[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 3 Menit 52 Detik 

Ketahui Metode Analisis Data Kualitatif untuk Berbagai Sektor Industri

Belajar Data Science di Rumah 31-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/91d2c81259fbf2a85868312d4ccaf388_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data kualitatif atau dalam bahasa inggris dikenal dengan qualitative data analysis adalah proses dan prosedur untuk menganalisis data untuk menghasilkan pemahaman, insight, penjelasan, dan interpretasi dalam data tekstual. Qualitative data analysis atau disingkat dengan QDA ini tidak menggunakan data angka, melainkan menggunakan data yang terdiri dari kata-kata, huruf, gambar, pengamatan, dan lain sebagainya. Sesuai namanya, analisis ini menggunakan data kualitatif yang berisi informasi mengenai ide, pendapat, nilai, dan perilaku individu. Data ini merupakan jenis data non numerik, seperti transkrip wawancara, catatan, rekaman video dan audio, gambar, dan dokumen teks.

Analisis Data Kualitatif diuraikan sebagai metode untuk mencari dan menyusun data secara konsisten melalui catatan wawancara, observasi, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu peristiwa. Proses analisis data kualitatif sebagian besar melibatkan penulisan dan pengkategorian informasi, diikuti oleh pola-pola penting yang terbentuk, dan menggambarkan pengetahuan yang bermanfaat. Analisis data kualitatif digunakan di berbagai bidang dan sektor industri. Penasaran apa saja metode dalam analisis data kualitatif? Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan metode-metode tersebut. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Grounded Theory Analysis

Grounded Theory Analysis adalah metode dan pendekatan untuk menghasilkan sebuah teori melalui pengumpulan dan analisis data. Teori tersebut menjelaskan bagaimana suatu peristiwa atau faktor yang mempengaruhi suatu kejadian terjadi. Metode ini merupakan salah satu metode paling populer untuk menyusun teori abstrak dalam sebuah penelitian. Aspek penting yang membedakan metode ini dengan metode analisis data kualitatif yang lain adalah fokus metode ini ada pada pengembangan teori.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Content Analysis

Content Analysis adalah salah satu metode analisis data kualitatif yang banyak digunakan untuk menafsirkan arti dari data teks dan mengidentifikasi aspek-aspek penting dalam konten tersebut. Metode ini berisi proses dan prosedur untuk mengkategorikan data teks dengan tujuan klasifikasi dan peringkasan. Data yang digunakan dalam content analysis adalah data teks berupa dokumen, gambar, video, audio, dan lain sebagainya. Saat ini metode ini populer untuk menganalisis sosial media dengan tujuan untuk mengidentifikasi pola dan trend dalam komunikasi sosial media.


3. Narrative Analysis

Narrative analysis juga termasuk ke dalam metode analisis data kualitatif yang paling terkenal. Metode ini digunakan untuk menganalisis berbagai cerita yang dibuat oleh orang untuk memahami bagaimana orang tersebut membentuk alur dalam kehidupan mereka dalam bentuk narasi. Metode ini menggunakan berbagai jenis cerita, seperti otobiografi, cerita keluarga, foto, pengalaman hidup, dan lain sebagainya. Metode ini berfokus pada cara orang membuat dan menggunakan cerita yang berbeda untuk menafsirkan dan menjelaskan kehidupan atau ceritanya.


4. Discourse Analysis

Discourse analysis adalah metode yang digunakan untuk menganalisis komunikasi atau pembicaraan yang terjadi secara alami, baik komunikasi dalam bentuk lisan maupun teks. Metode ini tidak hanya digunakan untuk menganalisis komunikasi, tetapi juga mempertimbangkan konteks sosial dimana komunikasi tersebut terjadi. Beberapa komunikasi tertulis yang digunakan dalam discourse analysis adalah email atau bahasa tubuh.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Belajar Tools Populer dalam Analisis Data

Di era big data, tools analisis berkembang sangat pesat. Hal ini karena sebagian besar tools konvensional tidak bisa digunakan untuk mengolah big data yang ukurannya terlalu besar. Oleh karena itu, jika kita ingin terjun ke dunia analisis data, khususnya dalam bidang pekerjaan, kita wajib memahami berbagai tools analisis data, khususnya analisis big data. Yuk bergabung bersama DQLab! Nikmati program belajar seru dengan berbagai modul dan kegiatan menyenangkan sebagai bekal untuk terjun di dunia analisis data. Klik button di bawah ini untuk mengakses berbagai modul interaktif, challenge, dan program pendukung lainnya yang pastinya affordable. Selamat belajar!



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!