Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali SQL, Hardskill yang Penting Dalam Industri Data

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/211ba14dd0b3814c31fb8633baaaf73e_x_Thumbnail800.png

Perkembangan dunia teknologi sudah semakin canggih hingga dapat memunculkan suatu poin penting yang dikenal dengan nama Structured Query Language atau SQL. keberadaan SQL tidak hanya muncul begitu saja, namun melewati lini sejarah dan perkembangan yang cukup panjang. Perkembangan tersebut tentunya semakin membaik dari tahun ke tahun dan terus menerus diperbaharui.


SQL sendiri merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengakses, mengubah, dan memanipulasi data berbasis relasional. SQL memiliki standar yang dikeluarkan oleh American National Standard Institute atau ANSI. Mari kita bersama-sama mengenal SQL lebih dalam dimulai dari sejarah hingga profesi apa saja yang membutuhkan SQL. Yuk, simak bersama!


1. Sejarah SQL

Pada awal mulanya, kata SQL mengacu pada artikel yang dikeluarkan oleh seorang peneliti di IBM, Jhonny Oracle. Dalam artikelnya membahas mengenai ide pembuatan sebuah basis data relasional yang muncul di tahun 1970. Pada artikel tersebut juga membahas mengenai kemungkinan terciptanya sebuah bahasa data yang standar di masa mendatang.


Dari situ muncullah istilah SEQUEL yang mengacu pada singkatan dari Structured English Query Language. Tidak memakan waktu lama, IBM langsung merancang proyek SEQUEL tersebut, namun dipersingkat menjadi SQL. Setelah melewati berbagai proses, SQL akhirnya memiliki versi yang matang dan sering digunakan, yaitu SQL92.


Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Fungsi SQL

Setelah mengetahui akan sejarah dari SQL, tentunya kalian perlu mengetahui lebih jelas lagi mengenai apa saja fungsi SQL. Karena keberadaan SQL dalam mengelola suatu database dapat memberikan fungsi tersendiri, maka kalian pun dapat menjalankan sebuah query maupun mengambil data yang dibutuhkan.


Tidak hanya itu saja, kalian juga dapat memperbarui, menyisipkan, dan menghapus data dalam database. SQL juga dapat berfungsi untuk membuat sebuah prosedur baru yang akan tersimpan dalam database. Dan fungsi dari SQL yang perlu kalian ketahui adalah SQL dapat mengatur hak akses pengguna terhadap tabel, prosedur ataupun hal penting lainnya.


3. Jenis Perintah SQL

Dalam bahasa SQL, terdapat tiga jenis perintah dasar yang dapat digunakan atau diaplikasikan untuk merancang suatu database. Jenis-jenis perintah tersebut sangat sering digunakan karena mudah untuk diimplementasikan. Berikut tiga jenis perintah bahasa SQL.


  • Data Definition Language (DDL)

    Dapat digunakan untuk membuat, merubah atau menghapus struktur database.

  • Data Manipulation Language (DML)

    Dapat digunakan untuk memanipulasi data yang terdapat dalam tabel.

  • Data Control Language (DCL)

    Dapat digunakan untuk mengontrol dan memberi izin akses dalam database.


4. Profesi yang Memerlukan SQL

Karena SQL merupakan salah satu materi atau pembahasan yang perlu dipelajari dalam ilmu Data Science, maka dari itu terdapat beberapa jenis pekerjaan atau profesi data yang membutuhkan skill atau keahlian SQL. Berikut beberapa profesi data yang memerlukan skill SQL.


  • Data Scientist.

  • Data Engineer.

  • Business Analyst.

  • Database Administrator.

  • Quality Assurance Tester.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Belajar SQL Secara Mendalam Bersama DQLab

Pemahaman akan SQL menjadi suatu kewajiban ketika kalian sedang belajar Data Science, kalian membutuhkan tempat belajar yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. DQLab hadir untuk memenuhi kebutuhan kalian akan materi data disertai dengan pengajar yang merupakan praktisi data berpengalaman. Kalian bisa dengan mudah sign up di DQLab.id, lalu kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis. Ayo, jadi bagian dari DQLab.id dan miliki pemahaman tinggi akan SQL!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!