profesi tersebut apabila kamu menekuni pembelajaran ilmu Data Science secara teratur dan pantang menyerah. Langsung aja kita simak artikel berikut yuk Sahabat Data DQLab!


1. Data Scientist

Sudah tidak asing lagi bukan mendengar role Data Scientist. Seorang Data Scientist bertugas untuk memanfaatkan data menggunakan keterampilan analitis, statistik, dan pemrograman. Keterampilan tersebut akan membantu untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan dari besar kumpulan data yang didapatkan. Kumpulan data kemudian akan digunakan menjadi sebuah informasi dalam mengembangkan solusi dan juga memberikan wawasan terkait kesulitan yang dihadapi perusahaan atau pemilik bisnis. Perlu diketahui oleh Sahabat Data DQLab, perjalanan menjadi Data Scientist tidaklah mudah karena pengambilan data yang sangat kompleks harus bisa mengubahnya menjadi sebuah kesimpulan yang dapat dipahami oleh semua pemangku kepentingan. Dengan demikian, keterampilan yang dimiliki oleh Data Scientist tidak hanya bertanggung jawab atas semua data, melainkan juga mengkomunikasikan data yang berisikan tren dan pola yang berarti.


Jika kamu ingin berkarir menjadi seorang Data Scientist, adapun beberapa prospek untuk jenjang karirnya, sebagai berikut:

  • Data Scientist Entry-Level

    Jenjang karir ini biasanya mereka yang baru saja lulus dari universitas, atau bisa juga mereka yang memiliki sertifikat pembelajaran Data Science karena ilmu Data Science sendiri kini bisa dilakukan tanpa memandang latar belakang pendidikan.

  • Data Scientist Junior

    Pada jenjang ini mereka yang sudah memiliki pengalaman bekerja dengan big data dan struktur data yang kompleks. Menjadi Data Scientist junior sendiri memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat atau bisa bekerja dalam pressure. Tugas yang dilakukannya mencakup bekerja dalam tim, membuat sistem yang lebih spesifik, melakukan Data Mining, dan lainnya.

  • Data Scientist Senior

    Di jenjang karir seorang Data Scientist senior mereka yang sangat ekspertis pada ilmu Data Science dan juga Machine Learning. Tanggung jawabnya besar dan berat, karena praktisi senior tidak hanya mengolahnya namun juga memiliki keterampilan untuk melakukan visualisasi data yang diperoleh. Dengan demikian, Data Scientist Senior mereka sudah menguasai berbagai macam bahasa program, tools pengerjaannya serta memiliki keterampilan dalam ilmu statistik yang luar biasa.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Data Analyst

Pada role satu ini, bertanggung jawab dan berfokus pada menjawab sebuah pertanyaan karena data yang didapatkan dari berbagai sumber sehingga perlunya untuk diolah menjadi sebuah data yang menjawab kebutuhan tertentu. Data Analyst juga dapat dikatakan menjadi salah satu praktisi yang bertugas membantu meningkatkan keuntungan dan juga kredibilitas pada suatu instansi atau suatu perusahaan. Sama dengan Data Scientist, menjadi Data Analyst juga harus terampil dalam berkomunikasi, baik komunikasi secara verbal maupun melalui komunikasi menggunakan visualisasi data agar memudahkan dalam membacanya. 


Perlu diketahui oleh Sahabat Data DQLab, profesi ini sudah banyak dicari oleh perusahaan karena Data Analyst sendiri juga kini sudah bisa bekerja di hampir semua instansi atau perusahaan, mulai dari eCommerce, finance, healthcare, dan bidang industri lainnya. Jika kamu seorang pemula dan ingin mengetahui prospek karir sebagai Data Analyst seperti apa, berikut prospek kerjanya:

  • Data Analyst Entry-Level

    Pada jenjang karir ini biasanya bagi mereka yang baru saja lulu dari universitas dan sedang memulai karir di bidang Data Science. Salah satu persyaratan profesi ini adalah memiliki kemampuan dasar seperti memiliki kemampuan analitik dan kritis, selain itu juga mampu bekerja dalam tim.

  • Data Analyst Junior

    Jenjang karir ini sudah memiliki pengalaman terkait teknik dalam menganalisis data dan juga sudah beradaptasi dalam menerima tantangan pekerjaannya

  • Data Analyst Senior

    Seorang Data Analyst senior merupakan praktisi yang sangat berpengalaman dalam bidang analisis data, pekerjaannya meliputi mengerjakan tugas yang lebih kompleks, serta dapat menggunakan semua tools analisis data.



3. Data Engineer

Data Engineer adalah seorang praktisi yang mengembangkan dari data yang mentah dan masih kotor. Data kotor yang dimaksud adalah data yang disebabkan oleh human error atau kesalahan mesin. Seorang Data Engineer merupakan praktisi yang ahli dalam membuat rancangan desain manajemen data dan juga membantu infrastruktur dalam instansi atau perusahaan. Profesi ini, kini sudah menjadi salah satu tren karena demand atau pencarian sumber tenaga yang mampu dan ahli dalam mengolah besarnya data mentah, membangun dan memproses menjadi wawasan yang berguna hal ini menjadikan Data Engineer paling dicari. Namun, karena adanya kesenjangan pada praktisi dan volume data maka profesi ini terbilang kedalam profesi yang cukup mahal.


4. Business Analyst

Memasuki era serba digital, kini penerapan Data Science juga sudah dilakukan oleh perusahaan atau instansi dalam kegiatan bisnisnya. Business Analyst merupakan profesi yang memberikan solusi manajemen data, penggunaan metodologinya seperti penambangan data, analisis prediktif, dan analisis statistik untuk menganalisis dan mengubah data yang bermanfaat dan berguna. Selain itu, seorang Business Analyst juga melakukan identifikasi dan antisipasi pada pola serta tren yang ada di pasar guna membantu dalam membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas, efisien dan tepat karena wawasan didapatkan berbasis data. 


Pada dasarnya profesi melakukan analisis data historis untuk menentukan bagaimana suatu unit dapat merespons serangkaian variabel, misalnya seperti bisnis rumah makan atau tempat makan, menggunakan Business Analyst untuk melihat jam puncak pelanggan dan mengidentifikasi kapan makanan tertentu harus cepat disajikan. Prospek kerja pada profesi Business Analyst sendiri akan semakin berkembang, karena bantuan teknologi dan meningkatkan usaha atau bisnis yang berjalan akan berpengaruh pada pencarian sumber tenaga dalam mengolah, menganalisis, menjaga dataset yang ada dan juga mempresentasikan melalui visualisasi data dalam menghadapi bisnis menjadi lebih optimal.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Mulai Rajut Karirmu menjadi Praktisi Data Science bersama DQLab!

Setelah mengetahui beberapa poin diatas, yuk mulai terapkan ilmunya! Ilmu Data Science sendiri sangatlah fleksibel, karena kamu bisa belajar dimanapun dan kapanpun lho Sahabat Data DQLab. Jika kamu sedang mencari tempat pembelajaran atau pelatihan khusus Data Science, DQLab solusinya! Kamu bisa daftarkan diri kamu ke DQLab dan nikmati akses GRATIS module “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”. So, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan emas mu untuk bisa terus berkembang dan bisa bergabung memajukan revolusi industri 4.0! 


Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!