PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 35 Menit 58 Detik 

Kompetensi Data Science, Membuka Peluang Prospek Kerja yang Cerah di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a46c42e10176a0559f708d6bee4cb0d0_x_Thumbnail800.png

Dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak perusahaan mulai menerapkan teknologi dan data pada bisnis mereka. Melalui dataset perusahaan, bisa memahami pelanggan serta operasi yang strategis melalui analisis data. Bekerja di perusahaan besar dan ternama pastinya menjadi impian semua orang terutama jika perusahaan atau instansi tersebut sedang mencari lowongan pekerjaan untuk praktisi data. Ya, kini memasuki era digital praktisi data dalam bidang Data Science menjadi profesi yang sedang hangatnya diperbincangkan di kalangan data enthusiast terlebih profesinya bisa menjanjikan karir kamu cemerlang. 


Pada artikel DQLab kali ini sangatlah cocok untuk kamu yang ingin melihat prospek kerja dalam bidang Data Science dan buat kamu yang sedang menentukan profesi yang tepat di era digital ini. Langsung aja yuk kita simak artikel berikut!


1. Pahami Pentingnya Belajar Data Science?

Data Science saat ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan, baik pada kegiatan aktivitas sehari-sehari maupun penerapannya pada banyak bisnis dan industri. Ilmu Data Science telah mengubah dari data menjadi sebuah tindakan, sehingga pemanfaatannya berguna dalam memberikan wawasan berharga tentang pelanggan atau konsumen yang dapat mengarahkan meningkatkan serta dapat menganalisis secara terperinci serta Data Science juga bisa melakukan prediksi hasil dan tren hingga memvisualisasikan hubungan dan pola. Keberadaan Data Science juga menghasilkan beberapa peluang yang sangat menjanjikan, karena semakin banyak volume dataset yang dimiliki oleh perusahaan atau instansi maka akan semakin meningkat permintaan sumber daya praktisi data yang ahli dan terampil dalam bidang Data Science.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Fundamental Data Science

Data Science adalah ilmu data yang menggabungkan ilmu statistik, matematika, dan komputer sains selain itu juga adanya bahasa pemrograman yang populer diantaranya yaitu R, Python, Java Script, C++, dsb. Dasar Ilmu tersebut menjadi dasar hardskill yang sering kita jumpai syarat menjadi praktisi data, hal ini bertujuan untuk membantu kegiatan mengolah data. Bidang ini sangatlah luas, mungkin bagi pemula yang baru saja masuk kedalam bidang Data Science akan bingung. Mengetahui passion dan juga keterampilan yang dimiliki juga menjadi salah satu fundamental, misalnya seperti jika kamu gemar menganalisis data lalu menemukan jawaban dari permasalahan yang dihadapi serta kamu memiliki passion dalam bisnis maka kamu bisa menemukan peluang kerja sebagai Business Analytics. Perlu diketahui pada setiap profesi bidang Data Science memiliki kriteria keterampilan yang berbeda-beda, dengan demikian kamu bisa mencari informasi yang lebih untuk mencari profesi atau role apa yang cocok denganmu.


3. Data Science dan Era Digitalisasi

Dalam dunia persaingan bersifat fast-paced ini, digitalisasi telah menjadikan teknologi berdampak besar. Sudah banyak perusahaan atau instansi seperti pemerintahan sekalipun telah memulai perjalanan ini dengan menerapkan transformasi digital dalam menyusun strateginya maupun membuat sebuah inovasi. Untuk mempersiapkan revolusi industri 4.0, perusahaan atau instansi mulai mengintegrasikan dan mengadopsi kedua bidang tersebut sehingga munculnya teknologi seperti Artificial Intelligence dan IoT (Internet of Things). Dengan Data Science dan AI hal ini memungkinkan praktisi data memeriksa sejumlah data yang lebih besar dan 


4. Prospek Kerja Bidang Data Science

Bidang Data Science, terdapat beberapa prospek kerja yang bisa kamu mulai tentukan namun adapun profesi yang sangat dicari dan populer dalam Bidang Data Science yaitu Data Scientist, data Analyst, dan Data Engineer. Yuk intip untuk sedikit penjelasan pada tiap profesinya dan prospeknya

  • Data Analyst, posisi ini dianggap sebagai peran entry-level dalam bidang Data Science karena tanggung jawabnya sendiri yaitu menganalisis data lalu mengkomunikasikannya untuk menjawab pertanyaan bisnis, selain itu mengoperasikan data cleaning dan ilmu statistik pada data bisnis. Data Analyst sendiri biasanya akan lebih sering bekerja secara kolaborasi sehingga komunikasi menjadi syarat wajib juga dalam pekerjaannya. Pekerjaan Data Analyst prospeknya sangat luas, sehingga jalur karir ini sangatlah terbuka, jika kamu tertarik pada pengembangan perangkat lunak, infrastruktur data dan membangun model data tingkat profesi selanjutnya bisa sebagai Data Engineer.


  • Data Scientist, tanggung jawab Data Scientist sendiri yaitu mengembangkan model deep learning untuk membuat sebuah prediksi yang tepat berdasarkan informasi masa lalu, mengumpulkan data dan menindaklanjuti dataset mentah menjadi sebuah wawasan. Jika kamu bekerja sebagai Data Scientist maka jabatan berikutnya dapat memungkinkan sebagai senior Data Scientist dengan memiliki spesialisasi lebih lanjut pada Machine Learning serta pada tujuan akhir profesi ini menjadi Chief Data Science.


  • Data Engineer, profesi ini bertanggung jawab dalam mengelola data perusahaan, dibutuhkannya keterampilan analisis statistik dan pengembangan software serta pemrograman. Praktisi ini memungkinkan juga bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara infrastruktur pada data yang diperlukan dan mengakses data dengan cepat. Pada prospek pekerjaan ini jika kamu memiliki pengalaman dengan data yang sudah tinggi, maka dapat pindah posisi menjadi lebih senior yaitu spesialisasi.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Ingin Merajut Karir di Bidang Data Science? Platform DQLab Solusinya!

Latar belakang bukan menjadi masalah bagi kamu yang ingin memulai karir dalam bidang Data Science, dengan pembelajaran yang teratur dan pantang menyerah pasti kamu akan bisa mewujudkan mimpimu. DQLab bisa membantu kamu mulai dari pembelajarannya hingga menjadi seorang praktisi data yang handal sekalipun. Di DQLab, terdapat beberapa module yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu yaitu ada module Platinum dan module Premium. Jika kamu masih bingung dan ingin mencoba, tenang saja kamu bisa mencobanya dengan membuat akun atau signup di DQLab.id dan nikmati FREE module œIntroduction to Data Science with R atau Introduction to Data Science with Python. 


Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu dan selamat mencoba Sahabat Data DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :