TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 8 Menit 15 Detik 

Ketahui Penerapan Data Science dalam Bidang Kesehatan

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/47921343a15ca22042bea270e66ad928_x_Thumbnail800.png

Pada era revolusi industri 4.0, big data merupakan salah satu hal yang cukup berpengaruh. Kecepatan internet  yang berkembang cukup pesat mengakibatkan ledakan data yang sangat besar pula. Segala sesuatu dapat diakses dengan mudah dan cepat sehingga menghasilkan kumpulan data yang sangat besar dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu disebutlah istilah big data. Data yang diperoleh dari suatu instansi atau aplikasi jika dibiarkan begitu saja tidak akan menghasilkan informasi apapun. Oleh karena itu data harus diolah agar menjadi sesuatu yang bermanfaat. Namun, big data tidak dapat diolah secara manual. Jika diolah secara manual akan menghabiskan waktu dan biaya yang sangat besar. 


Menghadapi permasalahan data makan pada era kini muncullah profesi yang disebut data scientist. Data scientist merupakan seseorang yang mengolah data science. Data science pada era kini sudah diterapkan pada berbagai bidang seperti bidang industri, kesehatan, bisnis, teknologi, marketing, kuliner, dan lain-lain. Penerapan data science dalam keseharian tentunya akan mempermudah seseorang dalam mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan data. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh penerapan data science dalam dunia kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaatnya?


1. Pemanfaatan Teknologi Hadoop

Hadoop merupakan sebuah framework yang memungkinkan untuk pemrosesan terdistribusi pada big data yang menggunakan model pemrograman sederhana pada komputer. Dalam bidang kesehatan teknologi Hadoop dapat digunakan untuk memantau kondisi vital pasien. Dengan adanya Hadoop, staf rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya dapat bekerja secara efisien dalam menangani big data. Selain itu teknologi Hadoop dapat diterapkan dalam pengobatan kanker dan genomics.


Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan

Banyaknya data pasien dalam suatu pusat pelayanan kesehatan terkadang membuat bingung stafnya. Terkadang para staf kurang mengerti apa yang harus dilakukan dari sekian banyak data yang mereka dapatkan. Dengan adanya data science, pihak staf atau rumah sakit dapat meningkatkan pelayanan kesehatan mereka. Sebagai contoh kecil pihak rumah sakit dapat menyaring tingkat kepuasan pelayanan kesehatan dari pengunjung. Setelah mengetahui hasilnya makan pihak rumah sakit dapat menentukan langkah seperti apa yang sebaiknya mereka tingkatkan untuk kemajuan pelayanan kesehatan mereka.


3. Analisis Rekam Medis

Pada bidang kesehatan pemanfaatan teknologi Hadoop tidak hanya dapat untuk memantau kondisi vital pasien dan pengobatan kanker. Teknologi Hadoop dapat dimanfaatkan pula untuk mendeteksi tumor, penggambaran organ dan lain-lain. Dengan teknik pemrosesan gambar maka kemungkinan besar dapat berfokus pada analisis mendalam mengenai anatomi organ dan mendeteksi berbagai macam penyakit.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Latifah Uswatun

    Editor : Annissawd


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!