[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 5 Menit 28 Detik 

Kenali Tahapan Teknik Pengolahan Data Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 28-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4ed2e72331654e707ecaa10cc1416461_x_Thumbnail800.png

Pada saat melakukan kegiatan penelitian tentunya kita melaksanakan beberapa tahapan seperti pengumpulan data, penentuan metode penelitian, pengolahan data penelitian, sampai penarikan kesimpulan. Semua rangkaian prosedur penelitian sama pentingnya. Namun, untuk mengetahui kesimpulan dari penelitian sangat memerlukan proses pengolahan data. Pengolahan data sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu pengolahan data kualitatif dan pengolahan data kuantitatif.


Pengolahan data kuantitatif dan kualitatif digunakan sesuai dengan jenis data yang digunakan. Data yang digunakan dalam penelitian secara umum terbagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Kesesuaian teknik pengolahan data dengan jenis data tentunya sangat penting. Karena jika teknik pengolahan data tidak sesuai dengan jenis data yang digunakan maka tidak akan memberikan kesimpulan yang dapat digunakan atau tidak sesuai dengan tujuan penelitian tersebut.


1. Pengertian Pengolahan Data Kualitatif

Sesuai dengan namanya, pengolahan data kualitatif merupakan teknik pengolahan data yang digunakan untuk data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang secara umum tidak dapat diolah secara numerik. Pada umumnya data kualitatif berbentuk narasi sehingga proses analisis yang dilakukan haruslah mendalam, spesifik serta memiliki dasar yang kuat. Biasanya data kualitatif dikumpulkan berdasarkan kejadian atau fenomena yang berpengaruh dalam suatu kelompok  atau komunitas. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan dalam data kualitatif perlu diterapkan teknik-teknik yang sesuai agar kesimpulan yang didapatkan sesuai dengan yang diinginkan.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Manfaat dan Tujuan Pengolahan Data

Pengolahan data atau biasa dikenal dengan analisis data memiliki beberapa manfaat dan peran penting dan mutlak dilakukan. Tujuan umum dari pengolahan data adalah agar data memiliki makna dan informasi sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Karena jika data tidak diolah maka tidak akan memberikan informasi atau makna yang dapat digunakan. Dengan kata lain, jika data tidak diolah atau dianalisis maka data tersebut akan sia-sia atau tidak berarti apa-apa. 


3. Langkah-langkah Pengolahan Data Kualitatif

Setiap jenis data baik data kuantitatif maupun data kualitatif memiliki teknik pengolahan data serta tahapan pengolahan data yang berbeda. Pada data kualitatif, tahapan dalam teknik pengolahan data kualitatif terdiri dari beberapa langkah, antara lain:

  1. Reduksi data, proses penyederhanaan, penggolongan serta pembuangan bagian data yang sekiranya tidak perlu digunakan dan tidak berpengaruh pada hasil analisis data

  2. Display data, penyajian data dengan cara menyusun data secara sistematis dan mudah dipahami

  3. Kesimpulan dan verifikasi, merupakan langkah akhir dari proses analisis data. Namun kesimpulan yang diambil dapat mengalami perubahan jika ditemukan bukti yang mendukung untuk tahap pengumpulan data berikutnya.


4. Contoh Teknik Pengolahan Data Kualitatif

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenali pengertian, tujuan serta tahapan dari teknik pengolahan data kualitatif. Lalu selanjutnya apakah kalian semua telah mengetahui apa saja contoh teknik pengolahan data kualitatif? Beberapa contoh teknik pengolahan data kualitatif yang sering digunakan antara lain seperti:

  1. Wawancara, proses tanya jawab untuk menghasilkan informasi dari narasumber

  2. Observasi, melakukan pengamatan untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai suatu kejadian

  3. Focus group discussion, diskusi bersama untuk membahas mengenai topik penelitian


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!

Analisis data merupakan proses dalam kegiatan penelitian yang sangat penting. Untuk melaksanakan proses analisis data itu kita memerlukan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan itu. Kita bisa mempelajarinya di DQLab . Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!