Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kisah Yanuar yang Beralih Profesi Menjadi Lead Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 28-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/edad803143fa48a022c98d39632a41b2_x_Thumbnail800.jpeg

Istilah banting setir dalam dunia profesi tentu bukan hal yang baru. Bagi mereka yang mengalaminya, tentu akan merasakan sensasi tertentu utnuk bisa memulai dunia hal baru yang belum pernah ia temui. Sama halnya dengan cerita yang satu ini, Sahabat DQ. Namanya Yanuar, ia merupakan salah satu alumni DQLab yang memiliki background pendidikan di bidang Teknologi Pertanian. Sebelum akhirnya masuk ke dunia data science, Yanuar bekerja di industri pabrik sepatu manufaktur sebagai manufaktur manager. Saat itu, meski pekerjaannya tidak bersinggungan erat dengan data, namun ia kerap mengolah data produksi dan data quality.


Sebagai staff di level manajer, Yanuar pun dituntut untuk bisa terus berinovasi dari proses analisa untuk menghasilkan insight. “Saya di tuntut untuk berinovasi karena saya perlu membuat data modelin untuk kedepannya,” begitu katanya.


Singkat cerita, Yanuar mulai merasa tertarik dengan data science. Apalagi, ia melihat bahwa praktisi data dinilai sebagai profesi yang tengah menjadi profesi yang tinggi permintaan. 


Lalu, seperti apa ya kisah perjuangan Yanuar bergelut di dunia data science? Ini dia cerita selengkapnya!


1. Berawal Otodidak, Yanuar Sukses Berkarir Modal Sertifikat

Sebelum bergabung bersama DQLab, rupanya Yanuar sudah lebih dulu mempelajari bahasa pemrograman secara otodidak saat masih berstatus mahasiswa. Ia mengatakan, Python menjadi tools pertama yang ia pelajari. Baginya, tools yang satu ini memiliki banyak fitur yang bermanfaat, sehingga sempat membuatnya kebingungan.


Pertemuannya dengan DQLab pun mengantarkan ia masuk lebih dalam ke dunia data science. Di sini ia mulai mengenal apa itu data science, profesi apa saja yang ada di dalamnya, apa saja tugasnya, dan tools apa saja yang perlu dikuasai. Di sini ia merasa terbantu dengan materi pembelajaran DQLab yang dikemas ke dalam bentuk modul.


Menurutnya, banyak ilmu yang ia dapatkan di DQLab yang bisa ia implementasikan di kantor. Tidak hanya sekedar diimplementasikan, melainkan juga banyak ilmu yang dapat di “improve & develop” menggunakan Python.


Menurut Yanuar, di DQLab ia tidak hanya menyelesaikan Data Analyst career track, tetapi juga diajarkan mengenai kompetensi Machine Learning.


“Menurut saya DQLab sangat unggul diantara course lainnya, karena dalam proses belajarnya materi yang disampaikan menggunakan narasi, kemudian pembelajarannya diarahkan & materi yang tersedia sangat visioner,” tuturnya.


Baca juga: Perjalanan Ashari Meraih Mimpi Berkarir Menjadi Data Analyst


2. Daily Activity Yanuar sebagai Data Analyst

Setelah melewati rangkaian proses belajar bersama DQLab, bermodalkan sertifikat DQLab, Yanuar pun memberanikan diri untuk alih profesi sebagai Data Analyst di perusahaan finance & technology (fintech), Turnkey ID. 


“Pada saat melamar yang saya persiapkan itu adalah sertifikat course & portofolio data. Saya hanya bermodalkan sertifikat dan saya di offer untuk posisi lead DA (Data Analyst) yang tingkatannya cukup advance,” kata Yanuar.


Memasuki tahun 2021 Yanuar dipercaya sebagai Lead Data Analyst di kantornya yang mengelola data penting sejumlah perusahaan. Tak heran, jika kini Yanuar punya segudang kesibukan dalam kesehariannya, seperti: 

  • Fokus mengembangkan Python dan ragam library yang tersedia.

  • Membuat model dengan machine learning.

  • Membuat notifikasi dan BOT.


Baca juga: Berhasil Menjadi Data Scientist Intern di Rupa-rupa.com Berkat Tetris Program


3. Tips Ala Yanuar untuk Non IT yang Ingin Berkarir sebagai Data Analyst!

Sahabat DQ, jangan pernah putus asa ya kalau mimpi kalian belum tercapai! Sebab, semua kesuksesan memiliki perjalanannya masing-masing. Untuk Sahabat DQ yang ingin berkarir sebagai Data Analyst, yuk simak tips ala Yanuar! 

  • Jangan parno dengan pekerjaannya, coba pahami terlebih dahulu profesi tersebut & kenali kompetensi atau skill apa yang diperlukan. Jadi, jangan takut duluan ya!

  • Ikuti course ataupun webinar gratis untuk perkaya ilmu. Meski harus keluar biaya, ini merupakan investasi yang sangat berharga di masa mendatang.

  • Yanuar menyarankan untuk mengikuti course. Banyak pilihan yang tersedia, salah satunya Sahabat DQ bisa coba dengan DQLab. Harganya yang affordable, cocok untuk investasi pemula. Selain itu, DQLab juga terpercaya karena bekerja sama juga dengan pemerintah.


Sahabat DQ, tunggu apa lagi? Kalian bisa mulai perjalanan di dunia Data Science bersama DQLab. Di sini kalian akan mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk modul yang siap kamu akses secara gratis! Tak ketinggalan, para mentor profesional juga siap membimbingmu saat belajar. Yuk, waktunya belajar di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login