MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 4 Menit 0 Detik 

Kenali Tugas dan Pekerjaan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 22-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/269e87fba30cab9777363814cb2fb6cc_x_Thumbnail800.png

Data scientist merupakan salah satu pekerjaan atau profesi yang sedang hits pada masa kini. Data scientist menjadi profesi yang banyak diminati mulai dari kalangan muda hingga dewasa. Bahkan pekerjaan data scientist ini tidak hanya diminati oleh orang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang Teknologi Informasi atau Matematika atau Statistika. Orang dari bidang pendidikan teknik pun berminat pada pekerjaan ini dan hal itu pun bisa dipelajari secara otodidak melalui kursus-kursus online maupun offline.


Data scientist merupakan sebuah profesi yang bertugas mengolah data dalam jumlah besar. Seiring dengan perkembangan teknologi masa kini yang mana internet berkembang dengan sangat cepat sehingga menghasilkan data yang sangat besar, maka pekerjaan data scientist menjadi pekerjaan yang sangat berperan penting. Dengan adanya seorang data scientist maka data-data yang tadinya hanya berupa data biasa dapat diolah sehingga menghasilkan informasi yang berguna bagi pengguna atau suatu perusahaan.


Kira-kira apa lagi ya tugas dan pekerjaan data scientist? Yuk, simak di artikel DQLab ini!


1. Pekerjaan Data Scientist


Data scientist merupakan sebuah pekerjaan yang bekerja dibalik kendali teknologi pengolahan data. Pekerjaan ini mengandalkan kemampuan analisis data seperti menggabungkan data dari berbagai sumber, membersihkan data, mengkonvert data, memilih algoritma yang cocok untuk data lalu menganalisis data sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat divisualisasikan sehingga dipahami oleh pembaca. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist


Menurut pengalaman Dave Holtz sebagai salah satu pakar dan praktisi data science, tugas data science adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan analisis data perusahaan. Analisis data disini dapat menggunakan beberapa software yang mendukung seperti query SQL, Microsoft Excel, SPSS atau yang memerlukan bahasa pemrograman seperti R atau Python.

  2. Penanggung jawab kualitas data perusahaan.

  3. Penelitian terkait data. Tugas ini biasanya dilakukan oleh seorang data scientist yang berada dalam perusahaan dengan produk berupa jasa analisis data atau analytical platform.


3. Jenjang Karir Data Scientist


Profesi data scientist yang semakin meningkat pun dapat memberikan jenjang karir yang menggiurkan pula. Namun hal ini kembali pada kebijakan perusahaan masing-masing. Setiap perusahaan memiliki skala jenjang karir yang berbeda-beda. Sebagai salah satu contoh jenjang karir data scientist di Indonesia adalah : data scientist > senior data scientist > principal data scientist > senior principal data scientist > assistant VP of data scientist > VP of data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar



4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!