PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 4 Menit 18 Detik 

Kenali SQL Serta Penerapan Operator Left JOIN

Belajar Data Science di Rumah 18-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/313b8866d115b6a9aab620c13e0889f0_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan salah satu bagian penting dalam penelitian. Namun perlu diketahui bahwa biasanya peneliti mendapatkan data dari sumbernya tidak selalu bagus, akan tetapi ada kalanya data tidak lengkap, terdapat duplikasi, terpisah-pisah, tidak berstruktur, dll. Sebagai contoh adalah seorang peneliti mendapatkan data dalam bentuk tabel namun tidak lengkap pada bagian kolomnya. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan bahasa pemrograman SQL dimana salah satu fitur di dalamnya adalah Left Join SQL.


SQL merupakan bahasa pemrograman query yang digunakan untuk membantu mengelola atau mengakses data dalam basis relasional. Saat ini sebagian besar profesi yang berkaitan dengan data membutuhkan SQL, beberapa diantaranya adalah data scientist, database administrator, big data architect, quality assurance tester, data engineer, business analyst, dll. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali fungsi SQL, perintah dasar SQL dan Beberapa operasi pada SQL.


1. Fungsi SQL

Setiap bahasa pemrograman memiliki fungsi serta kegunaan masing-masing, begitu pula dengan SQL. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari SQL yaitu 1) dapat memanipulasi dan mengakses database 2) mengambil data yang dibutuhkan 3) menghapus sebuah data pada database 4) mampu mengakses query 5) mengatur hak akses user dalam tabel, prosedur, dan lain-lain. 

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Perintah dalam SQL

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi bahasa pemrograman SQL, selanjutnya kita perlu mengenali pula perintah apa saja yang ada di dalam SQL. Secara garis besar, SQL memiliki tiga perintah dasar, yaitu:

  1. Data Definition Language (DDL), digunakan untuk mendefinisikan data atau membuat struktur database

  2. Data Manipulation Language (DML), digunakan untuk memanipulasi data

  3. Data Control Language (DCL), mengatur hak apa saja yang dimiliki oleh pengguna

sql


3. Operasi JOIN

Dalam bahasa SQL, terdapat beberapa operasi yang dapat digunakan baik untuk memanipulasi database, salah satunya adalah Join. Operasi Join digunakan untuk menggabungkan tabel database relasional. Terdapat beberapa macam operasi join yang dapat digunakan yaitu Inner Join, Left Join, dan Right Join. 

SQL


4. Left Join

Left join merupakan salah satu bagian dari operator join. Fungsi dari left join adalah untuk menampilkan semua data bagian kiri pada tabel yang tidak berhubungan sedangkan data yang kosong akan bernilai NULL. Pada bagian ini kita akan mengenali contoh penerapan mulai dari syntax sampai outputnya menggunakan operasi Left Join pada dua tabel yang bernama ms_item_warna dan ms_item_kategori

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggabungan dua tabel merupakan salah satu ilmu dasar yang perlu kita pelajari dalam dunia database. Namun kalian semua jangan bingung ingin belajar SQL dimana. Salah satu solusinya adalah belajar di DQLab 


Belajar SQL di DQLab memiliki beberapa keunggulan seperti dapat belajar secara live code, tersedia berbagai macam modul dengan beberapa bahasa pemrograman yang berbeda, serta tersedia ebook yang dapat diakses dengan gratis sebagai referensi tambahan dalam belajar.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :