TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 19 Menit 29 Detik 

Kenali Sumber Data Primer untuk Market Research

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/26130f7c669474b39d99753592b6cae0_x_Thumbnail800.jpg

Sumber data primer merupakan tempat untuk mengambil data primer yang dikumpulkan secara khusus untuk tujuan atau penelitian tertentu. Langkah awal untuk menentukan sumber data primer yang akan digunakan adalah dengan mengidentifikasi populasi target terlebih dahulu. Data yang diambil dari sumber ini merupakan data mentah, asli, dan diambil langsung dari sumber resmi. Data primer dikumpulkan secara langsung dengan metode tertentu yang sesuai kebutuhan analisis. Proses pengumpulan data dari sumber data primer relatif sulit jika dibandingkan dengan data sekunder. Hal ini karena pengumpulan data primer dilakukan langsung dengan terjun ke lapangan sehingga membutuhkan banyak waktu, biaya, dan tenaga.

Salah satu tantangan utama data primer adalah harus ada kesesuaian antara jawaban yang kita inginkan dengan pertanyaan yang telah kita siapkan. Oleh karena itu, langkah pertama pengumpulan data primer dimulai dengan daftar pertanyaan atau jenis analisis yang ingin kita lakukan, salah satunya adalah market research. Data yang dibutuhkan harus dapat memberikan insight yang tepat mengenai pelanggan sehingga hasil analisis dapat digunakan untuk proses pengembangan produk atau ekspansi perusahaan. Pertanyaannya, dimana kita bisa menemukan sumber data primer untuk market research? Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan sumber-sumber data primer yang bisa kita gunakan untuk market research. Jadi tunggu apa lagi? Let"s get started!


1. Kuesioner

Metode pengumpulan data primer yang paling mudah dan paling banyak digunakan adalah dengan menyusun kuesioner yang berisi serangkaian pertanyaan yang kita perlukan. Kita bisa meminta waktu beberapa menit kepada pelanggan yang sedang berbelanja atau jika kita sudah mengenal pelanggan tersebut, kita bisa menghubunginya dan meminta waktu untuk mengisi kuesioner tersebut. Walaupun demikian, opsi pertama merupakan cara terbaik karena pelanggan akan memberikan feedback yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan akurasi market research.


Baca juga : Data Sekunder Adalah Jenis Data Penelitian yang Wajib Diketahui


2. Personal Interview

Personal interview pada dasarnya sama dengan kuesioner, yang membedakan adalah pada interview hasilnya akan bersifat subjektif dan kita dapat langsung mengidentifikasi analisis selanjutnya. Dari personal interview kita juga dapat mendapatkan feedback dari pelanggan. Sebagian besar perusahaan menggunakan personal interview untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan secara individual.


3. Kuesioner Melalui Email

Terkadang ada suatu hambatan yang menyebabkan personal interview sangat sulit dilakukan. Namun, ada teknologi lain yang bisa digunakan untuk mengirim kuesioner, yaitu surat elektronik atau biasa dikenal dengan email. Selain digunakan untuk mengirimkan kuesioner, email juga dapat digunakan sebagai media pengirim katalog ataupun promosi. Satu hal yang perlu diperhatikan saat mengirim kuesioner maupun promosi melalui email adalah pemilihan diksi yang tepat karena jika ada diksi yang dianggap spam, maka secara otomatis email yang kita kirimkan akan masuk ke kategori spam pada email dan kemungkinan besar tidak terbaca.


4. Polling Sosial Media

Cara super cepat untuk mengumpulkan data primer adalah dengan membuat polling di sosial media, seperti twitter, facebook, maupun instagram. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah menjangkau banyak orang dan mendapatkan data dengan sangat cepat. Dari polling ini kita bisa mendapatkan gambaran umum mengenai preferensi pelanggan, kualitas produk dan layanan, pelayanan perusahaan, dan lain sebagainya. Walaupun cara ini memiliki banyak kelebihan dan sangat kekinian, di sisi lain polling sosial media juga memiliki kelemahan, yaitu jika hasil polling negatif, publik akan mengetahuinya. Oleh karena itu, saat membuat polling di sosial media, kita harus perhatikan pertanyaan yang akan di-share ke sosial media.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder: Sumber-Sumber Data Sekunder


5. Belajar Mengolah Data Primer Bersama DQLab

Setelah berhasil mengumpulkan data, step selanjutnya adalah mengolah data primer tersebut hingga menghasilkan insight yang bermanfaat. Untuk mengolah data tersebut, perlu keahlian khusus karena ada berbagai metode dan tools untuk mengolahnya. Yuk belajar berbagai metode dan tools pengolahan data yang populer di dunia industri bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk bergabung bersama DQLab dan nikmati berbagai fasilitas belajar yang menarik seperti modul interaktif, challenge, video penjelasan singkat, hingga sharing session bersama data expert. Pilih berbagai paket belajar affordable sesuai minat kamu sebagai bekal menjajaki dunia data.



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!