DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 23 Menit 26 Detik 

Ketahui Kriteria dalam Pengumpulan Data Sekunder

Belajar Data Science di Rumah 28-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e5c14affb9f568d879516050655631ff_x_Thumbnail800.jpg

Pengumpulan data merupakan tahapan dalam proses penelitian yang sangat penting. Karena hanya dengan mendapatkan data yang tepat maka proses penelitian akan berlangsung sampai peneliti mendapatkan jawaban dari rumusan masalah yang sudah ditetapkan. Data yang kita cari harus sesuai dengan tujuan penelitian. Dengan teknik sampling yang benar, kita sudah mendapatkan strategi dan  prosedur yang akan kita gunakan dalam mencari data di lapangan. Data sekunder ini biasanya digunakan sebagai pendukung data untuk pengumpulan informasi data primer yang telah diperoleh. Data sekunder dapat diperoleh melalui buku-buku, arsip, laporan, publikasi dari pemerintah/swasta, hasil sensus, jurnal, dan lain-lain baik yang telah dipublikasikan maupun yang belum dipublikasikan. Sebagai seorang peneliti baik peneliti pemula maupun profesional, perlu memperhatikan bagaimana teknik-teknik pengumpulan data sekunder. Hal ini dikarenakan sumber data yang diperoleh akan menentukan kualitas penelitian yang kita lakukan.


Pengumpulan data merupakan salah satu tahapan penting dalam kegiatan penelitian dan dilakukan setelah peneliti selesai membuat desain penelitian sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Pengambilan data primer dalam survei menggunakan kuesioner. Secara teori proses pengambilan data memegang peranan penting dalam menentukan validitas hasil penelitian. Oleh karena itu, dalam teori validitas, hasil riset tidak akan mempunyai validitas tinggi, jika peneliti melakukan kesalahan dalam pengambilan data yang secara teknik disebut data collection error. Kesalahan dalam pengambilan data primer akan berakibat secara langsung dalam hasil analisa yang tidak sesuai dengan masalah yang akan dijawab sehingga hasil studi akan menghasilkan kesimpulan yang salah. Sedangkan, data sekunder memiliki keunikan karena pengumpulan datanya yang mudah didapatkan. Dengan pengumpulan datanya yang terbilang mudah, perlu memenuhi kriteria-kriteria untuk mendapatkan data sekunder yang dapat menjawab permasalahan dalam penelitian yang akan dilakukan. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas terkait kriteria-kriteria yang perlu dipenuhi untuk pengumpulan data sekunder. Bagi kalian para pemula data tentunya artikel ini wajib untuk disimak dan diketahui sama-sama. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1.Currency

Perhatikan waktu penghimpunan data. Apakah data masih bisa digunakan berdasarkan rentang batasan waktu. Biasanya data sekunder terkadang ada yang berbatas waktu dan ada yang satu waktu tertentu. Pengumpulan data sekunder ini perlu diperhatikan karena terkadang pula ada penyedia data yang tidak menyediakan data pada waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu, perlu dipastikan kembali untuk ketersediaan datanya. Misalnya ketika seorang peneliti ingin meneliti tentang kecenderungan harga suatu produk atau komoditas maka perlu diperhatikan rentang waktu analisis dan data harga runtut waktu secara periode. Apakah setahun, lima tahun, sepuluh tahun dan seterusnya.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2.Dependability/Credibility

Kredibilitas data adalah upaya peneliti untuk menjamin bahwa data yang dikumpulkan peneliti mengandung nilai kebenaran, baik bagi pembaca pada umumnya maupun subyek penelitian. Kredibilitas (credibility) menggambarkan tingkat kepercayaan terhadap penelitian terutama terhadap data dan informasi yang diperoleh. Pastikan data yang diperoleh peneliti akurat, kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan untuk pengumpulan datanya. Pastikan selalu cek dan recheck website atau situs penyedia data yang ingin kamu kumpulkan datanya. Hindari juga data yang tidak valid dan tidak kredibel.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


3.Spesifikasi dan Error pada Data 

Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan melalui lembaga penyedia pengumpulan data dan dipublikasikan kepada masyarakat pengguna data. Penggunaan data sekunder terbilang mudah tetapi hati-hati dengan kata mudah ya sahabat data. Hal ini dikarenakan pengambilan data melalui sumber data yang tersedia perlu tinjauan lebih dalam agar terhindar dari error maupun missing value pada data. Kemudian, perlu diperhatikan juga mengenai satuan pengukuran atau konversi dalam pengukuran variabel yang akan diteliti. Pada akhirnya, nantinya hasil pengujiannya akan berhasil dan valid.


4. Belajar Data Sekunder bersama DQLab Yuk!                               

Mulai belajardata sciencebersama DQLab yuk dengan signup sekarang dan nikmati module gratis introduction to data science! Kamu bisa implementasikan teknik data sekunder dengan mempelajari ilmu data science. Yuk gunakan Kode Voucher "DQTRIAL" untuk nikmati belajar gratis bersama DQLab dan mencoba module Premium Excel. Simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Reyvan Maulid

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!