[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 43 Menit 49 Detik 

Ketahui Tiga Manfaat Algoritma Machine Learning dalam Dunia Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 23-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5f3cd711d4cf9002daa8ff42fe4d4714_x_Thumbnail800.png

Machine learning atau pembelajaran mesin merupakan bagian dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Machine learning dapat memungkinkan komputer memiliki kecerdasan yang sama dengan manusia, seperti mengenali tulisan, mengenali wajah, mengenali suara, dan lain-lain. Bahkan machine learning dapat memprediksi ribuan bahkan jutaan data berdasarkan pola-pola yang telah ada pada data sebelumnya. 


Terdapat banyak keunggulan dalam machine learning yang dapat membantu meringankan tugas manusia sehingga waktu dan biaya yang digunakan pun lebih efisien. Manfaat machine learning dapat dirasakan dari berbagai bidang, seperti pada bidang perbankan, bisnis, kuliner, teknologi, pemasaran, pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lainnya. pada artikel kali ini kita akan membahas tiga contoh manfaat algoritma machine learning dalam dunia bisnis.


1. Sistem yang Otomatis


Manfaat machine learning yang pertama adalah dapat membuat sistem yang otomatis yang tidak perlu campur tangan manusia secara langsung. Dengan algoritma yang terbentuk di dalamnya, machine learning dapat membuat sistem bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah di dalamnya. Sebagai contoh pada sistem email, email secara otomatis dapat memprediksi apakah pesan yang baru masuk tergolong spam atau bukan. Hal ini dikarenakan dalam sistem sudah terdapat algoritma yang mendefinisikan ciri-ciri dari spam atau bukan.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2. Mengidentifikasi Trend dengan Mudah


Machine learning dapat menjangkau data dalam volume yang sangat besar yang tidak dapat diolah oleh manusia. Seandainya dapat dianalisis oleh manusia akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak sedikit. Dalam dunia bisnis, machine learning dapat mengidentifikasi tren hasil penjualan dari histori pembelian konsumen. Setelah mengetahui tren bisnis tersebut dapat menentukan langkah kedepan seperti rekomendasi produk, penawaran, giveaway, bonus, dan lain-lain sehingga dapat memaksimalkan keuntungan penjual.


3. Memudahkan Operasional


Algoritma pada machine learning dapat memudahkan sistem operasional dan melakukan inovasi produk dalam perusahaan. Serta pengaplikasian machine learning dapat diterapkan dalam penyediaan layanan seperti menganalisis komentar pelanggan sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan. Hasil dari evaluasi tersebut dapat menentukan langkah kedepan demi peningkatan perusahaan tersebut.


Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Latifah Uswatun

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!