TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 12 Jam 43 Menit 11 Detik

Kepoin 4 Fungsi Teknik Analisis Data Terupdae Yuk

Belajar Data Science di Rumah 19-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c37dbe0352de141eb10b549b463f36f5_x_Thumbnail800.jpeg

Pada era industri 4.0 ini sudah banyak bahkan hampir semua bisnis dan perusahaan menggunakan data untuk mengoptimalkan perusahaan mereka menjadi lebih baik dan memberikan sebuah peluang bisnis yang pastinya sangat positif. Inilah yang menyebabkan banyak perusahaan menerapkan data-driven. Data-driven sendiri akan memiliki dampak yang cukup serius bagi perusahaan, karena jumlah volume data yang semakin hari-semakin banyak dan bertambah. Maka dari itu dibutuhkan teknik analisis data yang tepat dan akurat agar data bisa digunakan dengan baik.


Definisi dari teknik analisis data itu sendiri adalah sebuah cara yang diterapkan untuk mengolah suatu kumpulan data yang disesuaikan dengan karakteristiknya. Jadi ketika kita memiliki jenis data kuantitatif, maka kita bisa menggunakan teknik analisis data kuantitatif, begitu pula dengan jenis tipe data lainnya. Dengan penggunaan teknik analisis data yang tepat pastinya akan menghasilkan informasi yang berdampak besar pada bisnis perusahaan. Tidak jarang banyak yang belum mengetahu apa saja fungsi dari teknik analisis data ini, maka dari itu disini kita akan mengupas tuntas apa fungsi dari teknik analisis data. Simak artikel di bawah ini ya !


1. Membuat Sebuah Solusi dari Suatu Masalah

Nah salah satu fungsi dari teknik analisis data adalah sebagai alat untuk membuatkan sebuah solusi dari sebuah masalah ketika kita sedang menjalankan sebuah bisnis. Jadi dengan menggunakan teknik analisis data kita dapat mengolah data mentah menjadi sebuah informasi yang sangat berguna bagi masa depan bisnis. Nantinya hasil dari analisis data yang kita lakukan akan digunakan untuk bahan pertimbangan dalam membuat sebuah keputusan maupun sebagai alat bantu dalam menemukan solusi dari suatu permaslahan yang ada di perusahaan. Teknik analisis data dapat memungkinkan beberapa hal yang dapat berguna bagi perusahaan yaitu bisa menjadi lebih efektif dalam memaksimalkan strategi pemasaran dan juga efisien dalam mengeluarkan biayanya.


Baca juga : Implementasi Teknik Analisis Data Paling Dibutuhkan


2. Sebagai Alat Pembuat Keputusan

Selanjutnya fungsi dari teknik analisis data ini adalah sebagai alat pembuat sebuah keputusan dalam bisnis. Sebelumnya kita membahas solusi dari sebuah masalah, nah sekarang kita akan membahas teknik analisis data berfungsi untuk membuat keputusan dari hasil solusi tadi. Jadi analisis data ini memiliki peran yang penting yaitu sebagai alat bantu dalam fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating dan juga controlling. Dengan adanya analisis data ini perusahaan dapat dengan mudah membuat sebuah keputusan bisnis secara tepat dan juga akurat. 


3. Untuk Mengevaluasi Bisnis

Fungsi berikutnya adalah teknik analisis berfungsi untuk mengevaluasi sebuah bisnis, jadi analisis data ini dapat memperbaiki kualitas dari bisnis yang kita jalankan, baik dalam hal produk, promosi, ataupun layan kepada para konsumen kita. Dengan adanya analisis data ini kita bisa mendapatkan banyak hal ataupun banyak sekali view dari aspek mengenai konsumen dan juga kita dapat memahami apa kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen, platform apa saja yang digunakan oleh kebanyakan konsumen, bagaimana ketertarikan dari konsumen, dan lain sebagainya. Hasil jangka panjang dari itu semua pastinya akan mendorong kesuksesan strategi marketing kita dan membantu kita dalam mengidentifikasikan konsumen potensial yang baru.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


4. Berfungsi untuk Membuat Perencanaan Bisnis

Dengan adanya analisis data perusahaan menjadi lebih mudah dalam membuat perencanaan bisnis. Teknik analisis data membantu perusahaan dalam hal perencanaan dan memberikan informasi yang tepat untuk membuat prediksi berdasarkan trend yang ada di masa lalu dan juga kondisi di saat ini. Beberapa hal yang ada di masa lalu akan tersimpan dengan rapi dalam database dan bisa dijadikan sebagai sumber data untuk dapat dianalisis. Nah pembelajaran yang lalu pastinya akan membantu perkembangan yang ada dimasa depan dan memudahkan perencanaannya.


Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :