SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 18 Menit 1 Detik

Kiat Sukses Ikut Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e3998c7f7d2aaac4697d9ee08c0bc267_x_Thumbnail800.jpeg

Pada era perkembangan teknologi yang semakin canggih ini banyak profesi yang semakin beragam. Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar profesi seperti programmer, game developer, web developer, data scientist, data engineer, data analyst, dan lainnya. Profesi-profesi tersebut memiliki peranan penting yang berkaitan dengan dunia pemrograman dan data. Pada artikel kali ini kita akan berbicara mengenai pelatihan data analyst yang menjadi salah satu pilihan banyak orang yang berminat untuk berprofesi dalam dunia data.


Bagi seseorang yang ingin menjadi data analyst dan bingung perlu melewati langkah apa saja untuk mencapai proses tersebut, maka salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan data analyst. Pelatihan ini dapat diikuti baik secara online maupun offline. Pelatihan data analyst ini memiliki banyak manfaat bagi peserta seperti mendapatkan banyak ilmu baru, belajar dengan mentor yang berpengalaman, membangun networking, dan dapat saling berdiskusi dengan sesama peserta. Lalu apa sajakah hal yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti pelatihan data analyst? Yuk simak artikel berikut ini!


1. Kuatkan Tekad

Berbicara mengenai pelatihan data analyst seringkali terdapat kejadian seorang peserta baru mengikuti pelatihan pada awal namun sudah ingin menyerah yang mana salah satu alasannya adalah tidak memahami materi. Perlu diketahui bahwa sebelum mengikuti pelatihan data peserta harus benar-benar membulatkan tekadnya untuk belajar data science dan segala sesuatu yang berkaitan dengan data science. Jika menemukan kesulitan di dalam proses belajar dapat bertanya kepada mentor maupun kepada orang yang lebih memahaminya.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pelajari Ilmu Matematika

Jika mendengar tentang kata data, adakalanya orang bertanya apakah data itu sama dengan statistika. Walaupun memiliki pengertian yang berbeda keduanya saling berkaitan. Dalam proses menganalisis data diperlukan ilmu statistika maupun cabang ilmu matematika lainnya yang memiliki peranan penting di dalamnya baik itu mulai dari ilmu dasar maupun tahap lanjut. Untuk lebih memudahkan dalam kegiatan mengikuti pelatihan data analyst, peserta dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari dasar-dasar ilmu matematika yang berkaitan dengan data science. Selain mendapatkan ilmu peserta juga akan memiliki cara berpikir yang lebih logis dan sistematis.

Data Analyst


3. Bahasa Pemrograman

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya apa kaitannya bahasa pemrograman dengan data analyst. Seperti yang telah kita ketahui saat ini bahwa kita sedang berada dalam era big data yang mana data dapat dengan mudah diakses dan terkumpul dengan begitu banyak dan cepat. Untuk menganalisis data tersebut diperlukan cara yang lebih efisien dan akurat. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman atau bahasa komputer merupakan kumpulan kode atau sintaks  yang berisi instruksi untuk dilaksanakan oleh komputer dalam melakukan suatu perintah tertentu. Bahasa pemrograman sudah banyak yang dapat digunakan oleh praktisi data dalam proses menganalisis data.

Data Analyst


4. Manajemen Waktu

Peserta pelatihan data analyst pada umumnya tidak hanya berasal dari fresh graduate ataupun mahasiswa maupun pelajar yang belum memiliki pekerjaan. Terdapat banyak pula peserta data analyst yang merupakan seorang pekerja dan ingin menambah ilmu atau skill dalam dunia data. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri terkait manajemen waktu yang baik. Tidak hanya bagi pekerja saja fresh graduate maupun mahasiswa juga perlu mengelola manajemen waktu yang baik antara mengikuti pelatihan dengan kegiatan-kegiatan lainnya sehingga dengan memiliki manajemen waktu yang baik peserta akan bisa lebih maksimal dalam menerima materi pelatihan dan mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Pelatihan data analyst dapat dikatakan menjadi salah satu jembatan bagi seseorang untuk mencapai keinginannya berprofesi dalam dunia data. Kalian dapat mencoba salah satu media pelatihan data analis yaitu DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login