GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 38 Menit 59 Detik 

Kenali Tips Membangun Portofolio Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 17-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3d016609d29eeab0505487e115873188_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst saat ini menjadi profesi yang cukup menarik perhatian bagi berbagai kalangan. Seorang data analyst  bertanggung jawab dalam melakukan analisis serta riset dengan menggunakan tools tertentu. Data analyst saat ini dibutuhkan oleh beberapa pemilik bisnis baik dalam bidang makanan, pakaian, properti, dan lainnya. Salah satu hal yang dapat kita siapkan untuk menjadi data analyst profesional adalah portofolio data analyst. 


Menjadi seorang data analyst merupakan sebagian besar mimpi bagi orang-orang yang memiliki keterkaitan dalam bidang data. Untuk menekuni profesi yang berkaitan dengan data, kita memerlukan portofolio data. Portofolio data dapat dikatakan sebagai hasil kerja kita terhadap penyelesaian masalah yang sengaja kita buat dan kita tampilkan sebagai nilai plus ketika akan memasuki dunia kerja nantinya. Kira-kira, apa saja ya tips membangun portofolio data analyst yang menarik dan mudah dipahami? Yuk, intip tipsnya! 


1. Pelajari Skill dalam Mengerjakan Project

Ketika akan membangun portofolio data analyst, awal mulanya kita akan diberi suatu project yang berisikan kasus dan menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan. Dalam mengerjakan project, kita perlu mengenali istilah-istilah yang digunakan dalam mengerjakan portofolio, paham terhadap studi kasus dan tujuannya, serta kita diharapkan dapat mengemas hasil analisis serta menampilkannya dalam bentuk yang menarik, singkat, dan mudah dipahami oleh pembaca.

data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pahami Elemen dalam Portofolio

Portofolio merupakan salah satu bentuk hasil kerja seseorang dalam menganalisis data. Untuk membuat portofolio yang baik, alangkah baiknya kita mengerti struktur maupun elemen dasar dalam portofolio yang akan dibuat. Beberapa elemen dasar tersebut diantaranya adalah informasi dasar (nama lengkap, kontak, akun LinkedIn, email), riwayat pekerjaan (pengalaman bekerja), projects (hasil kerja suatu studi kasus yang angkat diangkat dalam portofolio), dan tautan link.

data analyst


3. Membuat Daftar Proyek

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa isi dari portofolio data analyst adalah suatu project. Untuk hasil yang lebih optimal dan efisien, sebaiknya pengguna dapat membuat daftar project apa saja yang akan ditampilkan dalam portofolio, seperti tugas-tugas yang akan dikerjakan, tipe data yang digunakan, memaparkan bidang industri dari proyekl. Dengan membuat daftar proyek serta menampilkannya secara berurutan dan rapi maka akan memberikan gambaran yang baik terkait portofolio yang dikerjakan.

data analyst


4. Memperhatikan Apa yang Akan Ditampilkan

Dalam membuat portofolio data analyst, selain mengerjakan proyek serta menampilkannya, adakalanya penulis ingin menonjolkan beberapa skill seperti komunikasi, kemampuan berkolaborasi, kompetensi teknis, kemampuan bernalar, keahlian dalam bidang data, motivasi, pengambilan inisiatif. Dengan mengetahui serta menampilkan hal-hal yang ingin ditonjolkan, maka akan dapat membuat recruiter melirik kita berdasarkan hal-hal tersebut.

data analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Portofolio data adalah salah satu nilai plus bagi seorang pelamar pekerjaan di mata recruiter. Membangun portofolio adalah salah satu bentuk tanda bukti bahwa seseorang pernah mengerjakan suatu proyek analisis data. Untuk pemula, membangun portofolio secara dasar dapat kita peroleh di DQLab


Di DQLab tersedia berbagai macam modul dengan beberapa bahasa pemrograman yang dapat diakses serta dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, tersedia pula ebook yang dapat diakses dengan gratis sebagai referensi tambahan dalam belajar.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!