FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 44 Menit 36 Detik 

Kenapa Perlu Python untuk Data Science?

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dd2e93ef96283adfd31cb0eb63f8521c_x_Thumbnail800.png

Data science saat ini menjadi salah satu ilmu unggulan yang diperlukan perusahaan-perusahaan maupun instansi. Data science berperan penting dalam keseharian baik itu dalam hal pemasaran, komunikasi, prediksi dll. Data science bukanlah ilmu yang berdiri secara tunggal, melainkan gabungan dari beberapa bidang seperti ilmu logika, statistika, sistem informasi, dan perlu memiliki kemampuan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman dari tahun ke tahun semakin banyak dan berkembang, salah satunya adalah python untuk data science.


Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang interpretatif dan telah diterapkan oleh berbagai perusahaan besar seperti Netflix, Google, YouTube, Spotify, dll. Python saat ini telah digunakan di seluruh dunia untuk berbagai keperluan seperti mengembangkan web, membuat aplikasi, algoritma data science, dll. Bahkan para data scientist sekarang sering pula menggunakan data science dikarenakan pengkodean dalam Python cukup ringkas. Kira-kira apa saja alasan mengapa python diperlukan untuk data science?


1. Mudah Dipelajari

Bahasa python dikenal dengan bahasa pemrograman yang sederhana namun memiliki banyak fungsi. Selain itu python juga mudah dipelajari terutama bagi para pemula data science. Dengan menggunakan python program yang dibuat akan lebih ringkas, jelas dan mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Tentunya hal ini akan dapat memudahkan proses automisasi dan penerapan algoritma machine learning yang akan kita gunakan. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Bahasa Pemrograman Populer

Bahasa python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ditujukan untuk general-purpose programming. Bahasa ini sangat populer di kalangan praktisi data. Hal ini dikarenakan beberapa alasan seperti aplikasi yang bersifat open source sehingga tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakannya, mendukung Internet of Things dengan baik, dapat digunakan di berbagai sistem operasi serta bahasa pemrograman yang dirasa cukup mudah dan ringan untuk digunakan.


3. Memiliki Banyak Library

Selain dua hal yang telah dijelaskan sebelumnya, alasan lain agar kita menggunakan python adalah tersedia berbagai library yang dapat membantu memudahkan pekerjaan kita. Python memiliki lebih dari 140.000 library yang telah dikembangkan sehingga dapat kita gunakan semaksimal mungkin. Beberapa library dalam python yang digunakan untuk data science antara lain seperti Matplotlib, Pandas, Numpy, Tensorflow, Pandas, Scikit-Learn, dan masih banyak lainnya yang tentunya memiliki tugas dan fungsi masing-masing.


4. Memiliki Komunitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa bahasa python sudah populer di kalangan praktisi data. Kepopuleran inilah menjadi salah satu alasan munculnya komunitas sesama pengguna python. Dalam suatu komunitas tersebut kita dapat saling berbagi jika memerlukan bantuan atau bertanya materi maupun sintaks python jika ada yang belum dipahami. Para anggota dalam komunitas tersebut pun akan dapat senang membantu orang baru maupun lama yang semangat belajar bahasa pemrograman python untuk data science.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Pelajari Data Science Mulai Sekarang

Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data yang terdiri dari berbagai macam bidang ilmu seperti matematika, statistika, sistem informasi, bahasa pemrograman dan lain-lain. Dengan mempelajari data science, seseorang dapat berprofesi menjadi data analyst, data  scientist, data engineer, dll. Untuk belajar data science kita dapat memperolehnya dimana saja, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online di DQLab . Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab. Selain itu kita juga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :