[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 31 Menit 18 Detik 

Ketahui Peran Data Scientist Dalam Industri Healthcare

Belajar Data Science di Rumah 20-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/81af1ae8f54709b5a81b4327737c5c49_x_Thumbnail800.jpg

Para praktisi data kini memanfaatkan sejumlah data untuk mengevaluasi mana yang dapat bekerja lebih baik. Penggunaan ilmu data juga memungkinkan melakukan penerapan analisis di bidang kesehatan. Peningkatan jumlah data yang besar menjadi peluang besar seorang Data Scientist untuk memainkan perannya dalam membantu lembaga kesehatan atau industri kesehatan, seperti mengidentifikasi pola dan tren yang dapat menghasilkan keputusan yang bijak dalam menyelamatkan jiwa sesuai dengan prosedur. Ilmu Data Science dapat mengubah segalanya pada sektor kesehatan karena dengan menerapkannya dapat mendukung analisis data, mengoptimalkan tenaga kerja dan hasil, meningkatkan kepuasan stakeholder dan juga keupasan yang menerima perawatan, hingga dapat menyeimbangi biaya kegiatan medis.

Dengan demikian, karir Data Scientist di bidang kesehatan memberikan peluang bagus untuk kamu yang ingin berkontribusi memajukan industri kesehatan. Tapi, sebenarnya apa saja sih kontribusi dan peran seorang Data Scientist memajukan industri kesehatan? Pas banget artikel DQLab kali ini akan memberikan kamu informasi seputar karir Data Scientist dalam industri healthcare. Penasaran? Yuk, langsung simak aja artikel berikut ini sahabat!


1. Data Scientist Membantu Membuat Keputusan

Tahukah kamu peran seorang Data Scientist juga sangat penting dalam mengambil keputusan bersama dengan para stakeholder? Seorang Data Scientist memiliki kemampuan dalam mengolah data dan analitik dengan menggunakan metode statistik, sehingga menjadi suatu insight dan informasi data yang sangat bermanfaat. Dalam industri kesehatan, Data Scientist mengolah data untuk memprediksi efek dari obat dan juga memahami penyakit manusia. Ilmu Data Science sendiri merupakan kunci utama untuk menelaah obat-obatan. Data medis yang didapat juga berasal dari data yang jumlahnya besar lalu dikembangkan dan menerapkan dengan bantuan AI atau Machine Learning.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengubah Data yang Rumit Menjadi Mudah untuk Dipahami

Perlu diketahui, keterampilan dan keahlian yang dimiliki Data Scientist salah satunya adalah memberikan laporan terkait data yang sudah didapat dan diolah dengan menggunakan grafik atau gambar yang disebut visualisasi data. Dengan demikian, dapat memudahkan bagi pembuat keputusan dalam decision making karena tidak semua orang awam paham dan mengerti terkait besarnya dataset yang ada. Secara otomatis, akan memberikan peningkatan efisiensi dan wawasan baru serta memungkinkan bisa memprediksi secara real-time.


3. Berkontribusi Mengumpulkan Data Kesehatan Masyarakat

Di era serba digital, kini semua perusahaan atau industri lainnya sudah menerapkan ilmu Data Science sebagai informasi dalam memahami masalah dan kebutuhan yang dihadapinya.para Data Scientist membantu permasalahannya dengan menggunakan kemahiran mereka dalam bahasa pemrograman seperti R, Python, dan SQL. Lembaga kesehatan pun membutuhkan bantuan untuk melacak penyebaran virus atau mengumpulkan data sebagai bentuk pendataan riwayat kesehatan masyarakat. Dengan menggunakan pengumpulan data, analisis data serta pemodelan data yang dilakukan oleh Data Scientist maka data yang didapatkan lebih cepat dan tepat.


4. Kontribusi Dalam Perawatan dan Diagnosis Lebih Baik

Dari banyaknya jumlah data, maka mendapatkan hasil penelitian yang dapat mengubah persepsi. Seorang Data Scientist juga membantu dalam perawatan lebih baik untuk pasien, karena pengambilan keputusan secara klinis baik terkait gejala dan pengobatan sesuai dengan data. Dengan demikian, Data Scientist sangatlah memainkan peran besar dalam manajemen data dalam industri kesehatan. Ilmu Data Science juga membantu dalam personalisasi pengobatan lebih presisi, mengacu dimana setiap pasien akan menerima perawat disesuaikan dengan karakteristik biologis mereka. Adapun penggunaan ilmu komputer seperti Machine Learning yang digunakan oleh Data Scientist untuk melakukan diagnosa gambar salah satu contohnya ada penggunaan x-ray. Proses ini melibatkan analitik pada gambar serta menganalisa kedalam aplikasi.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Rajut Karirmu Menjadi Data Scientist Bersama DQLab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0!

Tentunya background pendidikan bukanlah suatu halangan bagi kamu untuk bisa menjadi Data Scientist di era serba digital ini. Dengan mempelajari Ilmu Data Science dan konsisten terhadap pembelajarannya, pastinya kamu bisa menjadi Data Science. Bingung untuk memulainya? Yuk, belajar bersama DQLab menjadi salah satu batu loncatan kamu untuk merajut karir menjadi seorang Data Scientist! Jangan lewatkan kesempatan mengakses GRATIS module "Introduction to Data Science" dan benefit lainnya. Selamat mencoba sahabat!



Penulis: Agnes Nurlisa


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!