[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 33 Menit 46 Detik 

Kenali Tentang SQL dan MySQL yang Kerap Dianggap Sama

Belajar Data Science di Rumah 26-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8675c017c3e9b2a433811a9b294826b8_x_Thumbnail800.jpg

Data yang biasa digunakan untuk menjadi dasar pengambilan keputusan biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu data yang didapatkan dari sumber internal (dari perusahaan dan organisasi itu sendiri) dan dari sumber eksternal (data yang diambil dari luar sebagai bahan pelengkap). Untuk data yang berasal dari sumber internal, biasanya data tersebut akan disimpan di dalam sebuah database. Terutama jika perusahaan tersebut memiliki website dan juga aplikasi, database menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Salah satu manajemen sistem database yang sering digunakan adalah MySQL yang menggunakan bahasa query SQL. Namun tahukah kamu jika MySQL dan SQL sebenarnya adalah dua hal yang berbeda? Beberapa orang yang baru belajar tentang hal ini mungkin akan menganggap bahwa keduanya adalah hal yang sama. Agar tidak salah kaprah lagi, dalam artikel ini akan dibahas mengenai SQL dan MySQL secara singkat namun mendalam. Pensaran kan? Yuk, simak artikelnya!


1. Pengertian SQL

SQL merupakan bahasa pemrograman dalam bentuk query yang umum digunakan saat ini. Faktanya, bahasa ini bahkan dijadikan sebagai bahasa standar untuk mengakses database relational. SQL dirancang agar terdapat bahasa komunikasi yang standar dan seragam untuk berbagai produk sistem database - dari vendor-vendor yang berbeda. SQL yang merupakan singkatan dari Structured Query Language ini akan digunakan untuk mengambil data pada relational database atau yang terstruktur. Perkembangan teknologi akhirnya membuat SQL bisa digabungkan dengan beberapa bahasa pemrograman lainnya seperti R dan Python. Hal ini biasanya diperlukan jika ingin mengakses data yang berasal dari sumber eksternal.


Baca Juga: Yuk Cari Tahu Perbedaan Python, R, dan SQL


2. Bentuk Query SQL

Ada tiga query utama dari SQL yaitu Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), dan Data Control Language (DCL).

  • DDL merupakan query yang umum digunakan untuk mendefinisikan data di dalam database. Query yang termasuk ke dalam DDL adalah CREATE (digunakan untuk membuat database), DROP (menghapus database), dan ALTER (mengubah struktur tabel yang ada).

  • DML adalah query yang digunakan untuk memanipulasi data yang ada di dalam tabel. Query ini terdiri dari SELECT (memilih data di tabel), INSERT (Menambahkan data dalam tabel), DELETE (menghapus data di tabel), dan UPDATE (melakukan pembaruan pada tabel).

  • DCL mungkin akan jarang digunakan terutama bagi pemula di SQL. DCL ini berguna untuk memberikan hak akses database, mendefinisikan dan mengalokasikan space, serta melakukan audit penggunaan database. Query yang termasuk ke dalam DCL adalah GRANT, REVOKE, COMMIT, dan ROOLBACK.


3. Pengertian MySQL

MySQL sendiri merupakan salah satu server atau program database server yang menggunakan bahasa SQL sebagai bahasa standarnya dalam mengakses database relational. Database management system (DBMS) MySQL multi pengguna dan multi alur ini sudah dipakai lebih dari 6 juta pengguna di seluruh dunia. Memang jika dibandingkan dengan database server yang lain, MySQL memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Salah satu kelebihan utama yang ditawarkan adalah sifat open source nya, sehingga bisa digunakan untuk keperluan pribadi atau komersil tanpa harus membayar biaya lisensi.


4. Mengapa Harus Memilih MySQL?

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa MySQL bisa kamu jadikan sebagai program database server, yaitu:

  • Bisa melakukan integrasi dengan bahasa pemrograman lain

  • RAM yang dibutuhkan tidak begitu besar

  • Bisa digunakan oleh multi user

  • Struktur Tabelnya Fleksibel

  • Bersifat Open Source

  • Keamanan yang terjamin


Baca Juga: Mengenal Perbedaan Python, R dan SQL dalam Data Science


5. Tertarik Belajar SQL Lebih Lanjut? DQLab Bisa Menjadi Tempat yang Tepat

SQL termasuk bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para praktisi data. DQLab bisa menjadi pilihan tempat belajar SQL dan juga bahasa pemrograman lainnya seperti R dan Python. Ada banyak modul SQL yang disediakan oleh DQLab untuk member premium, dari level beginner hingga level advanced. Selain itu, DQLab juga sering mengadakan webinar yang bertemakan Data Science, dan biasanya akan gratis untuk membernya. Tunggu apa lagi, yuk daftar dirimu menjadi member DQLab sekarang juga dan nikmati berbagai fasilitasnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!