FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 11 Menit 17 Detik 

Ketahui Tentang Teknik Pengolahan dan Analisis Data, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 19-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cd3014340845b90bbf19a22b6f3dcbb9_x_Thumbnail800.jpg

Data adalah sebuah instrumen yang sangat penting dalam melakukan sebuah penelitian. Maka dari itu seorang peneliti haruslah bisa menemukan data yang sangat akurat dan terpercaya.


Semakin akurat data yang dipakai, maka semakin bagus juga hasil penelitiannya. Data dalam sebuah penelitian akan dibagi menjadi beberapa jenis yaitu berdasarkan sifatnya, berdasarkan skala pengukurannya, dan juga berdasarkan sumbernya. Data juga memiliki metode pengolahan dan juga karakteristik yang berbeda-beda. 


Data juga penting bagi sebuah perusahaan ataupun instansi, jadi tidak semua data itu bersifat akademik. Ketika sebuah perusahaan membuat sebuah produk, maka perusahaan tersebut akan mengolah berbagai macam data seperti data hasil penjualan, data dari konsumen, dan data lain yang memiliki kaitannya dengan tujuan penelitian.


Nantinya data akan bisa membantu sebuah perusahaan dalam hal kualitas dan juga produktivitasnya. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas apa pengertian teknik pengolahan data, apa saja manfaat dan juga fungsinya, apa saja tahapan dalam proses pengolahan data, dan juga apa saja metode teknik pengolahan data. yuk simak artikel dibawah ini.


1. Pengertian Pengolahan Data

Pengolahan data adalah sebuah proses yang dapat mengubah suatu data mentah menjadi sebuah informasi yang utuh dan juga memiliki manfaat. Jadi kumpulan data mentah yang belum berbentuk sebuah informasi yang bisa disimpulkan ketika masuk proses pengolahan data yang akan menjadikan data tersebut sebuah informasi yang utuh.


Informasi ini adalah hasil dari pemrosesan data tertentu yang memiliki arti dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan dari sebuah perusahaan yang terkait.

teknik analisis data


Jadi melalui proses ini peneliti dapat mengubah data ke dalam format yang mudah dibaca seperti dalam bentuk grafik, laporan, atau bentuk lainnya yang mudah untuk dibaca.


Selain itu pengolahan data juga terdiri dari beberapa kegiatan seperti pencarian data, pengumpulan data, penggunaan data, dan lain sebagainya yang masih masuk kedalam kegiatan tersebut.


Baca juga: 4 Cara Implementasi Teknik Analisis Data


2. Manfaat dan Fungsi dari Pengolahan Data

Dalam melakukan pengolahan data, terdapat manfaat dan juga fungsinya yaitu seperti berikut ini :

  • Manfaat dari pengolahan data yang pertama adalah bisa meningkatkan daya saing dipasaran, jadi kita bisa memanfaatkan data yang kita kumpulkan dan diolah untuk meningkatkan nilai dari sebuah perusahaan kita.

  • Manfaat kedua adalah bisa menambah produktivitas, dalam melakukan proses pengolahan data berlangsung kita bisa mendapatkan informasi secara cepat dan juga akurat, hal ini memberikan dampak positif terhadap kinerja dan juga produktivitas perusahaan kita.

  • Manfaat ketiga adalah mudah dalam mengakses sebuah informasi, jadi ketika kita membutuhkan informasi tentang bisnis perusahaan, kita bisa menemukannya dengan mudah di dalam database.

Teknik Analisis Data

Fungsi dari Pengolahan data adalah sebagai berikut :

  • Pengolahan data memiliki fungsi sebagai tempat penyortiran data, jadi kita bisa memilah data agar dapat terorganisir dengan baik. Data yang sudah diolah nantinya akan tersimpan sesuai dengan jenis dan juga kategori yang dimiliki oleh masing-masing data.

  • Fungsi kedua ada validasi, proses pengolahan data juga memiliki fungsi untuk memvalidasi sebuah data apakah data tersebut valid atau tidak, jadi informasi yang diambil nantinya akan lebih akurat.

  • Ketiga ada fungsi peringkasan, kita bisa melakukan penghapusan data yang menurut kita kurang relevan dengan penelitian yang kita buat.

  • Fungsi yang keempat ada analisis, fungsi ini menjadi fungsi yang cukup penting pada proses pengolahan data, karena disini kita akan menggali informasi dari kumpulan data yang sudah kita kumpulkan dan kita miliki.


3. Tahapan dalam Proses Pengolahan Data

teknik analisis data


Proses pengolahan data pada dasarnya itu sangatlah bervariasi, tergantung dari peneliti ataupun bisnis yang mengeksekusinya. Dalam hal ini tahapan pengolahan data dibagi menjadi 4 tahapan yaitu yang pertama adalah pengumpulan data.


Jadi pertama sekali kita akan mengambil data dari berbagai sumber lalu dikumpulkan menjadi satu, biasanya tahap ini disebut sebagai data mining, kedua ada proses penyimpanan data, setelah kita mengumpulkan data lalu kita akan menyimpan data tersebut kedalam database.


Ketiga ada proses penyortiran data, setelah kita menyimpan data tersebut kita masuk kepada proses menyortir data, jadi kita akan menyortirkan data sesuai dengan klasifikasi dan juga kategorinya.


Keempat adalah analisa data, proses terakhir adalah menganalisa sebuah data atau bisa kita sebut dengan menyimpulkan data tersebut untuk mendapatkan sebuah informasi yang utuh dan juga relevan.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Metode Teknik Pengolahan Data

Dalam pengolahan data juga memiliki metode tersendiri. Metode ini dibagi menjadi 3 metode yaitu metode manual, metode ini biasa dikenal sebagai metode tradisional karena peneliti tidak menggunakan perangkat apapun jadi peneliti memakai dokumen fisik sebagai sumber data yang akan dikumpulkan. 


Kedua ada metode mekanik, metode ini bisa peneliti gunakan dengan perangkat sederhana untuk mengolah datanya, biasanya perangkat yang digunakan dalam metode ini adalah kalkulator. 


Ketiga ada metode elektronik, nah metode kali ini adalah metode yang cukup cepat dan juga akurat dibandingkan dengan metode-metode sebelumnya, jadi metode ini menggunakan perangkat elektronik dan juga software, contoh perangkat yang bisa kalian gunakan dalam metode ini adalah Microsoft Excel, jadi kalian tidak perlu repot lagi untuk menggunakan metode sebelumnya.


Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :