[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 33 Menit 15 Detik 

Kisah Inspiratif Baihaqi, Belajar Data Scientist dari NOL sampai Mahir bersama Bootcamp DQLab

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6d0704b9e4b80a95c6ea4f1f6c29925d_x_Thumbnail800.jpg

Seorang Data Analyst diharuskan untuk menemukan bagaimana data dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah, menginformasikan kesimpulan, dan mendukung pengambilan keputusan. 


Data Analyst bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka menjadi data yang dapat dimengerti oleh orang awam. Pekerjaan seorang Data Analyst adalah mendapatkan dan menggunakan data tersebut untuk mengambil kesimpulan perusahaan yang baik.


Selain itu, Seorang Data Analyst harus punya keterampilan untuk menentukan harga produk yang akan diluncurkan agar siap bersaing di pasaran, menemukan cara untuk mengurangi biaya transportasi serta memecahkan masalah yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Seperti pengalaman yang dibagikan oleh Baihaqi Hakim, mahasiswa Universitas Teknologi Bandung dengan background jurusan Teknik Metalurgi yang menjadi mahir memahami Data Analyst dengan contoh soal dan praktek langsung setelah mengikuti event Bootcamp yang diadakan oleh DQLab. 


“Pengalaman belajarnya enak banget di DQLab, aku jadi bisa praktek langsung dan ada contohnya juga, jadi gaperlu download aplikasi programming karena bisa langsung coding.” 


“Sebelum memulai dqlab aku belum terlalu memahami akan data scientist di python sedangkan setelah mempelajari di dqlab aku lebih tergambarkan mengenai data analyst dengan adanya contoh soal dan prakteknya langsung.” terangnya. 



Pada kesempatan berbincang dengan Baihaqi kaliini ia membagikan cerita tentang karirnya di industri data. Simak cerita selengkapnya yuk!



1. Menjadi Peserta Bootcamp DQLab & Melihat Peluang Dalam Belajar Data Analyst

kegiatan Baihaqi selain belajar data analyst secara teori ia juga turut aktif dalam beberapa kegiatan yang berkaitan dengan programming, berupa data analyst di python. Dan berbagai kegiatan edukasi beserta volunteer lainnya. Dari pengalamannya tersebut, Baihaqi mengaku menjadi lebih memahami tentang data analyst. selain itu, selama mengikuti bootcamp Baihaqi mendapat pelatihan untuk belajar berfikir kritis dan dapat berinovasi.


2. Pentingnya memahami Python dalam mempelajari Data Analyst

Kehadiran Python dalam mempelajari Data Analyst sangatlah bermanfaat bagi Baihaqi sebagai mahasiswa metalurgi yang juga mendalami data science. Melalui bahasa pemrograman Python, setiap program akan menjadi lebih ringkas jika dibandingkan bahasa pemrograman lain. Meski bahasa pemrograman banyak pilihannya, menurut Baihaqi Python merupakan bahasa pemrogram yang sangat ramah dengan pemula karena memiliki struktur yang sederhana, syntax yang mudah dipahami dan library yang lengkap. Python sangat cocok bagi pemula yang baru memulai belajar data science. Selain karena pengaplikasiaanya yang lebih mudah karena penulisan syntaksnya yang lebih sederhana dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. 



3. Tips memahami Python dengan mudah menurut Baihaqi

Python memungkinkan kita untuk menangani big data dan menjalankan pemrosesan matematika yang kompleks, maka dari Itu Python dimanfaatkan untuk membaca dan memodifikasi sebuah file di dalam pembangunan sistem database. hal yang paling awal kita lakukan adalah pahami dulu bahasa pemrograman, kuasai bahasa inggris, belajar dari sekarang dan mencoba membuat program sederhana. karena hal yang belum kita pahami dapat kita kuasai dengan learning by doing.


4. Menguasai bahasa pemrograman dengan berlatih dan praktek langsung

Memahami bahasa programming tidak semudah membalikan telapak tangan tetapi asalkan mengikuti panduan yang benar dan rajin berlatih cara program sederhana, mahir di bidang programming bukan hal yang mustahil. Nah, jika ingin belajar data science adalah dengan mengikuti sering berlatih dan mempraktekkanya. Untuk itu, kursus online adalah solusi terbaik bagi kamu yang ingin memperdalam ilmu pengatahuan tanpa mewajibkanmu untuk bepergian. Di DQLab, belajar data science menjadi lebih mudah dan praktis. Metode pembelajaran yang aplikatif dan fleksibel memudahkan kamu untuk bisa belajar dimana saja dan kapan pun. Kamu bisa mengakses sejumlah modul yang berisi materi pembelajaran secara gratis di sini. Jika ada kendala saat belajar, kamu bisa langsung bertanya dengan para mentor atau rekan sesama member di DQLab. Belajar data science di rumah saja, mudah kan?


Penulis : Vania Calysta Respati

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!