MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 57 Menit 13 Detik 

Kenali Web Scraping, Salah Satu Teknik Pengumpulan Data Sekunder!

Belajar Data Science di Rumah 03-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b3be81aec9b5713418b52f0cfa3dba77_x_Thumbnail800.png

Teknik pengumpulan data sekunder memang mulai banyak dilirik. Selain karena disebabkan oleh pengambilan data primer yang memakan lebih banyak waktu, biaya, dan tenaga, data sekunder juga dapat digunakan untuk menguji dan memperbaiki hasil penelitian sebelumnya. Ada banyak website resmi yang menyediakan data sekunder dan membolehkan masyarakat umum untuk menggunakannya, seperti BPS.

Sama seperti proses pengumpulan data primer yang memiliki beberapa teknik, data sekunder juga demikian. Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah web scraping. Teknik ini akan sangat berguna jika data yang ingin diambil berjumlah sangat banyak atau bisa dikatakan sebagai big data. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai teknik web scraping lebih lanjut, mulai dari pengertian, cara kerja, dan alasan mengapa web scraping menjadi cukup penting untuk dikuasai di era ini. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Pengertian Web Scraping

Web scraping merupakan proses pengumpulan data dan informasi yang ada dalam sebuah website secara otomatis dan spesifik. Dikatakan spesifik karena data yang diambil hanya di bagian tertentu saja sesuai dengan kebutuhan. Umumnya halaman web yang bisa dilakukan scraping merupakan halaman web yang dibuat dalam bahasa markup XHTML atau HTML. Untuk melakukan web scraping ini bisa menggunakan bahasa pemrograman Python, namun ada juga add-ins di google chrome yang bisa di instal untuk melakukan scraping.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data

2. Cara Kerja Web Scraping

Cara kerja dari web scraping dapat dibagi menjadi empat langkah, yang pertama adalah membuat program yang akan digunakan untuk mempelajari dokumen HTML yang ada di website yang dijadikan tujuan untuk diambil datanya. Langkah kedua merupakan proses pembuatan program yang digunakan untuk mempelajari teknik navigasi pada website tersebut, sehingga kita dapat mengaplikasikannya pada aplikasi web scraper yang dibuat. Langkah selanjutnya adalah proses pengambilan data secara otomatis dari website yang telah ditentukan, langkah ini baru bisa dilakukan ketika langkah pertama dan kedua telah berhasil. Dan yang terakhir, menyimpan data yang didapatkan dalam database.

3. Mengapa Web Scraping Penting?

Teknik web scraping dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam proses mengumpulkan data. Kita tidak perlu lagi melakukan survey untuk hal-hal yang sudah ada di website, contohnya kepuasan pelanggan. Kita cukup men-scraping data yang ada di website tersebut. Perkembangan big data juga sangat mendukung penggunaan web scraping, karena semua data yang berukuran besar dan bervariasi tersebut dapat ditarik secara otomatis. Namun sayangnya, untuk melakukan web scraping tidak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan kemampuan tingkat tinggi di bidang pemrograman untuk melakukannya.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Gifa Delyani

    Editor : Annissawd


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!