GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 48 Menit 29 Detik 

Kenali Salah Satu Fungsi JOIN Table di SQL: LEFT JOIN SQL

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/17e351c9d2a54d2ecf632dbdd10f1cb1_x_Thumbnail800.jpg

SQL yang merupakan singkatan dari Structured Query Language merupakan salah satu bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh praktisi data. SQL sendiri merupakan query yang dirancang agar bisa melakukan pengambilan informasi tertentu yang ada di database.


Pada SQL terdapat 3 jenis query yaitu DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan DCL (Data Control Language). Pada bahasa SQL ini juga terdapat satu operasi yang dapat digunakan untuk menggabungkan tabel, yaitu operasi JOIN, dimana salah satunya adalah LEFT JOIN SQL.


Jika pada artikel lainnya sudah pernah dibahas tentang fungsi JOIN pada database relasional untuk menghubungkan berbagai tabel, maka artikel berikut ini DQLab akan menjelaskan dan menunjukkan contoh penggunaan variasi LEFT JOIN.


Kira-kira seperti apa ya fungsi LEFT JOIN pada SQL? Yuk simak terus artikel ini sampai tuntas!


1. Query SQL

Query adalah syntax atau perintah yang digunakan untuk mengakses dan menampilkan data pada sistem database. Query memiliki kemampuan untuk mengatur data mana yang perlu ditampilkan sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu, query dapat dipakai untuk membuat data dapat saling berinteraksi.

Terdapat tiga jenis query database pada SQL, yaitu:

  • DDL (Data Definition Language), metode query SQL yang dipakai untuk mendefinisikan data di sebuah database.

  • DML (Data Manipulation Language), metode query yang digunakan untuk melakukan manipulasi database.

  • DCL (Data Control Language), metode query SQL yang dipakai untuk memberikan hak otorisasi akses database, auditan penggunaan database, alokasi space, dan definisi space.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. JOIN

Sebelum membahas LEFT JOIN, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan JOIN pada SQL. JOIN merupakan kata dari Bahasa Inggris yang berarti ikut serta/menghubungkan. JOIN pada SQL berarti menghubungkan tabel yang satu dengan tabel lainnya yang saling berhubungan atau berelasi agar bisa menampilkan beberapa data dari tabel yang berbeda dengan satu perintah (query).


Terdapat beberapa jenis JOIN yang terdapat pada SQL diantaranya: Inner Join, Left Join, Right Join, Outer Join dan lainnya. Keuntungan utama JOIN adalah eksekusinya lebih cepat. Namun terdapat kekurangan ketika menggunakannya yaitu dapat membingungkan JOIN mana yang merupakan tipe JOIN yang tepat untuk digunakan untuk menghasilkan kumpulan hasil yang diinginkan dengan benar.


3. LEFT JOIN

Pada LEFT JOIN, semua data pada tabel sebelah kiri akan ditampilkan, sedangkan data pada tabel disebelah kanan hanya akan ditampilkan jika data terkait pada tabel tersebut muncul di tabel sebelah kiri. Baris–baris yang tidak memiliki pasangan pada tabel yang ada di sebelah kiri kata “JOIN” akan tetap ditampilkan.

Jika digambarkan dalam bentuk diagram venn, bentuk LEFT JOIN tampak pada gambar berikut:

sql 

Sintaks sederhananya pada SQL adalah seperti ini:

SELECT kolom_1, kolom_2 
FROM table_1 
LEFT JOIN table_2 
ON table_1.kolom_key = table_2.kolom_key;

 

Maka, jika kita terapkan pada tabel A dan B di atas, kode SQLnya akan menjadi seperti berikut.

A LEFT JOIN B:
SELECT *
FROM TABLE_A
LEFT JOIN TABLE_B
ON TABLE_A.a = TABLE_B.b;

Hasil:

a

b

1

Null 

2

Null

3

3

4

4

 

LEFT JOIN akan menyimpan semua row yang ada di Tabel A. Untuk row yang ada di Tabel A tapi tidak ada di Tabel B, row itu akan dijadikan null.


4. LEFT EXCLUDING JOIN

Left Excluding JOIN akan menampilkan data pada tabel pertama (tabel kiri) yang tidak mempunyai pasangan yang cocok dengan tabel kedua (tabel kanan). Bentuk JOIN ini mirip dengan Left JOIN namun tidak mengikut sertakan data pada tabel kiri yang mempunyai pasangan dengan data tabel kanan. Jika digambarkan dalam bentuk diagram venn, bentuk Left Excluding Join tampak pada gambar berikut:

sql


Secara umum perintah untuk menghasilkan Left Excluding JOIN adalah:

SELECT <select_list>
FROM Table_A as A
LEFT JOIN Table_B as B
ON A.Key = B.Key
WHERE B.Key IS NULL;


Sebagai contoh perintah Left Excluding JOIN untuk tabel A dan B dengan perintah:

SELECT *
FROM TABLE_A
LEFT JOIN TABLE_B 
ON TABLE_A.a = TABLE_B.b 
WHERE TABLE_B.b IS NULL;


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Setelah memahami cara penggunaan JOIN yang ada di SQL, kamu bisa mulai mengeksplorasi hal lainnya seperti penggunaan GROUP BY, ORDER BY, HAVING, dan masih banyak lagi hal-hal fundamental lainnya dari SQL.


Eits, kamu gak perlu bingung harus belajar SQL dimana karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula karena membahas hal-hal yang bersifat fundamental. Agar bisa mengaksesnya, kamu cukup berlangganan untuk menjadi member premium di DQLab


Yuk, tunggu apa lagi? Sekarang giliran mu!


Penulis : Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita






Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!