PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 0 Menit 41 Detik 

Ketahui Pengertian Pengolahan Data dan Metode yang Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1ca7824e73e1b52f2ec1d556a84399da_x_Thumbnail800.jpg

Pengolahan data adalah proses mengkonversi data menjadi bentuk yang dapat digunakan atau diinginkan. Pemrosesan ini dilakukan dengan menggunakan urutan operasi yang telah ditentukan, baik secara manual maupun otomatis. Di era modern, sebagian besar pemrosesan dilakukan dengan bantuan komputer atau perangkat pengolah data sehingga dapat dilakukan secara otomatis. Output dari pengolahan data dapat diperoleh dalam berbagai bentuk, seperti gambar, grafik, tabel, audio, dan lain sebagainya. Saat ini teknologi terus berkembang, sehingga penyajian hasil pengolahan data dapat disajikan dengan banyak pilihan.

Pengolahan data dilakukan untuk mendapatkan insight yang impactful bagi suatu kebijakan. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan di berbagai industri. Saat ini pengolahan data digabungkan dengan keamanan data, data science, machine learning, dan teknologi canggih lainnya untuk mendapatkan hasil olah data yang andal, akurat, dan hemat biaya. Semua bisnis, terutama bisnis yang memanfaatkan data real time membutuhkan data center yang andal dan efisien. Data center ini menampung infrastruktur penting dan mendorong pengolahan data yang powerful agar hasilnya lebih akurat. Pengolahan data dibagi menjadi beberapa metode. Mau tahu apa saja metode tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

1. Pengolahan Data Manual

Pada pengolahan data ini, data diolah secara manual tanpa menggunakan mesin atau alat bantu apapun. Metode ini juga digunakan setelah data ditransfer secara manual dari suatu sumber sehingga prosesnya sangat lambat dan potensi kesalahan dan error sangat tinggi. Metode ini masih banyak digunakan oleh perusahaan kecil, toko kecil, dan beberapa lembaga pemerintah. Di era modern, metode ini sudah tidak direkomendasikan karena kemungkinan kesalahan sangat tinggi dan memakan banyak waktu. Selain itu, metode ini juga dinilai cukup mahal dan membutuhkan sumber daya yang besar saat pemrosesan.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

2. Pemrosesan Data Mekanis

Pemrosesan data mekanis merupakan pemrosesan data dengan menggunakan perangkat berbeda, seperti mesin tik, printer mekanis, atau perangkat mekanis lainnya. Metode pengolahan ini lebih cepat dan akurat jika dibandingkan dengan metode pengolahan data manual. Metode pengolahan data ini sudah mulai ditinggalkan karena perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan munculnya tools yang lebih canggih. Kekurangan dari metode ini adalah output yang dihasilkan masih sangat terbatas.

3. Pengolahan Data Elektronik

Pemrosesan data elektronik atau dikenal juga dengan EDP merupakan istilah yang sering digunakan untuk pemrosesan informasi atau data secara otomatis. Metode ini memanfaatkan komputer untuk mengumpulkan, memanipulasi, merekam, mengklasifikasikan, dan meringkas data. Secara singkat, metode pengolahan data elektronik merupakan metode pengolahan data dengan menggunakan sarana elektronik seperti komputer, kalkulator, server, dan peralatan pengolahan data elektronik sejenis. Metode ini merupakan metode yang menghasilkan data paling cepat dan lebih akurat daripada metode lainnya.

4. Tools Pengolahan Data

Tools pengolahan data dibedakan berdasarkan tujuan, yaitu tools survei, tools statistik, tools perhitungan dan analisis, dan tools basis data. Tools survey merupakan tools yang digunakan untuk membantu proses survei sehingga proses pengumpulan data lebih mudah. Tools statistika adalah tools perhitungan statistik yang membantu merencanakan grafik dan bagan untuk mempelajari pola tertentu dalam data yang relevan. Tools perhitungan dan analisis adalah software matematika yang membantu untuk menghitung data menggunakan rumus matematika yang sesuai. Terakhir, tools basis data adalah tools yang digunakan untuk mengelola data yang berukuran besar sehingga manajemen data lebih tertata dan memudahkan proses pengolahan data.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

5. Yuk Belajar Mengolah Data Bersama DQLab

Pengolahan data merupakan proses yang krusial karena jika ada kesalahan dalam tahapan pemrosesan data karena akan sangat berpengaruh terhadap output yang diperoleh. Oleh karena itu, sebelum mengolah data, kita harus memahami metode yang akan digunakan secara rinci. Agar memperoleh hasil yang akurat, pengolahan data pun memerlukan tools yang mumpuni. Ingin belajar mengolah data yang benar? Yuk bergabung dengan DQLab! Klik button di bawah ini dan nikmati penawaran menarik dari DQLab sebagai bekal untuk memasuki dunia data yang lebih kompleks!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :