PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 3 Menit 52 Detik 

Kisah Inspiratif Ridho, Berkarir dari Data Analyst menjadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/31b7cd1930738bd1b839e5d30daa71f0_x_Thumbnail800.jpg

Hai, Sahabat Data DQLab! Aku Ridho. Sebagian besar orang beranggapan, jika praktisi data adalah profesi bagi mereka yang hanya memiliki background pendidikan di bidang IT saja. Padahal, kenyataannya semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menggapai impiannya berkarir di dunia data science. Mengapa aku berani patahkan anggapan itu? Karena aku sudah membuktikannya sendiri.


Sebagai lulusan non IT, pada mulanya aku pun juga memiliki anggapan yang sama seperti mereka. Kurangnya rasa percaya diri juga sempat aku rasakan. Tapi keraguanku itu semua terjawab sudah. Menyadari tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT dan sejenisnya, di tahun 2020 aku mengawali langkahku mengejar mimpi untuk bisa berkarir di bidang data dengan belajar data science bersama DQLab. Aku mengawalinya dengan mengikuti DQLab Pandora Box, salah satu program beasiswa DQLab.


Kali ini, aku mau menceritakan sedikit perjalananku menembus industri data tanpa background pendidikan IT. Simak ceritaku selengkapnya ya, Sahabat Data DQLab!


1. Tidak Hanya Belajar, Aku Juga Memaksimalkannya dengan Mengikuti Program Intership

Selama mengikuti program beasiswa, DQLab Pandora Box, aku mendapatkan banyak pelajaran baru tentang data science yang sebelumnya tidak pernah aku dapatkan. Salah satunya adalah mengembangkan ilmuku dalam pengolahan data. Bagiku ini adalah bekal utama yang sangat berharga. Terlebih, aku yang tidak memiliki background pendidikan di bidang IT. Semenjak tergabung dalam program beasiswa DQLab, aku juga mendapatkan banyak koneksi di lingkup industri data, mulai dari teman hingga para mentor.


Setelah program DQLab Pandora Box berakhir, alhamdulillah aku mendapatkan kesempatan intership sebagai data engineer di salah satu perusahaan data yang terletak di Tangerang, Xeratic. Tentu, hal ini merupakan kesempatan yang tak bisa aku hindari. Aku bisa mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru yang lebih menantang, serta belajar beradaptasi dengan lingkungan kerja secara nyata. Karena aku yakin, dalam dunia kerja tidak hanya membutuhkan teori, tetapi juga bagaimana kita bekerja dan berinteraksi dengan rekan kerja hingga para petinggi di perusahaan.


Baca juga : Bermodal Kompetensi Data Cleansing, Rahmat Buktikan Dirinya Berhasil Berkarir sebagai Data Analyst di Era Pandemi


2. Melebarkan Sayap Bekerja Full-Time sebagai Data Analyst

Salah satu rezeki lainnya yang aku terima adalah mendapatkan kesempatan bekerja secara penuh waktu (full-time) sebagai data analyst. Aku sangat bersyukur, buatku ini adalah rezeki yang tak ternilai. Sebab, aku bisa mendapatkan kesempatan ini tanpa harus menunggu waktu lama. Selama bekerja sebagai data analyst, setiap harinya aku mengolah data logistik menggunakan Python dan beberapa tools lainnya.


3. Tahun 2021 Menjadi Anugerah Indah Bagi Hidupku

Memasuki tahun 2021, alhamdulillah aku kembali mendapatkan tiket emas untuk meraih impian saya di dunia data science. Saya mendapat penawaran untuk berkerja sebagai data scientist di salah satu perusahaan multinasional, Unilever. Senang sekali rasanya bisa mendapatkan kepercayaan ini. Aku bisa mengembangkan diri lebih baik lagi dari orang-orang sekitar di dalam perusahaan dan aku percaya akan banyak pelajaran serta pengalaman berharga yang bisa aku dapatkan di sini.


Baca juga : 6 Bulan Menjadi Fresh Graduate, Wahyu Berhasil Berkarir di Masa Pandemi Sesuai dengan Passionnya


4. Berharap Bisa Lebih Baik dan Mengembangkan Kemampuan Diri

Setelah melawati perjalanan yang cukup panjang, aku berharap ke depannya bisa lebih mengembangkan diri untuk menjadi praktisi data unggulan. Aku sadar, aku masih perlu banyak belajar dan mengasah kemampuan diri ini agar semakin siap menghadapi era digital ke depannya. Meski terlihat mudah, percayalah semua yang aku lewati penuh dengan perjuangan dan tantangan. Kalau bukan diri kita sendiri, siapa lagi yang bisa melewati itu semua? Semangat terus ya, Sahabat Data DQLab! Aku percaya kalian juga bisa!


5. Ayo, Mulai Belajar Data Science bersama DQLab!

Salah satu langkah awalku memasuki dunia data science adalah belajar bersama DQLab. Di sini, aku bisa mendapatkan materi pembelajaran secara bertahap. Jadi tidak heran, jika orang sepertiku yang tidak memiliki background IT bisa cukup cepat menyerap materi yang diberikan. Nantinya, materi pembelajaran bisa kamu akses secara gratis di DQLab.id. Semua materi itu akan dibungkus ke dalam bentuk modul. Selama mempelajari modul, kamu akan ditemani fitur Live Code Editor nih, Sahabat Data DQLab! Sehingga kamu akan lebih mudah memahami setiap modulnya. Yuk, semangat belajar data science sekarang juga!


 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :