Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Keunggulan Talent yang Ikut Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 16-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2a10fb5c54fa82248d69075c053d2729_x_Thumbnail800.jpeg

Di era big data, analisis data sangat berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan analisis data, perusahaan dapat dengan cermat memeriksa insight dari campaign tertentu, mengefektifkan suatu strategi, dan mencari adanya peluang error atau kerugian yang mungkin terjadi. Analisis data merupakan bidang yang kompleks. Perlu pengetahuan dan keahlian profesional untuk menganalisis data secara efektif. Salah satu cara untuk mendapatkan ilmu dan keahlian tersebut adalah dengan mengikuti pelatihan data analyst karena platform pelatihan analisis data biasanya memiliki program intensif yang sesuai kebutuhan kita. Kursus data analyst juga akan sangat membantu beginner untuk memahami dasar-dasar analisis data, mulai dari metode hingga tools yang biasa digunakan di dunia industri. 


Analisis data adalah bidang yang berkembang sangat pesat. Hal ini karena semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya penerapan analisis data dalam kegiatan harian mereka, sehingga rekrutmen data analyst semakin meningkat. Sertifikat analisis data merupakan salah satu faktor penunjang untuk berkarir di dunia data. Salah satu cara untuk mendapatkan sertifikat adalah dengan mengikuti pelatihan data analyst terpercaya dan kredibel. Apa saja manfaat mengikuti pelatihan data analyst? Yuk kita simak bersama artikel ini sampai akhir!


1.  Lebih Unggul dalam Rekrutmen Data Analyst

Data Analyst

Saat ini, profesional di bidang teknologi analisis sangat dibutuhkan karena perusahaan membutuhkan tenaga profesional untuk mengeksploitasi kekuatan data yang ukurannya sangat besar. Faktanya dari tahun 2014 hingga 2017, jumlah lapangan pekerjaan di industri Data meningkat sangat signifikan, yaitu sebesar 106%. Lonjakan ini disebabkan karena meningkatnya jumlah perusahaan yang menerapkan analisis data. Tak heran jika belakangan rekrutmen data analyst terus meningkat. Sertifikat yang didapatkan dari pelatihan data analyst akan menjadi nilai plus yang tidak dimiliki oleh kandidat lain sehingga kita lebih unggul di mata recruiter.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Dapat Bekerja di Sektor Manapun

Pada umumnya professional data analyst tidak terbatas pada satu industri tertentu karena setiap industri memanfaatkan analisis data. Oleh karena itu, profesi ini dapat bekerja di sektor manapun. Beberapa industri yang sering memerlukan bantuan data analyst adalah industri keuangan, perawatan kesehatan, ritel, logistik, dan human resources. Semua industri ini memerlukan seorang data analyst yang kompeten, salah satu bukti kompetensinya adalah dengan menunjukkan sertifikat atau project data analyst. Pada pelatihan data analyst, kita akan mengerjakan banyak project yang akan membantu kita untuk mengasah pemahaman kita mengenai analisis data.


Data Analyst


3. Technical Skill yang Lebih Baik

Salah satu keuntungan mengikuti pelatihan data analyst adalah kita mendapatkan kesempatan belajar dari para profesional di berbagai bidang industri yang telah bekerja selama bertahun-tahun. Selain mendapatkan sertifikat, kita juga mendapatkan pengetahuan dan pemahaman praktik yang baik menggunakan data yang mencerminkan data asli di berbagai industri sehingga sertifikat yang kita peroleh pun bukan hanya sertifikat teoritis tetapi juga sertifikat praktik atau hands-on.

Data Analyst

4. Belajar Lebih Terstruktur

Dengan mengikuti pelatihan data analyst, program belajar kita akan lebih terstruktur dan terorganisir. Analisis data merupakan salah satu bidang studi yang sangat kompleks. Oleh karena itu, perlu adanya ‘pembimbing’ yang bisa mengarahkan tahapan-tahapan yang perlu kita pelajari untuk menjadi seorang data analyst professional. Dengan begitu, kita akan lebih fokus ke satu konsep sebelum menginjak ke konsep selanjutnya yang lebih sulit.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Setelah mengetahui manfaat mengikuti data analyst di atas, masih ragu untuk menjadi seorang data analyst? Yuk memantapkan diri untuk terjun di dunia analisis data dengan belajar bersama DQLab! DQLab menawarkan berbagai program belajar sesuai kebutuhan yang akan membantumu untuk mempersiapkan bekal sebelum terjun ke dunia industri. Klik button di bawah ini dan nikmati module gratis  ‘Introduction to Data Science with R and Python’ sebagai warming up untuk belajar data. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login