Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ketahui Fungsi Microsoft Excel, Software yang Populer untuk Mengolah Data

Belajar Data Science di Rumah 06-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0cbabf36c14d536ffbcb81d4ebe69f05_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah software pengolah data angka yang termasuk dalam paket Microsoft Office seperti Word dan PowerPoint. Microsoft Excel populer digunakan sehari-hari oleh praktisi data di tingkat perusahaan maupun UKM. Tidak hanya digunakan oleh praktisi data, Microsoft Excel juga sering digunakan oleh umum untuk menginput data sederhana agar lebih rapi misalnya data nilai siswa, membuat jadwal mingguan, input stok barang, input data transaksi, dan sebagainya.


Microsoft Excel juga merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai praktisi data. Beberapa perusahaan yang membutuhkan seorang praktisi data seperti data analyst harus mampu mengoperasikan Excel. Microsoft Excel banyak digunakan karena memiliki banyak fitur dan fungsi yang memudahkan pengolahan data numerik dan aktivitas lainnya. Selain itu, Excel juga mudah dipahami dan dipelajari. Kita bisa mempelajarinya dari berbagai sumber online maupun dari buku-buku. Nah, artikel kali ini kita akan membahas apa saja fungsi Microsoft Excel, software pengolah angka yang populer ini. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Mengolah Data Numerik

Perusahaan-perusahaan menggunakan Excel untuk mengolah data numerik seperti menginput dan mengorganisir data perusahaan, mencari nilai rata-rata, median, maksimum, dan minimum, dan sebagainya. Excel memudahkan melakukan perhitungan dasar maupun statistik dengan menyediakan berbagai fungsi seperti SUM untuk menjumlahkan seluruh data, MIN untuk mencari nilai minimum, MAX untuk mencari nilai maksimum, AVG untuk mencari rata-rata, IF untuk rumus logika, MATCH untuk menampilkan posisi suatu alamat sel dalam kumpulan data, HLOOKUP, VLOOKUP, dan masih banyak lainnya. Fungsi-fungsi ini bisa digunakan untuk menghitung gaji karyawan berdasarkan golongan, menghitung laba dan kerugian perusahaan, dan lain sebagainya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Membuat Visualisasi Data

Membuat visualisasi data merupakan bagian dari proses pengolahan data yang biasanya dibuat dalam bentuk grafik. Meskipun fungsi utama Excel untuk mengolah data angka, Excel juga menyediakan fitur untuk visualisasi data dengan berbagai macam bentuk grafik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Beberapa bentuk grafik yang tersedia di Excel yaitu antara lain line chart, column chart, bar chart, pie chart, area chart, bubble chart, dan sebagainya. Grafik ini dapat dikustomisasi seperti merubah warna grafik, menambahkan legend, judul, dan label. Grafik akan membuat tampilan data lebih menarik dan mudah dipahami.


3. Membuat Laporan yang Interaktif

Fitur Power View di Excel pada dasarnya sama dengan membuat grafik hanya saja dalam bentuk yang lebih interaktif. Model data tabular dan multidimensional dapat ditampilkan menggunakan Power View. Kita dapat mengeksplorasi, membuat visualisasi, dan mempresentasikan data dalam bentuk yang interaktif. Tidak semua dapat memahami data dalam bentuk mentah seperti tabel, sehingga pembuatan laporan yang interaktif dapat memudahkan orang lain untuk memahami data yang sudah diolah. Tim lain di perusahaan yang membutuhkan data tersebut akan lebih mudah menarik kesimpulan dan mengevaluasi strategi bisnis perusahaan.


4. Analisis Data

Istilah data analysis saat ini tidaklah asing. Banyak media dan komunitas yang membahas mengenai data analysis. Banyak tools-tools yang dapat digunakan untuk data analysis salah satunya yaitu Excel. Fitur untuk data analysis di Excel adalah analysis Toolpak merupakan fitur add-ins, jadi harus ditambahkan dahulu ke dalam Excel sebelum digunakan. Kita dapat melakukan data analysis dengan berbagai metode yang disediakan seperti Anova, correlation, covariance, descriptive statistics, exponential smoothing, rank and percentile, dan regression. Metode-metode data analysis ini dapat digunakan sesuai dengan permasalahan yang ingin diselesaikan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel Lebih Dalam bersama DQLab, Yuk!

Belajar Excel banyak memberikan banyak manfaat tidak hanya yang ingin bekerja di bidang data, tapi juga profesi atau orang umum yang butuh software untuk mengorganisir datanya. Fungsi dan fitur yang ditawarkan Excel sudah cukup lengkap untuk memudahkan pengolahan data. Excel juga dapat dihubungkan dengan software lainnya seperti Power BI untuk membuat visualisasi data. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai belajar Excel dari tingkat basic hingga advanced bareng DQLab dengan mentor-mentor profesional! Caranya mudah, daftar di DQLab dan pilih paket platinum untuk mulai belajar Excel.




Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!