TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 13 Menit 8 Detik

Kisah Darman Saputra, Sukses Bersinar Menjadi Data Analyst MS.Glow

Belajar Data Science di Rumah 15-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-member-sharing-2-2023-11-15-170813_x_Thumbnail800.jpg
Saya rasa materi yang didapatkan di program belajar DQLab jauh lebih lengkap. Contohnya seperti SQL. Di perkuliahan, saya hanya diajarkan sampai mengenal DDL, DML, TDL, dan sebagainya. Namun di DQLab, khususnya di Bootcamp Data Analyst, saya diajarkan teori dasar SQL sekaligus praktik menggunakan SQL langsung untuk mengolah database” ungkapnya.


Darman Saputra Saragih, salah satu member DQLab lulusan Teknik Informasi Politeknik Negeri Malang mengaku sudah tertarik dengan bidang data semenjak duduk di bangku SMA. Berlanjut di perkuliahan yang mempertemukan dirinya dengan data, saat itulah titik Darman kembali menekuni bidang data dan memantapkan hati berkarir di industri data.


Awal mula, ia bercerita mempelajari modul-modul yang tersedia di DQLab namun seiring berjalannya waktu Darman memperdalam ilmu Data dengan mengikuti program Bootcamp Data Analyst with Python & SQL. Lalu, bagaimana ya pengalaman Darman hingga akhirnya bersinar di dunia data? Simak ceritanya sampai habis, sahabat DQ!


1. Perjalanan Darman untuk Menekuni Bidang Data

Sebagai seorang fresh graduate D4 Teknik Informatika, Darman sudah melakukan banyak metode belajar dan materi yang tersedia di berbagai kursus online Data Science. Ditambah dengan durasi belajar yang berbeda-beda, mulai dari pembelajaran durasi seminggu hingga beberapa bulan lamanya. Dari semua program kursus yang ia ikuti, semuanya Darman ikuti dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan.


Dengan tekad yang bulat tersebut, dari materi-materi yang sudah ia pelajari Darman jadikan sebuah project kemudian diunggahnya melalui platform Medium sebagai bentuk portofolio data yang telah ia kerjakan.


Hal ini juga saya lakukan agar Medium saya menjadi ‘storage’ pembelajaran terkait materi yang telah saya pelajari sekaligus menjadi portfolio data untuk kesiapan karier saya.” jelas Darman.


Menurutnya, ilmu Data begitu kuat dan sangat banyak manfaatnya karena ia yakin bidang teknologi selalu berkembang. Selain itu juga bidang data memiliki banyaknya tantang sehingga cocok dengan untuk prospek mendatang. Sehingga, bagi Darman poin-poin  tersebut mendorongnya mengambil keputusan alih profesi ke bidang data.


Pertama, saya melihat prospek karier di bidang data masih sangat kuat dan kental di industri sekarang ini. Kedua, saya meyakini bahwa bidang teknologi tidak akan pernah tumbang, karena akan selalu berkembang di setiap saatnya.
Ketiga, saya melihat data ini sebagai pertambangan. Anggapannya itu sebagai minyak mentah. Seperti yang kita tahu, minyak mentah dapat diolah menjadi berbagai hal yang bermanfaat apabila diolah dengan benar. Sama halnya dengan data. Apabila diolah dengan benar, data dapat digunakan untuk banyak hal.” pungkasnya.


2. Bootcamp SQL & Python menjadi Highlight Pembelajaran Darman

Melihat ruang lingkupnya yang telah memiliki bekal programming dimana masih berkesinambungan dengan bidang Data Analyst, Darman mulai menentukan beberapa pilihan program belajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan disinilah ia bertemu dengan program DQLab yaitu Bootcamp Data Analyst SQL & Python in Google Platform.


Program belajar yang disediakan memiliki kurikulum belajar yang terstruktur. Kemudian saya juga menyukai metode belajar yang digunakan, di mana sehabis pembahasan materi selalu diberikan tantangan berupa quiz kecil untuk mengasah pemahaman.“ ungkapnya.


Selain dari segi materi, Darman mengatakan banyak faktor lain di Bootcamp Data Analyst memberikannya pengalaman yang memuaskan termasuk Live Session yang interaktif antara peserta dengan mentor, mentor yang sangat friendly serta memberikan beberapa penunjang belajar kepada peserta, dan informasi lowongan kerja di bidang data.


Pengalaman yang paling berkesan untuk saya adalah ketika saya berhasil menyelesaikan project pertama. Karena saya tidak menyangka ilmu yang saya pelajari bisa saya olah menjadi project untuk kemudian menjadi pembelajaran bagi saya.” jelas Darman.


3. Strategi Berkarir di Bidang Data Analyst ala Darman

Perjalanan karir yang Darman lalui sebelum menjadi praktisi data cukup berlika-liku. Namun, dari tantangan tersebut membuat Darman merefleksikan diri serta menjadi ruang baginya untuk upskill melalui portofolio data. Darman mengaku, setelah menyelesaikan program belajar di DQLab dirinya menyiapkan beberapa strategi untuk membantu proses karirnya menjadi Data Analyst.


Saya membuat sebuah file Excel, yang berisikan informasi lowongan kerja di bidang Data Analyst. Kemudian setiap harinya file ini akan saya update, mana yang sudah saya apply, mana yang belum saya apply.” kata Darman


Tidak hanya sampai disitu saja, Darman juga terus upgrade diri dengan memperbaharui profile di LinkedIn serta mengerjakan project-project data yang baru sebagai bentuk portofolio. Dengan terus berkembang dan tanpa putus asa, menurutnya perlu juga untuk terus eksplorasi lowongan pekerjaan baru yang berhubungan dengan bidang Data Analyst.


4. Ini Day to day Darman sebagai Data Analyst di Industri

Hasil tidak menghianati usaha, kini Darman disibukkan dengan berbagai aktivitas project sebagai Data Analyst MS.Glow di kantor pusat yang berada di Malang. Ia mengatakan bahwa hampir semua ilmu yang ia pelajari di DQLab selama ini terpakai dan membantunya mengerjakan day-to-day project terutama penggunaan query SQL dan pengolahan data menggunakan Microsoft Excel.


Uniknya, saya langsung diterjunkan ke project-project kecil, meskipun dengan pengawasan dari para senior tim MS GLOW. Sejauh ini, saya telah diterjunkan untuk 4 project kecil, yaitu Project Customer Analysis, Project Financial Report, Project Growth Penjualan, dan Project KPI Dashboard” jelas Darman.


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memiliki tekad yang bulat dan aktif showcase portofolio data hal penting karena nyatanya kedua poin tersebut memberikan kesempatan-kesempatan baru yang tidak diduga sebelumnya dan menjadi salah satu perjalanan Sahabat DQ sukses berkarir di bidang data.


Kalian tertarik ingin bisa belajar Data Science secara terstruktur dan intensif? Yuk, gabung bersama DQLab dan ikuti jejak Darman dengan mendaftar Bootcamp Data Analyst with SQL & Python!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :