Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kenali Tools Data Scientist Populer di Tahun 2023

Belajar Data Science di Rumah 27-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-02-2023-10-29-071838_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini sudah banyak tersedia media atau tools yang dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari. Tidak hanya untuk kegiatan keseharian saja, dalam dunia kerja pun banyak tools yang bisa digunakan, seperti tools data scientist.


Profesi data scientist umumnya berhadapan dengan big data yang mana kecil kemungkinannya untuk dianalisis dengan cara manual sehingga membutuhkan bantuan tools atau software tambahan.


Data scientist adalah profesi yang saat ini banyak diincar oleh para kaum milenial. Terdapat berbagai alasan mengapa profesi ini begitu diminati. Data scientist termasuk profesi yang dibutuhkan oleh berbagai bidang.


Namun saat ini ketersediaan data scientist masih terbilang belum mencukupi dengan kebutuhan yang ada. Gaji dan jenjang karir yang dijanjikan untuk profesi inipun cukup menggiurkan namun tergantung dari perusahaan masing-masing. 


1. Python

Bahasa python adalah suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang banyak digunakan untuk proses pengolahan data science. Bahasa python saat ini banyak digunakan para pemula yang ingin belajar data science dengan mudah.


Bahasa pemrograman ini dikenal memiliki sintaks yang mudah dipahami dan mudah. Bahasa python pun bersifat open source sehingga siapapun bisa menggunakannya dan cukup fleksibel untuk digunakan berbagai macam pekerjaan.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. SQL

Structured Query Language (SQL) merupakan salah satu tools yang umumnya digunakan untuk mengatasi permasalahan database. SQL ini termasuk ke dalam bahasa query yang memiliki banyak fungsi.


Beberapa diantaranya adalah dapat digunakan untuk membuat database, mengedit, menghapus, menggabungkan, memanipulasi, dan masih banyak lainnya. SQL juga bersifat open source serta mudah dipelajari terutama bagi para pemula.

Data Scientist


3. R

R adalah suatu bahasa pemrograman yang terkenal digunakan untuk proses analisis statistik dan pembuatan grafik. Bahasa pemrograman ini dirancang oleh Ross Ihaka dan robert Gentleman. Bahasa R  juga bisa memvisualisasikan data dari excel, csv maupun teks.


Selain itu kelebihan dari software R adalah memiliki IDE yang jelas sehingga ketika pengguna akan menggunakannya hanya perlu mengunduh RStudio maupun RGUI.

Data Scientist


4. Tableau

Tableau merupakan salah satu tools data science yang sering digunakan untuk proses visualisasi data. Dengan menggunakan bantuan tools data science maka memudahkan pengguna dalam memvisualisasikan hasil analisis data agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.


Tableau memiliki banyak kelebihan seperti banyaknya fitur yang menarik, pilihan visual yang interaktif, user friendly, mampu mengolah banyak sumber data, dashboard mobile friendly, serta terintegrasi dengan bahasa skrip.

Data Scientist




Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Penguasaan terhadap tools data scientist adalah suatu hal yang perlu dimiliki oleh data scientist. Seorang data scientist juga perlu mempelajari dasar-dasar tools data scienitist yangnentinya akan memudahkan -pekerjaannya.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login