[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 15 Menit 7 Detik 

Kenali Tugas Data Scientist, Profesi yang Diminati Berbagai Kalangan

Belajar Data Science di Rumah 08-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0cfa6e58963d84870fa0f802b9f6efb6_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist saat ini menjadi salah satu profesi yang diminati terutama oleh para kaum milenial. Data scientist merupakan seseorang yang berada di balik kecanggihan teknologi yang saat ini sering kita gunakan. Tugas data scientist secara umum antara lain bertanggung jawab terhadap data perusahaan baik untuk evaluasi, strategi pemasaran atau untuk penelitian. Data scientist perlu memiliki beberapa keterampilan pendukung yang menunjang performa pekerjaan mereka, seperti kemampuan analisis, bahasa pemrograman, matematika dan statistika, informasi bisnis, dan lainnya.


Profesi data scientist saat ini sangat menarik perhatian dari berbagai kalangan. Tidak heran jika ada beberapa orang pun memilih untuk alih profesi menjadi data scientist. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan profesi ini merupakan profesi terkini, bergaji fantastis, memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan serta masih sedikit yang benar-benar berminat walaupun sebenarnya sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan masa kini. Selanjutnya, yuk simak artikel berikut ini untuk mengenali beberapa tugas data scientist!


1. Melakukan Penelitian Data

Penelitian terhadap data merupakan salah satu tugas utama data scientist. Seorang data scientist perlu melakukan proses pengumpulan data dan kemudian meneliti data tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena ada kalanya data atau permasalahan yang diselesaikan oleh data scientist adalah permasalahan baru, sehingga untuk memahami dan menyelesaikan permasalah itu seorang data scientist perlu melakukan riset dan penelitian terhadap data. Setelah melakukan riset dan penelitian, data scientist akan dapat menentukan langkah selanjutnya untuk penyelesaian masalah.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Analisis Data

Analisis data adalah suatu proses mengolah data menjadi informasi yang mudah dipahami oleh pengguna. Proses analisis data ini memerlukan teknik-teknik yang sesuai dengan jenis data yang digunakan. Salah satu tugas data scientist adalah menganalisis data perusahaan untuk menjadi informasi yang berguna sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan suatu keputusan. Langkah-langkah analisis data antara lain 1) mengumpulkan data yang akan dianalisis; 2) seleksi dan editing, sebagai penentu data apa saja yang akan digunakan; 3) coding, sebagai identifikasi permasalahan; dan 4) penyajian data.

data scientist


3. Menggunakan Bantuan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan salah satu skill yang dibutuhkan oleh data scientist dan tentunya akan sangat membantu dalam proses analisis data. Bahasa pemrograman atau biasa disebut pula dengan bahasa komputer merupakan kumpulan kode yang berisikan perintah untuk dieksekusi oleh komputer. Saat ini sudah sangat banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh data scientist, beberapa diantaranya adalah bahasa Python, Java, C, C++, SQL, R, SAS, Scala, Matlab, Julia, JavaScript, dan masih banyak lainnya.

data scientist


4. Memberikan Saran atau Solusi

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan salah satu tugas data scientist adalah menganalisis data. Hasil analisis data yang telah dilakukan tersebut memiliki beberapa kegunaan seperti untuk mengetahui insight perusahaan, menentukan strategi marketing, mengetahui trend pasar, serta dapat digunakan sebagai saran atau solusi dari permasalahan yang ada dan relevan.  Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah dalam memberikan saran atau solusi, data scientist perlu mengemasnya dengan bahasa yang mudah dipahami terutama bagi orang yang masih awam terhadap dunia data.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Mulai Bergabung Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Data scientist merupakan salah satu profesi yang diminati para kaum milenial masa kini. Data scientist perlu menguasai ilmu dasar data science serta memiliki keterampilan bahasa pemrograman. Ilmu dasar data science serta penerapannya dapat kita pelajari di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dapat kita terapkan pada data sekunder lohh. Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!