GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 36 Menit 23 Detik 

Kiat Sukses Mendapatkan Beasiswa Data Science Bagi Pemula yang Tertarik Belajar Data

Belajar Data Science di Rumah 05-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fcf7135c180aeacf4b72d358fc952eb4_x_Thumbnail800.png

Istilah Data Science pasti sudah sering teman-teman dengar. Bahkan mungkin ada teman-teman yang sudah terjun di bidang data science atau menjadi instruktur di suatu lembaga kursus data science. Yup, Data Science ini memang ilmu yang mampu mempermudah pekerjaan mengolah big data atau data besar. Sehingga menarik profesional di bidang IT bahkan pemula untuk mempelajari dan menerapkan berbagai macam metodenya. Machine learning adalah bagian dari data science yang banyak diterapkan oleh perusahaan saat ini. Contohnya untuk rekomendasi produk, chatbot, dan lain sebagainya. Ini sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam memberikan pengalaman menarik untuk konsumen dan bisa saja berdampak pada peningkatan penjualan. 


Bagi beberapa orang yang ingin belajar data science kadang terkendala biaya karena yang tertarik belajar data science datang dari berbagai kalangan. Ada yang masih sekolah, kuliah, atau yang baru merintis karir. Beasiswa data science menjadi pilihan yang sangat membantu bagi pemula yang ingin belajar data science secara gratis. Ada banyak beasiswa data science yang bisa diikuti pemula hingga profesional, loh. Mau tau kiat sukses mendapatkan beasiswa data science? Simak disini, yuk!


1. Aktif Mencari Informasi

Ketika ingin mendapatkan beasiswa data science, kamu harus aktif mencari informasi. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, sangat mudah memperoleh informasi yang kita butuhkan. Informasi beasiswa data science bisa kamu dapatkan melalui media sosial seperti Instagram, LinkedIn, dan Facebook. Kamu bisa juga mencari informasi beasiswa di browser yang terpasang di perangkatmu seperti Chrome atau Safari. Kumpulkan informasi tersebut, catat tanggal pendaftarannya dan jangan sampai terlewat. Perhatikan juga persyaratan yang diberikan. Siapkanlah apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Ikut Bootcamp Data Science

Beasiswa data science juga bisa kamu dapatkan dengan mengikuti bootcamp data science. Bootcamp diselenggarakan oleh lembaga kursus itu sendiri atau bekerja sama dengan kampus-kampus di Indonesia. Umumnya bootcamp memiliki jadwal tetap dalam pengerjaannya. Jadi, akan mentor atau instruktur yang memberikan materi secara bertahap sesuai dengan topik bootcamp kepada peserta. Peserta akan mengerjakan tugas-tugas praktek hingga project secara mandiri. Bootcamp sekarang ini lebih banyak diadakan secara online karena masih di masa pandemi. Namun keuntungannya bootcamp bisa diikuti oleh peserta dari mana saja di Indonesia. 


3. Manfaatkan Modul-Modul Gratis

Data science bisa kita pelajari dengan memanfaatkan modul-modul gratis. Kursus data science kebanyakan memang berbayar sesuai dengan benefit yang diberikan seperti bimbingan instruktur ahli, mentor profesional, hingga sertifikat gratis. Namun ada juga loh kursus data science yang menyediakan modul gratis bagi pemula yang ingin coba-coba belajar apa itu data science. Jadi, kamu tidak merasa rugi jika sudah membayar namun pembelajaran tidak sesuai yang kamu bayangkan. Kamu bisa mencoba mengikuti pembelajaran data science dengan modul gratis DQLab yaitu Introduction to Data Science with Python dan Introduction to Data Science with R. 


4. Mendaftar di Program Pemerintah

Pemerintah Indonesia memberikan banyak beasiswa yang terbagi di beberapa bidang salah satunya data science. Kepopuleran dan manfaat yang diberikan data science menarik lembaga pemerintahan untuk menyediakan wadah bagi para talenta-talenta data. Digital Talent merupakan program yang diadakan oleh Kemenkominfo yang memberikan pelatihan gratis kepada peserta di berbagai bidang mulai dari data science, networking, web developer, business intelligence, dan masih banyak lainnya. Di akhir pelatihan kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai pencapaian pelatihan yang sudah diikuti. Selain itu ada juga program Prakerja yang diberikan untuk siapa saja yang belum atau sedang mencari pekerjaan. Di program tersebut kamu akan mendapatkan dana yang digunakan untuk membeli jenis pelatihan yang kamu inginkan. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Keuntungan Beasiswa Data Science Bersama DQLab

Apa sih keuntungannya mengikuti beasiswa? Salah satu keuntungannya yaitu kamu bisa mendapatkan pembelajaran secara intensif tanpa mengeluarkan biaya lebih. Di DQLab kamu bisa mengikuti bootcamp, webinar, bedah modul, dan event menarik lainnya secara gratis. Pengisinya merupakan para mentor ahli di bidang data atau recruiter yang memberikan tips agar diterima sebagai praktisi data. Selain itu, kamu juga bisa memiliki kesempatan bekerja di perusahaan yang berpartner dengan DQLab melalui data challenge atau fitur job connector. Jadi, jangan lewatkan kesempatan belajar data science gratis dengan daftar di DQLab.id. Jangan lupa juga stay tune di Instagram DQLab untuk kejutan-kejutan menariknya, ya!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!