Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ketahui Skill Data Analyst yang Wajib Dimiliki untuk Entry-Level

Belajar Data Science di Rumah 27-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/422d89549d6b4541e242e73558612f4c_x_Thumbnail800.jpg

Memasuki revolusi industri 4.0 mengakibatkan banyaknya perusahaan di setiap industri menggunakan Big Data untuk membuat keputusan strategis mereka, hal ini menjadikan banyaknya peran seorang Data Analyst sangat dibutuhkan. Tidaklah mudah mendapatkan seorang Data Analyst, karena membutuhkan keterampilan yang kuat dan sudah expert di bidangnya sendiri. Tugas Data Analyst tidak hanya membangun sistem, mengekstrak data dan mengatur data, tetapi juga membutuhkan skill dalam memahami, mengidentifikasi pola dan tren, serta bisa merumuskan menjadi sebuah wawasan yang bisa ditindaklanjuti oleh perusahaan.


Jika menurut kamu berpikir menjadi Data Analyst Entry-Level merupakan pilihan yang tepat dan cocok untuk berkarir, mungkin kamu akan bertanya-tanya apa yang harus difokuskan dalam pekerjaannya. Keterampilan seperti apa yang harus dimiliki dan difokuskan yang nantinya bisa dikembangkan agar bisa maju menjadi seorang Data Analyst? Pada artikel DQLab kali ini, akan membantu kamu dan memberikan informasi seputar skill Data Analyst yang wajib dimiliki untuk Entry-Level sekalipun! Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini.


1. Terampil Menggunakan Bahasa Pemrograman

Seorang Data Analyst perlu mengetahui dan terampil bahasa pemrograman, karena bahasa pemrograman dapat membantu dalam mengolah serta menganalisis data yang dimilikinya. Bahasa pemrograman sendiri membantu kemampuan kamu untuk bisa menjelajahi dan menganalisis kumpulan data yang sangat besar. Adapun beberapa bahasa pemrograman yang common digunakan oleh Data Analyst, seperti SQL, R, atau Python. Kamu tidak harus menguasai semua bahasa pemrograman, kamu dapat memilih salah satu diantaranya atau kamu bisa menggunakan SQL. Pengetahuan dasar tentang SQL akan membantu karena akan memberi kontrol dalam mengakses data dari berbagai sumber. Selain itu, dapat memahami pengambil dan integrasi data dalam mengelola data dengan baik.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Memiliki Pemahaman yang Kuat Ilmu Matematika dan Statistika 

Pada dasarnya, seorang Data Analyst melakukan olahan data untuk mendapat serta menjawab pertanyaan spesifik. Memahami dasar-dasar statistik dan probabilitas akan membantu kamu dalam menceritakan kisah yang menarik dengan data. Pada konsep matematika, seperti memahami aljabar linear, kalkulus, dan ilmu matematika lainnya. Dengan demikian, seorang Data Analyst harus memiliki keterampilan untuk memfasilitasi prediksi berbasis data melalui teori probabilitas, regresi, bahkan dapat memberikan laporan berupa visualisasi data agar mudah dipahami bagi pengambil keputusan.


3. Kemampuan Problem Solving dan Critical Thinking

Sebagian besar kebutuhan bisnis kini sudah melibatkan penggunaan analisis, dengan demikian seorang Data Analyst mampu memiliki keterampilan dalam berpikir analitik sehingga data yang didapatkan bisa menjawab permasalahan yang ada pada bisnis. Skill ini termasuk mengkonfigurasi parameter yang perlu dipertimbangkan dalam mendefinisikan kumpulan data yang didapatkan, menganalisis perspektif yang berbeda, serta dapat menentukan dependensi variabel. Sehingga, informasi-informasi tersebut dapat membantu dalam mencapai kesimpulan yang berarti. Seorang Data Analyst harus memiliki kedua skill tersebut, karena salah satu tugasnya adalah dapat memecahkan masalah yang sangat komplek dari volume data yang besar hingga menjadi bentuk yang lebih sederhana.


4. Kemampuan Story Telling yang Kuat

Komunikasi baik dalam lisan dan juga tulisan, menjadi salah satu dasar untuk dapat berkolaborasi di tempat kerja. Memproduksi laporan merupakan bagian besar dari pekerjaan sehari-hari Data Analyst bagi kamu Entry-Level sekalipun. Menulis laporan yang efektif dan menarik kesimpulan yang bermakna dan kisah menjadi nilai yang bagi kamu seorang Data Analyst, karena dari dataset yang didapatkan perlu dibuatnya narasi yang menarik untuk memprediksi hasil di masa depan. Narasi dapat disajikan melalui visualisasi data, karena visualisasi data juga termasuk dalam skill wajib yang harus dimiliki seorang Data Analyst.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


5. Yuk, Tingkatkan Skill Kamu Menjadi Data Analyst Handal bersama DQLab!

Latar belakang pendidikan bukanlah menjadi salah satu hambatan kamu untuk terus belajar dan mengasah skill kamu menjadi lebih hebat. Setelah kamu mengetahui poin-poin diatas, yuk mulai memajukan karir Data Analyst. Jika kamu serius untuk transisi karirmu menjadi Analyst yang handal, salah satu cara yang paling efisien adalah dengan belajar dan berlatih bersama DQLab. Di DQLab kamu akan mengikuti program-program yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan industri nyata lho. Mulailah daftar dengan signup di DQLab, tentunya kamu dapat menikmati module GRATIS “Introduction to Data Science”. Selangkah lebih maju merajut karirmu dengan belajar Data Science, selamat mencoba Sahabat Data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!