PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 37 Menit 53 Detik 

Kenali Tentang Analisis Statistik Secara Mendalam: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Penggunaan

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/383cc031f07128575d249efd0b9fdd32_x_Thumbnail800.png

Analisis statistik tidak akan bisa jauh-jauh dari kehidupan praktisi data, baik itu Data Analyst, Data Scientist, dan praktisi data lainnya. Jika berbicara tentang data, maka sudah pasti akan mengarah ke arah statistika dan analisis dengan menggunakan statistik. Jika dilihat lebih jauh, pengertian statistika sendiri merupakan ilmu yang digunakan untuk mengolah data dari awal hingga tahap akhir, yaitu mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, hingga mempresentasikan data tersebut.

Jenis data yang bisa diolah dengan statistik dapat terbagi menjadi dua kelompok, data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang berhubungan erat dengan angka, dimana variabel-variabel yang digunakan bisa diukur dengan angka. Sementara data kualitatif merupakan data yang berbentuk non angka dan akan sulit diubah menjadi angka. Data ini akan dibutuhkan untuk penelitian yang lebih mengutamakan kualitas. Meskipun penggunaan statistik dalam analisis kualitatif tidak begitu dominan seperti pada analisis kuantitatif, namun keduanya tetap membutuhkan statistik. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai statistik secara lengkap, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, serta jenisnya. Penasaran? Check this out!


1. Pengertian Analisis Statistik

Analisis statistik merupakan proses pengolahan data dari awal hingga akhir. Dalam penelitian, yang harus diperhatikan tidak hanya di pemilihan metode analisis, melainkan dari proses awal merencanakan berapa sampel yang akan diambil, pengujian kevalidan dan reliabilitas dari data, serta cara menyajikan hasil analisis juga harus diperhatikan. Menariknya, semua bagian dari analisis data tersebut membutuhkan sentuhan statistik.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Fungsi Statistik 

Ada beberapa fungsi dari statistik yang bisa dimanfaatkan oleh praktisi data, misalnya

  • Melihat serta mendeskripsikan berapa total populasi yang ingin diteliti.

  • Setelah mengetahui populasi, statistik juga akan berfungsi untuk menentukan jumlah sampel yang harus ada dalam penelitian.

  • Membuat hipotesis untuk suatu keadaan dan menguji hipotesis tersebut di data sampel

  • Mendapatkan estimasi untuk populasi dari hipotesis yang telah dibuat sebelumnya

  • Untuk  sebagai alat yang menyediakan suatu estimasi atau model tentang nilai yang tidak atau belum diketahui berdasarkan data yang diselidiki

  • Hasil estimasi akan dijadikan sebagai alat untuk menggeneralisasi serta untuk pembuatan kesimpulan bagi populasi.


3. Tujuan Statistik

Selain mengetahui fungsi, kita juga perlu mengetahui apa saja tujuan dari penggunaan statistik. Beberapa tujuannya adalah:

  • Statistik dalam kehidupan sehari-hari bertujuan untuk menyediakan bahan atau sumber dari berbagai hal untuk diolah dan diubah ke dalam bentuk informasi

  • Statistik dalam penelitian ilmiah akan digunakan untuk mencari kebenaran dari penemuan terbaru, apakah layak untuk dijadikan acuan untuk penelitian selanjutnya atau tidak

  • Penggunaan statistik dalam ilmu pengetahuan adalah untuk memahami cara menganalisis data kuantitatif hingga mendapatkan kesimpulan di dalam ilmu pengetahuan.


4. Jenis Statistik

Secara umum, statistik dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Analisis deskriptif merupakan salah satu jenis analisis statistika yang paling sederhana. Tujuan penggunaan analisis ini adalah untuk menggambarkan keadaan data yang dimiliki sehingga praktisi data bisa lebih memahami keadaan data yang akan diolah. Sementara analisis inferensial merupakan jenis analisis tingkat lanjut dari statistik deskriptif. Umumnya akan digunakan untuk membuat estimasi serta kesimpulan untuk populasi berdasarkan data sampel.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Statistika dan Data Science di DQLab, Yuk!

Software R merupakan software yang diciptakan khusus untuk statistikawan, dan banyak digunakan oleh Data Scientist. Sementara Python merupakan bahasa pemrograman yang jauh lebih fleksibel karena mampu digunakan untuk banyak hal, termasuk analisis data statistika. Ada banyak modul DQLab yang bisa kamu coba jika kamu belum pernah belajar tentang Data Science dan Statistika sama sekali. Selain modul premium nya, kamu juga bisa mencoba free modul, yaitu œIntroduction to Data Science with R dan "Introduction to Data science with Python. Tenang saja, bahasa yang digunakan di setiap modul yang ada, sangatlah bersahabat dengan para pemula yang tidak pernah belajar Data Science. Yuk, tunggu apa lagi, buruan sign up dan nikmati semua modulnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :