Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kiat Memilih Course Data Engineer yang Berkualitas

Belajar Data Science di Rumah 21-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6d7756a9-39bf-48d6-aa81-83cfe51aab6c-2023-06-21-222846_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi praktisi data pada saat ini semakin berkembang, hal ini dikarenakan meningkatnya jumlah data yang semakin hari semakin besar. Nah, salah satu profesi praktisi data yang memiliki tanggung jawab untuk mengubah data dalam skala besar adalah Data Engineer. Data engineer ini dapat mengubah data dalam skala besar menjadi data yang bisa diakses dengan mudah dan bisa menghasilkan informasi yang cukup berguna dan dibutuhkan oleh perusahaan. Dikarenakan permintaan profesi ini semakin banyak dan juga banyak sekali orang yang ingin mulai mencoba untuk menjadi seorang Data Engineer


Ada banyak sekali cara yang bisa kalian coba lakukan jika ingin menjadi seorang data engineer. Kalian bisa mengikuti studi yang berkaitan dengan data, mengikuti kursus yang memiliki sertifikat di dalamnya, mengikuti bootcamp, ataupun kalian bisa melakukannya secara mandiri lewat materi yang ada di internet. Mungkin jika diantara kalian ingin mengikuti sebuah kursus, maka yang harus kalian lihat atau perhatikan adalah bagaimana kualitas dari tempat kursus tersebut. Nah, maka dari itu DQLab akan membahas bagaimana sih tips memilih kursus data engineer yang berkualitas? Simak terus artikel di bawah ini ya!


1. Perhatikan Materi yang Ada

Beberapa tahun belakangan ini sudah banyak sekali kursus data engineer dimana-mana, baik offline maupun online. Tetapi masih banyak sekali tempat kursus yang memiliki materi cukup sedikit. Hal inilah yang mengakibatkan tidak efektifnya belajar dan tidak mendapatkan ilmu secara maksimal. Maka dari itulah kalian harus melakukan riset tentang materi yang diajarkan di tempat kursus yang ingin kalian ikuti. Kalian juga bisa membandingkan materi dari satu tempat kursus dengan kursus lainnya dan juga kalian juga harus memperhatikan  durasi dari jam belajar yang ingin kalian tempuh selama kursus. 

Data Engineer

     Credit by istockphoto.com

Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Kualitas Instruktur

Selain materi yang diberikan harus kalian perhatikan, selanjutnya yang perlu kalian perhatikan adalah kualitas dari instruktur atau mentor yang dimiliki oleh suatu tempat kursus. Pastinya jika kalian mendapatkan instruktur yang berpengalaman dan juga berkompeten di dalam bidangnya, kalian akan lebih paham akan materi yang diberikan. Untuk itu penting sekali bagi kalian untuk memperhatikan kualitas instruktur kalian nanti. Kalian bisa melihat apakah instruktur tersebut berkualitas apa tidak adalah sertifikat yang mereka miliki ataupun project apa saja yang sudah mereka buat dan tangani.

Data Engineer

Credit by pixabay.com


3. Jadwal Belajar

Disetiap tempat kursus pastinya memiliki jadwal yang berbeda-beda dalam melakukan proses pembelajaran tergantung dengan kelas seperti apa yang ingin kalian ambil. Untuk beberapa tempat kursus biasanya membagi jam pembelajaran menjadi full time maupun part time. Mungkin jika kalian memilih kursus dengan jam belajar part time, maka kalian akan membutuhkan waktu belajar sekitar 10 sampai dengan 20 jam per minggunya, jika kalian memilih waktu full time maka kalian akan melakukan pembelajaran secara intensif dan juga waktu sudah ditentukan, metode yang diberikan adalah dengan live class.

Data Engineer

Credit by youngontop.com


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Manfaat Kursus Data Engineer

Selain mendapatkan mater-materi yang bisa kalian pelajari, pastinya kalian akan menemukan tempat kursus yang memiliki berbagai macam benefit jika kalian ingin masuk kedalam tempat kursus tersebut seperti feedback dan juga dukungan secara konsisten. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan benefit dalam bentuk bimbingan karir yang dimana kalian akan diajarkan bagaimana caranya menyusun resume dan juga menyiapkan wawancara atau juga bisa dalam bentuk pengajaran yang berorientasi pada project, sehingga hal ini bisa membuat kalian terbantu untuk membangun portofolio milik kalian sendiri.

Credit by stackoverflow.blog


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login