Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Visualisasi Data Excel dengan Grafik

Belajar Data Science di Rumah 30-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/28975a64ed467602c5c25fbf7933389f_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian tahu? Selain disebut sebagai makhluk sosial, manusia disebut pula sebagai makhluk visual. Menurut Pusat Data Informasi Kementerian Kesehatan, otak manusia memproses gambar lebih cepat dibandingkan memproses teks. Oleh karena itu, seringkali kita jumpai pada saat proses presentasi sebagian besar orang lebih memilih menggunakan gambar dibandingkan teks. Terdapat beberapa cara menampilkan data agar mudah dipahami, salah satunya adalah dalam bentuk teks. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui cara membuat grafik di Excel.


Sebelum mengenali lebih jauh mengenai langkah membuat grafik di Excel, kita perlu mengetahui salah satu tools atau software yang dapat digunakan untuk visualisasi data, yaitu microsoft excel. Selain itu kita juga perlu mengetahui pengertian microsoft excel, pengertian grafik, pengertian dan manfaat visualisasi data. Setelah setidaknya kita telah mengetahui beberapa hal di atas, lalu kita mengetahui cara membuat grafik di excel untuk tampilan visualisasi data kita.


1. Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan program aplikasi spreadsheet yang menyediakan beberapa tools dan rumus-rumus untuk visualisasi data. Microsoft excel secara umum merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah data menggunakan bantuan fungsi-fungsi  dalam Microsoft Excel. Aplikasi ini umumnya digunakan untuk mengedit, meringkas, menganalisa data yang bersifat numerik. Microsoft Excel kini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, perekonomian, bisnis, dan lain-lain.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Visualisasi Data

Visualisasi data merupakan tampilan berupa grafis atau visual. Secara visual, jika kita melihat data dalam bentuk teks cenderung melelahkan, membosankan dan kurang tertarik, Sebaliknya jika kita melihat tampilan data yang dikemas dalam bentuk gambar atau grafik, kita cenderung lebih tertarik dan lebih memahaminya. Oleh karena itu, itulah salah satu pentingnya visualisasi data yaitu untuk memudahkan para pembaca dalam memahami penyajian data yang ada.


3. Visualisasi Data Menggunakan Grafik

Pada bagian sebelumnya kita telah mengetahui pengertian serta pentingnya visualisasi data. Visualisasi data bisa menggunakan berbagai macam perangkat atau software, seperti microsoft excel, tableau, plotly, finereport, dan masih banyak lainnya. Selain itu, visualisasi data juga dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti grafik, diagram batang, diagram lingkaran, video, infografis, foto, dan masih banyak lainnya


4. Cara Membuat Grafik di Excel

Pada bagian kali ini kita akan mengetahui langkah-langkah membuat grafik di excel, antara lain:

  1. membuka aplikasi microsoft excel lalu pilih ‘blank workbook’

  2. input data yang akan dijadikan grafik, lalu blok data

  3. pilih menu toolbar ‘insert’ lalu pilih ‘charts’ atau ‘grafik’

  4. pilih model grafik yang diinginkan

  5. grafik akan muncul dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Kembangkan Bakatmu Bersama DQLab !

Pada masa kini banyak orang yang berminat untuk berprofesi dalam bidang data, salah satunya data scientist. Profesi data scientist ini menjadi profesi terseksi di masa kini. Terdapat beberapa keahlian atau keterampilan yang dibutuhkan oleh data scientist. Kita dapat menerampilkan dan mengembangkan bakat ilmu data scientist bersama DQLab. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan muali mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!