[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 57 Menit 50 Detik 

Kenali VLOOKUP Excel, Salah Satu Function yang Sangat Powerfull

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/df203ecde58de62fad33b810e0df3c87_x_Thumbnail800.png

Perkembangan teknologi membuat data menjadi salah satu komponen penting dalam proses pengambilan keputusan. Microsoft Excel merupakan tools yang dapat digunakan dalam proses analisis data, mulai dari tahap membersihkan data hingga melakukan analisis sederhana. Banyaknya function yang disediakan serta pengguna yang diperbolehkan membuat rumusnya sendiri menjadi salah satu nilai tarik dari Excel. Contoh penggunaan Excel yang cukup sering digunakan adalah mencari data yang sama antara sumber data yang telah ada dengan data baru.

VLOOKUP merupakan salah satu function yang disediakan di Microsoft Excel. Saat ini, hampir semua orang dituntut untuk bisa mengoperasikan Excel, tidak hanya yang bekerja di bidang data. Paling sederhana, Microsoft Excel akan digunakan untuk membuat laporan pertanggung jawaban ke atasannya. Selain itu, mereka juga dituntut untuk menguasai berbagai function dasar yang ada di dalam Excel, misalnya VLOOKUP ini. Nah, sebelum membahas tentang penggunaan VLOOKUP, kenali dulu apa VLOOKUP itu, yuk!


1. Pengertian VLOOKUP

VLOOKUP merupakan salah satu function yang ada di dalam Excel, umumnya digunakan untuk untuk membantu penggunanya mencari data dengan menggunakan keyword tertentu. Keyword itu haruslah ada dalam data yang akan dijadikan sebagai sumber data. Umumnya penggunaan function ini digunakan jika jumlah data yang ada di sumber data sangatlah banyak, sehingga pengguna akan sulit untuk menemukan data yang dibutuhkannya jika harus dicari secara manual.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Dasar VLOOKUP

Function VLOOKUP sebenarnya sama saja dengan function lainnya, dimana pasti akan tersusun oleh rumus dasar. Adapun rumus dasar dari VLOOKUP ini adalah:

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Dimana,

  • lookup_value : data yang dijadikan kata kunci

  • table_array : data yang dijadikan sebagai sumber data

  • col_index_num: nomor urut kolom yang ingin diambil datanya

  • Range_lookup : berisi TRUE atau FALSE.

    3. Apa Perbedaannya dengan HLOOKUP?

    Lalu apa sih bedanya VLOOKUP dengan HLOOKUP? Jika dilihat dari segi penamaannya, kedua function ini terlihat sangat mirip, hanya dibedakan oleh huruf didepannya. Ternyata, huruf yang paling awal dari kedua function menunjukkan jenis data yang akan digunakan. Huruf V yang ada pada VLOOKUP menunjukkan data yang akan digunakan berbentuk vertikal, sementara huruf H yang ada pada HLOOKUP menunjukkan bahwa data yang akan digunakan berbentuk horizontal. Kedua function itu tidak akan dapat memproses perintah jika posisi datanya tidak sesuai ketentuan tersebut.


    4. Contoh Penggunaan VLOOKUP

    Penggunaan VLOOKUP terbilang cukup mudah, kita cukup mengikuti urutan dari rumus dasar yang telah ada. Misalkan kita diminta untuk mencari kode pekerjaan dari beberapa karyawan di sebuah perusahaan. Data kode pekerjaan dengan nama pekerjaannya akan kita jadikan sebagai sumber data. Berikut adalah tampilannya.

    Untuk menggunakan VLOOKUP, kita bisa memasukkan rumus berikut:

    Kita menggunakan FALSE, karena yang ingin dicari adalah data yang sama persis dengan sumber data. Umumnya penggunaan TRUE lebih cocok digunakan untuk angka yang ada dalam range tertentu namun di sumber datanya tidak dituliskan range pastinya. Jika TRUE digunakan untuk data yang berbentuk string seperti ini, maka hasilnya akan terlihat aneh dan tidak cocok.

    Jika diperhatikan, ketika menggunakan TRUE, maka posisi Content Writer tidak diberikan kode pekerjaan yang sesuai dengan miliknya, melainkan milik dari Business Analyst.


    Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


    5. Tertarik untuk Belajar Excel Lebih Lanjut? 

    Seru kan belajar Excel? Selain VLOOKUP, ada banyak function Excel lainnya yang bisa kamu pelajari di DQLab, loh. Caranya gampang banget, kamu cukup membeli modul platinum yang ada. Kamu bisa mulai belajar Excel dari level dasar hingga ke level yang cukup rumit. Keuntungan jika kamu membeli modul platinum di DQLab, kamu bisa mengakses modul tersebut secara unlimited. Nah, tunggu apalagi? Yuk buruan daftarkan akun mu dan mulai belajar Excel!



    Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!