SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 10 Jam 6 Menit 48 Detik

Keutamaan Penggunaan Python Dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-05-2023-10-17-113929_x_Thumbnail800.jpg

Seorang praktisi data memiliki tugas untuk mengambil sebuah keputusan dan juga memproses data dalam perusahaan, hal inilah yang membuat profesi praktisi data ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Untuk menjadi seorang praktisi data yang handal diperlukan kemampuan mengolah data dan menganalisa data tersebut dengan baik. Selain hal tersebut, seorang praktisi profesional haruslah bisa menghasilkan insight baru terhadap data yang sudah diolah dan dianalisis sebelumnya. 


Saat ini kebutuhan akan profesi praktisi data sangatlah tinggi dan membuat kalian harus bisa menguasai ilmu data dengan baik jika ingin memulai karir sebagai praktisi data. Kalian juga perlu belajar dan juga berlatih data science secara mendalam. Salah satu hal yang perlu kalian pahami adalah penggunaan bahasa pemrograman.  


Bahasa pemrograman yang saat ini sangat populer di kalangan praktisi data maupun programmer adalah Python. Python ini bisa menjadi salah satu bahasa yang bisa kalian pelajari jika ingin memulai karir menjadi seorang praktisi data. Nah sebenarnya keutamaan penggunaan Python ini dalam data science apa saja sehingga bahasa ini diminati? Mari kita simak pembahasannya!


1. Bahasa Pemrograman Populer

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemudahan menggunakan Python ini pada proses pengolahan data dapat membuat bahasa ini cukup populer di kalangan praktisi data. Python adalah bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari oleh para pemula dan ingin mendapatkan ilmu coding dengan berbagai macam fitur yang dimilikinya.


Keunggulan lainnya adalah memiliki banyak library di dalamnya. Library ini adalah suatu istilah kode tambahan yang tersedia di dalam python yang memiliki fungsinya masing-masing. Library juga memudahkan para usernya dalam membuat sebuah program tanpa harus menuliskan kode paling dasar. 

Python

Credit by Wikipedia


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Data Wrangling

Untuk keutamaan Python dalam data science adalah terdapat tahapan data wrangling. Biasanya tahap ini akan melakukan suatu proses yang dimana data di dalam manajemen dan dibentuk menjadi lebih tertata agar data lebih mudah dibacanya.


Pada saat melakukan pengumpulan data untuk analisis, data yang diperoleh akan sangat beragam jenisnya. Maka dari itu proses ini diperlukan untuk mengubah data mentah menjadi data yang penuh dengan informasi dan menjadi lebih rapi lagi. Library Python yang cukup sering digunakan adalah Pandas dan Numpy.

Python

Credit by The Noun Project


2. Machine Learning

Machine learning adalah salah satu bentuk teknologi canggih yang mampu belajar dengan mandiri atau tanpa bantuan dari manusia yang tidak perlu diprogram ulang secara berkala.


Machine learning ini akan belajar dengan berdasarkan data yang sudah diberikan dan memberikan output yang sesuai. Pada Python tersedia library yang biasa digunakan untuk machine learning yaitu Pandas, Numpy, Scikit-Learn, dan Tensorflow. 

Python

Credit by Forbes


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


3. Data Manipulation

Biasanya dalam data science kalian akan mempelajari yang namanya data manipulation. Data manipulation itu sendiri adalah sebuah proses dalam data science untuk menambahkan data, menghapus data, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menganalisis data secara layak.


Data yang digunakan ini biasanya berasal dari berbagai sumber dan terkadang masih cukup berantakan seperti data yang tidak lengkap, tipe dan format data yang tidak sama. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan Library Python. 

Python

Credit by Flaticon


Salah satu skill yang bisa kamu mulai perlajari adalah bahasa python. Karena python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python.


Kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 

Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login