GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 25 Menit 54 Detik 

Kenali Rumus Pengurangan Tanggal di Excel, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 09-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3b613e0d71f3bac7dcf83d86b683eb76_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Microsoft Excel adalah kemampuan untuk melakukan manipulasi data (dalam hal ini proses cleansing data dan penambahan variabel yang dibutuhkan), mengolah dan menganalisis data, hingga melakukan visualisasi data dengan berbagai pilihan chart. Selain itu, penggunaan software ini tidak hanya terbatas pada satu bidang saja, namun Excel mulai dibutuhkan hampir di semua bidang pekerjaan. Banyaknya fungsi dan fitur yang disediakan oleh software ini membuat Excel menjadi software spreadsheet yang paling banyak digunakan.

Salah satu bentuk data yang akan sering ditemui dalam pekerjaan adalah data yang berbentuk tanggal dan waktu. Tidak bisa dihindari, hampir semua bidang pasti akan bertemu dengan data yang seperti ini. Cara mengolah dan memperlakukan data yang berbentuk tanggal ternyata tidak bisa disamakan dengan mengolah data angka biasa. Termasuk juga jika kita ingin menjumlahkan dan menguranginya. Dalam artikel ini akan dibahas rumus yang bisa dijadikan pilihan untuk mengolah data tanggal. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Mengurangi Hari dari Tanggal

Misalkan kamu adalah orang yang akan mengurus vendor yang bekerja sama untuk memberikan jasa pemasangan AC. Di awal, vendor tersebut telah memberikan list tanggal untuk melakukan pemasangan dan pemeriksaan bagi AC yang telah terpasang. Namun vendor tersebut melakukan reschedule dengan memajukan tanggal pemasangannya. Nah, untuk menemukan tanggal asli pemasangan, kamu bisa menggunakan rumus pengurangan biasa loh. Agar lebih paham, berikut contohnya:


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Mengurangi Bulan dengan Fungsi EDATE()

Selain cara di atas, kita juga bisa menggunakan fungsi EDATE untuk menjumlahkan ataupun mengurangi data yang berbentuk tanggal. Untuk menggunakan fungsi EDATE, kita  memerlukan dua argumen, yaitu tanggal mulai dan jumlah bulan yang ingin Anda tambahkan atau kurangkan. Untuk mengurangi bulan, masukkan angka negatif sebagai argumen kedua. Misalnya, =EDATE("29/10/21",-4) maka akan menghasilkan 29/6/21. Sayangnya penggunaan rumus ini hanya bisa digunakan untuk melakukan pengurangan bulan.

3. Mengurangi Kombinasi Tahun, Bulan, dan Tanggal

Jika pada poin sebelumnya, hasil pengurangannya hanya berlaku pada bulan saja, maka kali ini akan kita mencoba untuk mengurangi kombinasi tahun, bulan, dan tanggal agar data yang didapatkan adalah data yang paling spesifik. Agar lebih paham, berikut contohnya:


Tahun dari tanggal rencana akan dikurangi dengan jumlah percepatan tahunnya, bulan dari tanggal rencana akan dikurangi dengan percepatan bulan, dan hari dari tanggal rencana juga akan dikurangi dengan jumlah hari yang dijadikan percepatan. Sehingga akan ditemukan tanggal realisasinya.

4. Mencari Selisih Antara Dua Tanggal

Setelah bisa melakukan pengurangan dengan berbagai kombinasi, hal lain yang harus dikuasai adalah mencari selisih antara dua  tanggal. Kita bisa memilih apakah selisihnya ingin ditampilkan dalam hari, bulan, atau tahun. Agar lebih memahaminya, berikut contohnya:


Misalkan kita ingin mencari berapa banyak selisih antara tanggal realisasi dengan tanggal rencana, maka kita bisa menggunakan fungsi DATEDIF. Agar selisih bisa berbentuk hari, maka kita harus mendefinisikan nya dengan menambahkan kode date partnya berupa "d". Kemudian "m" untuk bulan, dan "y" untuk tahun.

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

5. Belajar Excel Dengan DQLab, Yuk!

Kamu juga bisa mempelajari banyak fungsi dan juga fitur Excel dengan cara mengambil modul Platinum Excel di DQLab. Dari hal yang paling basic hingga hal yang cukup rumit akan kamu temukan di modul platinum DQLab, loh. Dan yang terpenting, modul platinum ini hanya dibayar satu kali dan bisa dinikmati tanpa batas waktu tertentu. Jadi tunggu apa lagi? Buruan daftarkan dirimu dan beli modul platinumnya. Dijamin gak akan bikin kantongmu jebol deh.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!