PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 43 Menit 3 Detik

Ketahui 4 Tujuan Teknik Analisis Data Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/74c388316278381e327b22f36e8e77ec_x_Thumbnail800.jpeg

Analisis data adalah teknik yang biasa dipelajari dan dikuasi oleh para praktisi data. Teknik analisis data ini juga salah satu teknologi yang perkembangannya cukup pesat, yang membuat teknik ini sangat begitu penting. Dengan adanya teknik analisis data ini, memungkinkan perusahaan-perusahaan besar maupun kecil dapat meningkatkan kualitas, kecepatan, dan juga efisiensinya dalam hal bisnis maupun dalam hal pekerjaan. 


Dengan perusahaan yang ideal pastinya menggunakan banyak data yang dihasilkan untuk bisa mendapatkan sebuah value dari data tersebut dan dapat membuatkan sebuah keputusan bisnis yang memiliki dampak baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Nah salah satu tujuan dari teknik analisis data ini adalah untuk mendapatkan sebuah keputusan yang bisa berguna bagi perusahaan dalam hal perkembangan dari perusahaannya tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa-apa saja tujuan dari teknik analisis data tersebut!


1. Pengambilan Keputusan yang Baik

Tujuan dari teknik analisis data adalah mengambil sebuah keputusan yang baik dan benar. Jadi dengan menghilangkan tugas menebak dan manual perusahaan dapat menggunakan analisis data untuk pengambilan keputusan secara tepat dan juga akurat. Baik dalam mengambil keputusan untuk membuat sebuah konten atau kampanye pemasaran yang tepat atau bisa dalam hal mengembangkan produk yang sudah ada. Perusahaan akan mendapatkan sebuah masukan yang mereka peroleh dari penggunaan teknik analisis data untuk membuat keputusan yang tepat. Dengan adanya hal ini perusahaan akan memperoleh hasil yang lebih baik dan kepuasan pelanggan.


Baca juga : Implementasi Teknik Analisis Data di Bidang Data


2. Untuk Mengolah Data Menjadi Informasi

Selanjutnya teknik analisis data juga memiliki tujuan untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi yang berguna. Jadi data mentah yang dikumpulkan sebelumnya nantinya akan diolah dan dijadikan sebuah informasi terbaru yang lebih akurat dan juga tepat. Dengan adanya proses mengolah data yang membuat data tersebut dapat dipahami dan juga lebih bermanfaat bagi para user atau untuk perusahaan dalam menemukan sebuah solusi dalam permasalahan maupun dalam hal pengambilan kesimpulan.


3. Pemasaran yang Efektif

Teknik analisis data juga bertujuan agar perusahaan dapat memasarkan produk mereka dengan cara yang lebih efektif. Jadi perusahaan bisa mendapatkan insight yang cukup berharga. Teknik analisis data juga dapat membantu dalam hal mengevaluasi beberapa hal yang kurang dari campaign atau kampanye yang dilakukan di pasar dan menyusun sebuah planning marketing yang lebih baik untuk mendapatkan sebuah hasil yang optimal. Selain hal itu juga, perusahaan dapat menemukan calon konsumen mereka yang memiliki kemungkinan besar dapat berinteraksi dengan kampanye yang sudah dilakukan oleh perusahaan di pasar dan juga terkonversi menjadi sebuah prospek.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


4. Membantu Mengidentifikasi Sebuah Masalah

Teknik analisis data juga bisa membantu dalam hal mengidentifikasikan sebuah masalah. Pastinya dalam sebuah pencarian informasi pastinya kita mendapati sebuah masalah. Maka dari itu analisis data dapat membantu kita dan juga perusahaan mengidentifikasikan masalahnya dan membuat sebuah kesimpulan dari masalah yang ditemui. Dalam hal ini masalah yang diangkat juga harus bisa mendalam dan memang benar-benar menggambarkan kalau masalah ini harus segera diselesaikan secepat mungkin. Karena ada beberapa masalah yang menjadi concern dalam penelitian atau pencarian informasi bagi perusahaan.


Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!






Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login