PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 37 Menit 1 Detik

Kenali Tiga Metode Analisis Data yang Populer

Belajar Data Science di Rumah 29-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a22c7e161d9edc17a66d5c459c0c7fc0_x_Thumbnail800.jpg

Pada saat melakukan penelitian baik itu penelitian kuantitatif maupun kualitatif tentunya kita akan menjumpai proses analisis data. Analisis data merupakan cara untuk mengolah data yang telah didapatkan untuk menghasilkan informasi atau mencapai tujuan penelitian sehingga dapat diambil kesimpulan. Tujuan dari analisis data adalah untuk mendeskripsikan data agar mudah dipahami lalu dibuat kesimpulan dan dapat dipresentasikan atau divisualisasikan kepada pengguna atau perusahaan.


Analisis data merupakan tahapan yang penting dalam suatu penelitian. Terdapat beberapa langkah dalam proses analisis data, antara lain tahap pengumpulan data, tahap editing, tahap koding, tahap tabulasi, tahap pengujian, tahap mendeskripsikan data serta tahap pengujian hipotesis. Dalam proses menganalisis data kita dapat menggunakan bermacam-macam metode. Pada artikel kali ini kita akan sedikit membahas metode analisis data yang cukup populer.


1. Analisis Deskriptif


Metode analisis deskriptif merupakan metode analisis yang dapat digunakan untuk mengolah data kuantitatif. Metode ini merupakan metode yang digunakan untuk mendeskripsikan data, bisa dalam bentuk rata-rata, median, modus dan lain-lain. Biasanya metode ini digunakan pada data bervolume besar. Serta pada umumnya metode ini digunakan untuk menyajikan data statistik yang mana prosesnya dideskripsikan terlebih dahulu kemudian diinterpretasikan.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Analisis Regresi


Analisis regresi merupakan metode analisis yang digunakan untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara satu variabel dengan variabel yang lain. Metode ini sedikit terbatas karena hanya dapat memuat satu variabel dependen tetapi kita bisa menggunakan variabel independen lebih dari satu. Metode ini dapat membantu melihat hal-hal yang dapat dioptimasi dengan melihat trend serta hubungan antar data.


3. Analisis Faktor


Analisis faktor merupakan metode yang digunakan untuk mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi. Analisis faktor merupakan teknik analisis yang berdasarkan dari data analisis regresi. Metode ini juga digunakan untuk menemukan struktur pokok dari kumpulan variabel-variabel. Analisis faktor menjadi metode yang cukup populer dalam mengelola data yang topiknya kompleks.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Mulai Karier
      sebagai Praktisi
      Data Bersama
      DQLab

      Daftar sekarang dan ambil langkah
      pertamamu untuk mengenal
      Data Science.

      Buat Akun


      Atau

      Sudah punya akun? Login